Daftar Tempat Wisata Air Terjun Paling Hits di Solo

  • Bagikan
Gambar Tempat Wisata Air Terjun Paling Hits Di Solo
Gambar Tempat Wisata Air Terjun Paling Hits Di Solo

Tempat Wisata Air Terjun Paling Hits di Solo. Pada saat sekarang ini, wisata alam merupakan salah satu pilihan yang digandrungi oleh banyak kalangan. Tak hanya kaum muda, mereka yang sudah berkeluarga juga tak jarang mencari wisata alam untuk melepas penat.

Gambar Tempat Wisata Air Terjun Paling Hits Di Solo
Gambar Tempat Wisata Air Terjun Paling Hits Di Solo

Berbeda dengan kaum muda yang memiliki banyak tenaga dan mau mencari wisata alam yang tersembunyi. Kaum yang sudah tidak mudah ini biasanya hanya menikmati wisata alam yang mudah diakses aja.Berikut 5 wisata alam berupa air terjun yang ada di Solo

5 Tempat Wisata alam Air Terjun di Solo

Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang mempunyai banyak wisata menarik. Kota yang memiliki nama resmi Surakarta ini terkenal di kalangan wisatawan dikarenakan latar belakang sejarahnya serta bentangan alam yang cantik. Di Solo juga terdapat banyak wisata alam air terjun, baik yang tersembunyi maupun yang tidak tersembunyi. Berikut 5 wisata alam air terjun yang ada di Solo dan sekitarnya :

1. Air Terjun Jumog, Karanganyar

Dijuluki sebagai surga yang hilang, Air Terjun Jumog berada di kawasan yang cukup tersembunyi yaitu berada di lereng gunung Lawu. Karena keberadaannya yang jauh dari pemukiman warga, membuat air terjun Jumog menjadi sangat asri serta memiliki udara yang sejuk.

Debit air pada air terjun Jumog ini cukup bagus dengan ketinggian air terjun mencapai 30 meter. Hal ini membuat air terjun jembong menjadi salah satu objek wisata yang digemari oleh banyak anak muda pencinta alam. Keberadaan pepohonan menjadi nilai lebih karena memberikan wisata yang sejuk kepada pengunjung dengan air yang asri.

2. Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Merupakan salah satu wisata alam berupa air terjun yang ada di kota Solo. Wisata ini memiliki ketinggian air terjun yang mencapai 80 meter dan termasuk sebagai salah satu air terjun tertinggi yang ada di Jawa Tengah.

Keberadaan wisata alam yang satu ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Solo yaitu berjarak sekitar 37 KM saja. Namun untuk dapat mencapai air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu ini kamu perlu berjalan sejauh 1000 anak tangga.

Keuntungannya selama menapaki 1000 anak tangga menuju air terjun, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah serta menyegarkan mata di sepanjang jalan. Untuk dapat masuk ke dalam wisata Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, kamu harus membeli tiket masuk seharga Rp 20.000 per orang.

3. Air Terjun Parang Ijo

Parang Ijo merupakan salah satu wisata alam berupa air terjun yang juga berada di kawasan kota Solo. Sama dengan wisata alam berupa air terjun sebelumnya, parang ijo juga sudah menyediakan jalan akses berupa tangga ketika menuju ke air terjun.

Selama berjalan menuju air terjun, kamu juga bisa menikmati pemandangan yang hijau di sepanjang jalan. Uniknya ketika kamu sudah berada di ujung tangga, maka kamu akan disambut oleh sebuah patung.

Pada kawasan air terjun ini juga terdapat batu-batu besar yang bisa kamu jadikan sebagai spot foto atau sebagai tenggeran untuk bermain air.

4. Air Terjun Semuncar

Diberi nama sebagai air terjun semuncar dikarenakan lokasi air terjun ini yang berada di desa Semuncar Kecamatan Ampel, Boyolali, Jawa Tengah. Air terjun ini berada di kaki gunung Merbabu dan terdiri dari 3 buah air terjun yaitu Air Terjun Semuncar, Air Terjun Tempuran dan Air Terjun Bongok.

Walaupun memiliki 3 air terjun yang menyuguhkan pemandangan alam yang bagus, nyatanya air terjun ini belum dikunjungi oleh banyak wisatawan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya karena belum dikelola secara profesional serta akses jalan yang cukup sulit.

Untuk dapat menjumpai air terjun ini, kamu harus pergi sejauh 10 km dari kota Ampel. Setelah itu kamu juga harus berjalan kaki sejauh 3 kilometer untuk benar-benar berada di lokasi air terjun ini.

5. Air Jurug Pengantin

Dinamai demikian karena air terjun satu ini memiliki dua aliran air terjun bak sepasang pengantin yang sedang bertanding. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, namun tetap memiliki pesona yang eksotis untuk dinikmati sebagai pelepas penat atau tempat hunting.

Air Terjun Curug pengantin sendiri berlokasi di Desa Gumeng, Jenawiz Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Untuk dapat menikmati wisata alam yang satu ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang karena biaya masuknya yang gratis.

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *