Rekomendasi 5 Tempat Wisata Air Terjun Kota Bogor

  • Bagikan
Gambar Tempat Wisata Air Terjun Kota Bogor

Kota Bogor tidak saja terkenal dengan gelarnya sebagai kota hujan,tetapi juga memiliki banyak tempat-tepat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari tempat-tempat wisata keluarga, wisata kuliner, hingga wisata alam berupa pantai dan air terjun atau curug.

Gambar Tempat Wisata Air Terjun Kota Bogor

Bagi kamu yang lagi berkunjung ke Kota Bogor, ada beberapa tempat wisata alam berupa air terjun atau curug yang bisa kamu kunjungi untuk melepaskan rasa penat akibat rutinitas harian yang padat. Tempat-tempat tersebut akan saya sebutkan di bawah ini.

Detail Ulasan 5 Tempat Wisata Air Terjun Kota Bogor

1.Curug Cikuluwung

Merupakan sebuah curug yang tepiannya dibatasi oleh bebatuan besar yang lumayan tinggi. Debit air terjun yang ada pada curug ini tidaklah terlalu besar, namun keasrian airnya masih terjaga sehingga tampak sangat jernih dan menggoda.

Curug Cikuluwung ini berada di Kecamatan Pamijahan. Jika ingin berkunjung, datang saja ke lokasinya yang berada di Desa Cibitung Wetan. Untuk dapat berkunjung ke Curug ini, kamu harus membayar sebesar Rp 20.000. Karena lokasinya yang cukup jauh dari pemukiman, membuat curug ini memiliki jam operasional dari jam 09.00 – 15.00 WIB.

2.Curug Cibaliung

Merupakan salah satu air terjun tersembunyi yang berbeda di desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul kabupaten Bogor. Wisata alam Curug Cibaliung ini tidak terlalu tinggi, namun kejernihan air serta kesejukan yang terpancar membuat semua orang yang berkunjung tergoda dan ingin langsung menceburkan diri.

Dengan adanya bebatuan serta pepohonan di pinggir Curug, menambah kesan alami pada wisata alam yang satu ini. Selain itu, karena lokasi Curug Cibaliung ini yang jauh tersembunyi dan belum terjamah, membuatnya menjadi terlihat sangat asri dan masih terjaga. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu tempat wisata yang hits dikunjungi oleh para selebgram untuk melakukan hunting foto.

3.Curug Bidadari

Pada awalnya curug ini bernama Curug Bojongkoneng, namun setelah di kelola oleh Sentul Paradise Park, nama curug ini berubah menjadi Curug Bidadari atau Air Terjun Bidadari.

Untuk lokasinya sendiri Curug Bidadari terletak di Desa Bojongkoneng, Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 sampai 75 KM dan sumber airnya berasal dari mata air hutan lindung di daerah tersebut.

Pada awalnya curug ini hanyalah berupa air terjun saja, namun setelah dikelola oleh Sentul Paradise Park, curug ini mulai berkembang dan memiliki waterpark atau taman bermain yang luas di sekelilingnya. Di sekitar curug ini juga terdapat fasilitas wisata yang menarik seperti perahu tangan dan flying fox.

4. Curug Cigamea

Merupakan salah satu curug terindah yang ada di Bogor tepatnya di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Provinsi Jawa Barat. Curug ini memiliki penampakan yang eksotis dengan lumut-lumut serta bebatuan curam di sekitar air terjunnya.

Pada Curug Cigamea ini terdapat 2 buah air terjun. Air terjun yang pertama berada di celah tebing yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun yang turun pada bagian pertama ini cukup besar, sehingga membuat sebuah kolam yang cukup luas di bawahnya yang bisa digunakan untuk berenang.

Sedangkan Curug kedua berjarak sekitar 30 km dari yang pertama. Curahan air terjun yang kedua ini tidak terlalu besar, sehingga tidak memiliki kolam yang cukup besar untuk dijadikan sebagai tempat berenang. Jika kamu ingin menikmati curug ini, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp 3.500 per orang.

Baca Juga : Rekomendasi 4 Wisata Alam Paling Populer di Sulawesi Selatan

5. Curug Leuwi Hejo

Curug yang berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor ini lebih dikenal sebagai Curug Bengkok oleh masyarakat setempat.  Ini merupakan sebuah air terjun mini yang memiliki keindahan dan sedang hits di kalangan anak muda yang suka hunting foto.

Kondisi air terjun yang tidak terlalu tinggi serta tampungan air yang besar, membuat curug ini sangat bagus digunakan untuk merendam badan. Air yang jernih dengan warna hijau tosca semakin menambah kesegaran dan menarik keinginan wisatawan untuk segera masuk ke dalamnya, apalagi ketika cuaca panas.

Untuk dapat masuk ke Curug Leuwi Hejo ini kamu, harus membayar tiket seharga Rp 10.000 per orang dan biaya parkir sebesar Rp 5.00.  Karena curug ini berada di kedalaman, maka sangat disarankan kamu untuk tidak berkunjung ketika hari hujan. Hal ini dikarenakan kondisi jalan yang licin dan becek ketika hujan turun.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *