Indahnya Wisata Danau Matano

  • Bagikan
Gambar Danau Matano

Di Sulawesi Selatan, Kabupaten Luwu Timur, ada sebuah danau yang merupakan danau terdalam ke-12 di dunia. Danau bernama Matano ini terbentuk karena bencana alam dahsyat berabad-abad tahun yang lalu. Danau ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik di hari libur.

Gambar Danau Matano

Di samping mampu menyaksikan indahnya wisata Danau Matano, Anda juga bisa mengunjungi pulau yang terletak di tengah danau dengan memakai perahu motor.

Lokasi Danau Matano

Wisata ini terletak di kawasan Pegunungan Verbek, Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan.

Jam Operasional Danau Matano

Jam buka tempat wisata ini adalah setiap hari Senin-Minggu, 24 jam nonstop.

Tiket Masuk Danau Matano

Untuk menikmati indahnya wisata Danau Matano, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 / orang. Harga ini belum termasuk biaya tiket lain yang ingin Anda lakukan saat berada di lokasi wisata.

Fasilitas Wisata Danau Matano

Berbagai fasilitas umum yang tersedia di tempat wisata ini antara lain :

  • Penyewaan perahu kano.
  • Shelter.
  • Beberapa permainan air yang menyenangkan dan sangat seru.

Daya Tarik Wisata Danau Matano

1.Alam Danau Matano yang Memukau

Matano sendiri memiliki makna mata air yang diambil dari bahasa Dongi. Istilah ini diambil karena air danau tersebut dimanfaat untuk beragam keperluan masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar danau. Misalnya kebutuhan ketersediaan air bersih dan dipakai untuk PLTA.

Danau Matano mempunyai panjang kurang lebih 28 km serta lebar sekitar 8 km dengan luas mencapai 16.000 ha. Siapa sangka, indahnya wisata Danau Matano ini adalah contoh danau purba yang terdapat di Indonesia.

Indahnya wisata Danau Matano juga ditetapkan menjadi kawasan pelestarian alam dan pemanfaatan pariwisata maupun rekreasi. Di tempat wisata ini, terdapat beberapa fauna dan flora yang hidup dengan sangat baik.

Sebab difungsikan sebagai salah satu tempat wisata air, di lokasi wisata Danau Matano ini pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seru sekaligus menyenangkan, antara lain :

  • Mengunjungi pulau yang terletak di tengah danau.
  • Bermain banana air.
  • Menikmati keindahan alam.
  • Camping.

Menjelang waktu sore, Danau Matano biasanya akan padat pengunjung yang ingin melihat proses sunset yang indah.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Tempat Wisata Air Terjun Kota Bogor

2.Ikan Opudi dan Ikan Purba Buttini

Danau Matano dihuni oleh ribuan spesies endemik fauna dan flora, maka tak heran apabila wisata tersebut ditetapkan sebagai salah satu Taman Wisata Alam terbaik.

Fauna endemik yang dapat Anda temui di tempat wisata ini antara lain kepiting, udang, ikan dan siput. Yang mana spesies di Danau Matano ini mungkin tidak dapat Anda jumpai di danau atau tempat lain.

Misalnya ikan Buttini yang memiliki warna coklat yang mirip seperti binatang purba sehingga kerap dianggap sebagai ikan purba Buttini.

Ikan Buttini mempunyai mata yang menonjol keluar walau saat dagingnya dimakan, citarasa yang dihadirkan sangat nikmat. Umumnya ikan ini akan disajikan dengan campuran bawang putih, bawang merah, kunyit, garam dan jeruk. Namun sayangnya, jenis ikan tersebut saat ini semakin berkurang sebab pengiriman yang besar-besaran untuk keperluan luar negeri.

Nah, itulah informasi mengenai indahnya wisata Danau Matano yang bisa Anda kunjungi saat berlibur bersama keluarga, teman maupun teman kerja. Dengan berkunjung ke danau ini, anda akan mendapatkan banyak pelajaran baru sekaligus menikmati keindahan alam langsung di depan mata.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *