Peringatan BMKG Terkait Banjir di Banten

  • Bagikan
Peringatan BMKG Terkait Banjir Di Banten
Peringatan BMKG Terkait Banjir Di Banten

HARIAN.ID – Peringatan BMKG Terkait Banjir di Banten Pada hari Selasa 14 September kemarin, sejumlah daerah yang ada di provinsi Banten mengalami banjir malahan sampai saat ini banjir di Banten langsung menjadi trending topic dan langsung diberikan peringatan oleh pihak BMKG kepada seluruh masyarakat yang ada di provinsi Banten supaya waspada dikarenakan untuk hari ini dan juga esok hari masih berpeluang hujan lebat yang bisa saja mengakibatkan banjir di beberapa titik langganan banjir di Banten.

Banjir di Banten langsung mendadak viral dikarenakan bukan hanya satu daerah saja akan tetapi beberapa titik di provinsi Banten harus terendam banjir akibat hujan deras yang terus melanda di wilayah tersebut semenjak hari Senin Selasa dan sampai hari Rabu ini. Ratusan rumah di beberapa daerah yang ada di provinsi Banten memang terendam banjir yang sangat dahsyat sehingga mengakibatkan kerugian yang lumayan banyak akibat banjir tersebut.

Banjir di Banten sampai hari ini sudah menenggelamkan sekitar 614 rumah dan puluhan orang dipastikan harus diungsikan ke tempat yang lebih aman supaya tidak terkena dampak banjir yang memang sangat berbahaya dan penjelasan ini langsung diungkapkan oleh Kepala BPBD provinsi Banten Nana Suryana kepada awak media.

Menurut Nana Suryana apabila banjir di kabupaten Lebak merendam 614 unit rumah dan selanjutnya 62 jiwa harus mengungsi di mushola dan di lokasi yang memang aman dari banjir.

Nama menambahkan, banjir di Banten diakibatkan karena hujan yang sangat deras yang berlangsung dalam waktu yang lama sehingga beberapa lokasi harus terdampak banjir sebut saja di kabupaten Lebak, kampung cimesir Rangkasbitung timur, kampung dukuh dan kampung central Rangkasbitung barat dan juga daerah Anyer Jatimulya.

Selanjutnya daerah lain yang terkena banjir diantaranya adalah kampung Neglasari dan rancasema kaduagung timur dan daerah kampung kaloncing.

Selanjutnya untuk di kabupaten dan kota Serang hujan deras mengakibatkan genangan air di beberapa perumahan dan pemukiman warga sedangkan untuk wilayah Tangerang dikabarkan belum ada laporan terjadinya banjir yang masuk ke pihak BPBD Banten.

Curah hujan di Banten

Peringatan BMKG melalui Muhammad Fadli selaku kepala sub bidang prediksi cuaca badan meteorologi klimatologi dan geofisika apabila pihak BMKG membenarkan jika hujan dengan intensitas sedang sampai lebat akan berlangsung semenjak hari Senin sampai hari Rabu dan hal ini menjadi penyebab besar terjadinya banjir di Banten.

Walaupun banjir hanya berada di beberapa area lokasi langganan banjir tepatnya di wilayah kabupaten Lebak kabupaten Pandeglang kabupaten Serang dan kota Serang akan tetapi pihak BMKG memberikan himbauan kepada masyarakat supaya tetap waspada dengan curah hujan yang lebat sampai ekstrem yang akan terjadi di di provinsi Banten.

Area hujan ekstrem di Banten

Berikut ini adalah beberapa pos hujan yang dikabarkan sangat ekstrem seperti dilansir oleh pihak BMKG di antaranya adalah:

  1. Pos hujan Rangkasbitung
  2. Pos hujan Cimanuk
  3. Pos hujan luwi damar

Akibat banjir yang terjadi di Banten menurut pihak BMKG ada belasan rumah Yang dilaporkan rusak ringan sampai rusak berat dan selanjutnya untuk hari kamis 16 September wilayah Banten masih berpeluang terjadi hujan sedang sampai lebat sehingga wajib waspada.

Peringatan BMKG untuk masyarakat Banten

BMKG langsung memberikan warning kepada masyarakat yang ada di provinsi Banten agar waspada dengan cuaca ekstrem yang akan terjadi pada hari Kamis besok di mana ada 3 poin himbauan bagi masyarakat diantaranya adalah:

  1. Masyarakat harus mengenali potensi bencana di lingkungannya dan selanjutnya mulai memahami bagaimana cara untuk mengurangi resiko bencana tersebut seperti tidak membuang sampah sembarangan dan menata lingkungan dengan baik.
  2. Masyarakat harus tetap tenang akan tetapi tetap waspada terhadap semua potensi bencana terutama banjir yang sewaktu-waktu bisa terjadi.
  3. Masyarakat dihimbau selalu update informasi prakiraan cuaca baik di smartphone dan lainnya yang resmi dikeluarkan oleh pihak BMKG melalui website akun media sosial atau bisa langsung datang ke kantor BMKG terdekat di provinsi yang ada di Indonesia.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *