Tak Hanya Gunakan Kipas Eksternal, Intip 3 Cara Atasi Laptop Overheat

  • Bagikan
Laptop Overheat
Laptop Overheat

3 Cara Atasi Laptop Overheat. 

Laptop yang dipakai secara terus menerus selama seharian penuh tentu saja tak menutup kemungkinan akan mengalami overheat. Hal ini terkadang membuat laptop bisa mati sendiri dan sebagainya. Apabila tak segera diatasi, tentunya akan membuat laptop menjadi cepat rusak atau performanya turun. Untuk itu, berikut ini cara atasi laptop overheat yang bisa anda coba.

Tips Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

1. Kurangi Aplikasi yang Terbuka

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah mengurangi aplikasi yang sedang terbuka. Sebab, panas terbesar juga bisa dikarenakan prosesor. Apabila prosesor yang ada di dalam laptop bekerja dengan cukup ekstra lantaran membuka aplikasi yang banyak dalam waktu bersamaan, tentunya hal ini akan membuat laptop menjadi cepat panas.

Untuk itu, apabila anda mendapati bahwa laptop yang anda miliki gampang panas, tak ada salahnya jika hanya menjalankan aplikasi yang penting saja ketika menggunakan laptop. Sehingga anda pun bisa menutup aplikasi yang dirasa tidak perlu agar prosesor tidak terlalu panas. Selain itu, dengan membuka aplikasi secara bersamaan juga akan membuat konsumsi listrik semakin bertambah.

2. Gunakan Kipas Eksternal

Cara atasi laptop overheat berikutnya adalah dengan menggunakan kipas eksternal. Penggunaan kipas eksternal ini bertujuan agar nantinya sirkulasi udara tetap bagus. Anda pun bisa dengan mudah membelinya di toko komputer. Cara mendinginkan komputer dari luar bisa anda coba lantaran untuk mengetahui masalah yang terjadi pada laptop.

Apakah laptop overheat dikarenakan virus atau spek aplikasinya yang terlalu berat. Selain itu, tidak hanya kedua masalah diatas saja. melainkan kondisi sirkulasi udara yang kotor di dalam laptop yang kurang baik juga bisa menjadi salah satu masalahnya. Untuk itu, anda pun bisa membersihkan filter dan juga heatsinknya.

3. Memeriksa Kinerja Fan

Hal lain yang perlu anda lakukan untuk mengatasi laptop yang terlalu panas adalah dengan memeriksa kinerja fan. Hal ini lantaran kondisi kipas pendingin atau fan yang sudah tidak berfungsi dengan normal akan membuat laptop menjadi cepat panas. Cara atasi laptop overheat satu ini bisa anda lakukan dengan merasakan aliran udara yang ada pada bagian kipas tersebut.

Disini, anda bisa merasakan apakah alirannya normal atau tidak. Ketika kondisi laptop sedang mengalami overheat, maka putaran fan akan meningkat dan menimbulkan suara yang kencang. Apabila permasalahannya terdapat pada kipas angin, maka anda pun bisa mengganti kipas pada laptop tersebut.

Beberapa cara di atas bisa anda lakukan untuk mengatasi overheat atau laptop panas yang anda miliki. Untuk itu, apabila anda mendapati bahwa kipas sudah berdengung cukup kencang, maka tak ada salahnya untuk mulai mengecek apakah kondisi laptop baik baik saja atau tidak. Hal ini bertujuan agar laptop tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *