2 Cara Mengetahui Status Lolos Prakerja Gelombang 21

  • Bagikan
Mengetahui Status Lolos Prakerja
Mengetahui Status Lolos Prakerja

HARIAN.ID – 2 Cara Mengetahui Status Lolos Prakerja Gelombang 21 Bagi anda semua yang biasa mengikuti kartu pra kerja maka pastinya saat ini pendaftaran sudah ditutup untuk kartu pra kerja gelombang 21 di mana sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan oleh pihak yang bertanggung jawab, apabila pendaftaran kartu pra kerja ditutup pada hari Minggu 19 September 2021 sekitar jam 23.59 WIB. Maka bagi anda yang ingin mendaftar pada hari ini dipastikan sudah tidak bisa lagi dan selanjutnya bagi Anda yang sudah mendaftar dan mengikuti tes, bisa mengetahui status lolos prakerja gelombang 21 pada artikel kali ini.

Cara mengetahui status lolos prakerja gelombang 21 tidaklah begitu sulit, kalian bisa mencoba dengan 2 cara yaitu bisa melalui dasbor dan yang kedua yaitu adanya pemberitahuan melalui SMS. Namun bagi Anda yang ingin mengetahui secara mendalam terkait apa saja persyaratan Anda bisa diterima dalam program pemerintah ini, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Louisa Tuhatu selaku Head of communication management pelaksana pra kerja belum lama ini memberikan penjelasan kepada awak media, terkait pengumuman akan dilakukan begitu proses verifikasi salah satunya terkait nomor induk kependudukan telah selesai dilakukan oleh para petugas.

Menurut loisa, apabila saat ini pihaknya tengah dalam melakukan proses verifikasi nik si dan lain sebagainya dan selanjutnya untuk jadwal pengumuman akan diinformasikan lebih lanjut.

Cara Mengetahui Status Lolos Prakerja Gelombang 21

Walaupun menurut pihak pelaksana pekerja apabila pengumuman akan diberikan informasi lebih lanjut, akan tetapi alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu terkait cara melakukan pengecekan lolos atau tidaknya Anda diterima melalui program kartu pra kerja gelombang 21.

Adapun caranya sendiri sangatlah mudah, anda bisa menggunakan kan dua cara di bawah ini.

Dashboard prakerja

Untuk cara pertama yang bisa kalian lakukan ketika ingin melakukan pengecekan lolos atau tidak menjadi peserta prakerja gelombang 21 yaitu anda bisa mengecek langsung melalui dasbor.

  1. Silakan Anda buka link berikut ini: https://dashboard.prakerja.go.id/
  2. Selanjutnya silakan isi Email dan password
  3. Setelah itu kalian tinggal login dan nantinya di bagian dasbor ada keterangan lolos atau tidak.
  4. Biasanya jika kalian dinyatakan lolos, maka nomor kartu pra kerja akan tertera dan muncul status saldo di dasbor akun.
  5. Akan tetapi jika anda tidak lolos maka akan memperoleh notifikasi pada dashboard dengan keterangan: Kamu belum berhasil.

Selanjutnya untuk bisa melihat nomor kartu prakerja biasanya kalian hanya bisa menonton 3 video yang sudah disediakan akan tetapi video ini hanyalah berisi informasi dasar terkait kartu pra kerja mulai dari pengenalan sampai manfaat kartu pra kerja.

SMS

Cara kedua untuk mengetahui lolos atau tidak diterima kartu pra kerja gelombang 21 yaitu dengan cara menunggu SMS yang masuk di mana biasanya pelaksana pra kerja akan mengirimkan notifikasi melalui pesan singkat ke smartphone para pekerja.

Biasanya mereka yang mendapatkan SMS pemberitahuan kebanyakan mereka adalah yang lolos dan berhasil dan untuk SMS dikirimkan kepada nomor yang anda daftarkan saat pertama kali melakukan pendaftaran di website prakerja.go.id.

Selanjutnya waktu SMS yang diberikan yaitu tanggal pengumuman seleksi masing-masing gelombang dan apabila pendaftar memperoleh pemberitahuan lolos, maka mereka bisa mengikuti langkah selanjutnya sesuai dengan petunjuk yang ada.

Akan tetapi jika tidak lolos, maka anda bisa mengikuti pendaftaran pada gelombang selanjutnya.

Penyebab tidak lolos kartu prakerja

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin harus anda ketahui tentang apa saja yang mengakibatkan anda tidak lolos dalam mengikuti kartu pra kerja.

  • Para pendaftar telah pernah lolos sebelumnya pada gelombang yang lalu
  • Pendaftar masih aktif sekolah ataupun kuliah
  • Pendaftar sudah pernah menerima bantuan sosial yang lain dari Kementerian atau lembaga terkait
  • Pendaftar resmi terdaftar sebagai anggota TNI Polri, anggota DPR DPD, pNS, sampai perangkat desa.

Yang lolos kartu prakerja

Bagi kalian yang kemungkinan lolos mendaftarkan kartu pra kerja yaitu mempunyai beberapa kriteria diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Anda adalah pencari kerja yang masih nganggur
  • Para pekerja atau buruh yang terkena PHK
  • Para pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja
  • Para pekerja bukan penerima upah termasuk mereka pelaku usaha mikro dan kecil
  • Kartu pra kerja terbuka untuk semua lulusan
  • Difabel sangat dianjurkan untuk mendaftar dan mengikuti program kartu pra kerja.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *