Aplikasi Tracking Covid-19 Terbaik

  • Bagikan
Aplikasi Tracking Covid 19 Terbaik

Ganasnya wabah virus corona di seluruh penjuru dunia seperti saat ini menjadikan berbagai instansi swasta maupun pemerintah berupaya untuk meredam wabah tersebut. Salah satunya yakni dengan membuat aplikasi pelacakan (tracing) untuk masyarakat di dalam suatu negara.

Pemakaian aplikasi tracking covid-19 terbaik ini dinilai efisien sebab berguna  untuk melacak setiap pergerakan pasien yang terkena virus corona sehingga menjadi mudah untuk mendeteksi apa penyebabnya. Dalam artikel ini saya berikan beberapa jenis aplikasi tracking covid-19 terbaik yang  bisa anda manfaatkan untuk melacak penyebaran kasus corona, pasien serta melihat kondisi kesehatan para masyarakat.

Aplikasi Tracking Covid-19 Terbaik

1. TraceTogether

Perlu diketahui bahwa jenis aplikasi tracing covid yang satu ini diciptakan oleh Singapura. Aplikasi tracing ini berfungsi untuk mengidentifikasi orang yang terpapar virus corona. Aplikasi tracking covid-19 terbaik yang satu ini digunakan dengan memanfaatkan sinyal Bluetooth lalu dihubungkan pada satu ponsel dengan ponsel yang lainnya berjarak maksimal 2 m.

Ketika ada orang yang ternyata terdeteksi terpapar virus, pemerintah akan segera menghubungi kontak terdekat serta memberikan data terkait lokasi HP pada pemerintah untuk menerapkan pelacakan serta interaksi yang sudah dilakukan.

2. PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dibuat oleh para anak bangsa lalu dipublikasikan oleh Kementerian Komunikasi & Informatika secara langsung sebagai salah satu bentuk usaha dalam meredam wabah virus corona di negara Indonesia.

Aplikasi tracking covid-19 terbaik ini bekerja dengan mengandalkan partisipasi dari para warga agar saling berbagi data mengenai lokasi keberadaan mereka ketika bepergian supaya penelusuran kontak terhadap pasien covid-19 bisa diterapkan. Aplikasi tracing ini sudah dapat diunduh di perangkat Android yang anda miliki secara gratis.

3. Covid Symptom Tracker

Jenis aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk membantu pelacakan persebaran virus corona serta mengetahui siapa saja yang mempunyai resiko paling besar untuk terjangkit covid-19. Aplikasi ini digunakan dengan meminta pengguna untuk meluangkan sedikit waktu setiap harinya untuk melaporkan kondisi kesehatan pengguna apakah sedang sehat atau sakit.

4. AC19

Pemerintah Iran sudah merilis aplikasi pelacakan dengan sebutan  AC19 serta meminta jutaan warga mereka untuk mendownload dan menginstall aplikasi ini sebelum mereka berkunjung ke rumah sakit maupun pusat kesehatan.

Aplikasi ini dianggap mampu mendeteksi kondisi orang yang mungkin terinfeksi virus corona maupun tidak hanya dalam hitungan detik. Aplikasi ini juga menyajikan referensi apakah masyarakat segera pergi untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit maupun cukup dengan karantina mandiri.

4. Close Contact Detector

Aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah China ini bekerja dengan mengandalkan data dari lembaga pemerintah mengenai pelacakan pergerakan para warga. Pemerintah negara China menganggap aplikasi ini bisa dijadikan sebagai indikasi untuk status kesehatan para warga warga sehingga mereka menjadi waspada setelah mengetahui kondisi seseorang yang mungkin terpapar corona.

5. Home Quarantine

Aplikasi yang diciptakan oleh pemerintah Polandia tersebut ditujukan bagi masyarakat untuk memastikan bahwa mereka tetap berada di dalam rumah selama menjalani masa karantina dalam hitungan 14 hari. Aplikasi ini bekerja dengan mengirimkan foto selfi pada aplikasi selama 14 hari.

Pemerintah Polandia akan membuat akun bagi pasien yang harus menjalani karantina, termasuk mereka yang datang dari luar negeri. Apabila foto selfie tidak segera diunggah dalam waktu 24 jam, selanjutnya polisi akan melakukan tindakan kunjungan.

Demikian jenis aplikasi tracking covid-19 terbaik untuk dimanfaatkan sebagai pelacak kondisi kesehatan pengguna apakah termasuk dalam golongan terpapar virus corona atau tidak. Dengan berbagai rekomendasi aplikasi ini diharapkan wabah corona bisa segera berakhir sehingga dunia bisa kembali normal seperti sebelumnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *