11 Wilayah Ingin Keluar Dari Indonesia Seperti Timor Leste

  • Bagikan
Wilayah Ingin Keluar Dari Indonesia
Wilayah Ingin Keluar Dari Indonesia

HARIAN.ID – 11 Wilayah Ingin Keluar Dari Indonesia Seperti Timor Leste Bukan hanya Timor Leste yang resmi keluar dari NKRI namun tercatat dalam sejarah ada beberapa daerah lain yang ingin memisahkan diri atau keluar dari Indonesia dengan beberapa alasan yang pastinya sangat kuat ketika mereka ingin lepas dari Indonesia.

Indonesia sendiri adalah negara kepulauan yang membentang luas dari Sabang sampai Merauke di mana masyarakatnya sangat heterogen yaitu beragam suku, agama, bahasa, ras dan kebudayaan. Sehingga tidak salah apabila sebanyak 11 wilayah ingin keluar dari Indonesia yang akan kami bahas pada artikel kali ini pernah mengungkapkan hal tersebut dan menjadi Catatan sejarah.

Indonesia yang mempunyai masyarakat heterogen dengan berbagai latar belakang memang terbilang sangat unik dan hanya bisa ditemukan di tanah air akan tetapi dibalik keindahan Indonesia tersebut, ternyata ada beberapa hal yang sangat menyedihkan yang belum diketahui oleh orang banyak dikarenakan sejumlah wilayah sempat memutuskan untuk lepas dari NKRI.

Sejak berpuluh tahun silam ternyata tercatat ada beberapa daerah yang ada di Indonesia ingin memisahkan diri mereka dengan berbagai alasan yang melatarbelakangi dimulai dari ketimpangan ekonomi sampai adanya perbedaan ideologi.

Wilayah Ingin Keluar Dari Indonesia

Mungkin bagi anda semua banyak yang belum mengetahui daerah mana saja yang sempat ingin memisahkan diri dari Indonesia, maka Berikut ini adalah penjelasan kami yang diambil dari berbagai sumber di internet.

Maluku

Salah satu wilayah yang sempat ingin keluar dari NKRI adalah wilayah Maluku di mana pada tahun 1950, tercatat sekelompok masyarakat Maluku yang tergabung dalam RMS atau Republik Maluku Selatan mendeklarasikan apabila merdeka dari Indonesia.

Tindakan separatis yang dilakukan oleh RMS memang tidak main-main di mana mereka memanfaatkan lengsernya Presiden Soeharto di saat itu dimana mereka mempunyai situs sendiri yang bisa diakses dan didalam website mereka terdapat informasi terkait sejarah RMS malahan republik Maluku Selatan diketahui mempunyai bendera sendiri dan lagu kebangsaan.

Riau

Pada tahun 1950 muncul sekelompok orang yang mendeklarasikan ingin merdeka dari Indonesia di mana gerakan ini dinamakan Riau merdeka yang menuntut pemisahan diri dikarenakan mereka beranggapan jika Riau adalah anak tiri padahal di daerah tersebut menjadi salah satu daerah yang memberikan sumber daya penghasilan keuntungan yang sangat banyak bagi negara.

Sampai tahun 2000, riau Merdeka masih tetap terdengar malahan di tahun 2006 seperti dikutip dari laman detik, riau Merdeka sempat menggelar acara peringatan ulang tahun yang yang dihadapi tokoh wilayah Riau Tabrani Rab yang menuntut wilayah Riau bisa merdeka.

Papua

Papua memang menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang ingin sekali merdeka dari NKRI terutama ketika masa penjajahan wilayah Papua yang saat itu dikuasai Hindia Belanda dan Australia.

Sampai saat ini organisasi Papua Merdeka Atau OPM yang ingin memisahkan diri dari Indonesia telah lama berdiri yaitu sejak tahun 1965 dan sampai sekarang masih eksis untuk mengobarkan jika mereka ingin keluar dari Indonesia.

Aceh

Pada tahun 1970 salah seorang tokoh Aceh bernama Hasan Dik Tiro yang memimpin Gerakan Aceh Merdeka Atau biasa dikenal GAM melakukan banyak aksi dengan tujuan ingin memisahkan diri mereka dari Indonesia sehingga banyak kejadian yang sangat menyedihkan akibat usah GAM.

Aceh
Aceh

Salah satu alasan selain masalah ideologi, mereka juga mau punya pemikiran yaitu terjadinya ketimpangan ekonomi di daerah mereka jika dibandingkan dengan daerah yang lain di tanah air.

Makassar

Ternyata di tahun 1999 beberapa mahasiswa di Kota Makassar yang ada di Sulawesi Selatan sempat menyuarakan membentuk Sulawesi merdeka dimana mereka berharap bisa keluar dari NKRI walaupun isu ini dianggap hanyalah isu Semata.

Kalimantan

Pada awal tahun 2000 sejumlah kelompok yang membuat gerakan Borneo merdeka pernah menyuarakan Keinginan mereka berpisah dari Indonesia dan isu ini muncul setelah peristiwa kerusuhan masyarakat Madura dan Dayak yang terjadi di Sampit di tahun 2001.

Minahasa

Daerah selanjutnya yang dikabarkan ingin dan pernah akan keluar dari Indonesia yaitu Minahasa di mana Minahasa Merdeka mencuat setelah Basuki Cahaya Purnama alias Ahok ditahan karena kasus penistaan agama walaupun pergerakan ini sudah lama terdengar dan diakibatkan masalah konflik rumah peribadatan akan tetapi tidak terjadi.

Bali

Ternyata wilayah Bali sempat menjadi salah satu wilayah yang ingin memisahkan diri mereka dari Indonesia hal ini munculnya gerakan Bali merdeka atau biasa dikenal dengan GBM dan selanjutnya mereka sempat membuat petisi untuk memerdekakan Bali akan tetapi tanda tangan tidak mencapai target.

Yogyakarta

Dikarenakan Yogyakarta adalah salah satu daerah istimewa yang sudah menganut sistem pemerintahan kerajaan dari dulu sampai sekarang ternyata Yogyakarta di tahun 2012 sempat muncul isu jika beberapa pihak yang menyerukan pernyataan bahwa DIY siap berpisah dengan NKRI.

Sumatera Barat

Pada tahun 2013 yang lalu pihak DPR RI mengesahkan rancangan undang-undang desa akan tetapi hal ini malah menimbulkan kekecewaan pada pemangku adat Minangkabau yang menilai jika RUU ini sangat tidak menghormati eksistensi Nagari sehingga muncullah beberapa orang yang yang meminta minangkabau dijadikan Daerah Istimewa seperti Aceh dan Jogja.

Malahan jika hal ini tidak dilakukan ternyata Sumatera Barat ingin memisahkan diri dari Indonesia.

Timor Timor

Setelah 450 tahun dijajah oleh Portugis, timor-timur kemudian masuk ke dalam wilayah NKRI menjadi provinsi ke-27 dan berpuluh tahun bersama Indonesia namun di tahun 2002, timor Timur atau Timor Leste resmi menjadi sebuah negara dan pisah dari NKRI.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.