7 Macam Bahaya Penggunaan VPN Yang Jarang Diketahui

  • Bagikan
Bahaya Penggunaan VPN
Bahaya Penggunaan VPN

HARIAN.ID – 7 Macam Bahaya Penggunaan VPN Yang Jarang Diketahui VPN atau virtual private Network menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk mengakses website atau situs yang diblokir oleh kominfo dimana ketika kalian menggunakan aplikasi VPN, maka kalian bisa mengakses website yang diblokir tersebut dengan mudah. Namun harus anda ketahui apabila ada bahaya penggunaan VPN yang sangat recommended untuk dihindari.

Bahaya penggunaan VPN bukanlah isapan jempol Semata, dikarenakan sudah banyak korban cybercrime akibat penggunaan aplikasi VPN gratis atau aplikasi VPN Crack dan lain sebagainya sehingga sangat recommended untuk menghindari penggunaan aplikasi ini.

Bahaya pemakaian VPN sangatlah nyata sehingga Anda harus tetap Waspada ketika memakai aplikasi ini baik di smartphone ataupun divisi komputer terutama bagi kalian yang menggunakan HP dan di dalamnya sering belanja online atau menyimpan data penting, karena ketika sudah bocor maka seluruh data yang ada pada smartphone bisa dilacak dan diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

VPN adalah sebuah cara cepat untuk memperoleh akses ke berbagai situs internet positif yang diblokir oleh kominfo misalnya saja ketika IP address sekalian diblokir dan lain sebagainya, maka solusi menggunakan VPN.

Walaupun aplikasi ini dapat dipakai untuk membuka blokir, akan tetapi ternyata di dalam aplikasi ini terdapat bahaya yang sangat nyata untuk keamanan smartphone ataupun PC komputer dan laptop.

Bahaya Penggunaan VPN

Berikut ini adalah beberapa bahaya penggunaan aplikasi VPN baik gratis dan lain sebagainya yang digunakan pada handphone ataupun visi komputer diantaranya adalah sebagai berikut.

Bahaya Penggunaan VPN
Bahaya Penggunaan VPN

Pencurian data pribadi

Hal yang harus anda perhatikan ketika menggunakan VPN terutama pakai aplikasi ini secara gratis, yaitu masalah data kalian bisa saja bocor dan dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Banyak penyedia VPN yang tidak Kredibel dan tidak bertanggung jawab yang bisa membahayakan seluruh data pribadi anda dan yang paling buruk, data pribadi kalian bisa dijual dibajak atau dimanfaatkan untuk kejahatan cyber.

Munculnya kasus penipuan

Selanjutnya bahaya penggunaan VPN yaitu dikarenakan data Anda bisa terekspos oleh orang yang tidak bertanggung jawab maka biasanya data akan dimanfaatkan untuk melakukan penipuan.

Apalagi bagi kalian yang menyimpan password dan data penting di dalam smartphone suruh saja Email nomor ponsel sampai data penting bank, maka hal ini sangat berbahaya.

Resiko yang bisa ada ketika pakai VPN, yaitu adanya tawaran yang mencurigakan termasuk penipuan baik dari pesan SMS dan juga email.

Pembajakan

Bahaya selanjutnya bagi para pengguna aplikasi VPN yang yang sangat harus diperhatikan yaitu masalah pembajakan dimana biasanya yang dibajak bukan hanya akun media sosial akan tetapi data penting kalian sehingga hal ini mempunyai resiko yang sangat besar.

Ketika akun media sosial kalian dibajak, maka bisa digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan dan kejahatan cyber.

Serangan malware

Malware merupakan istilah untuk virus yang sangat berbahaya yang menyebar di internet dan bisa merusak handphone ataupun visi komputer dan salah satunya media malware adalah aplikasi VPN.

Ketika kalian memakai VPN terutama gratisan, maka resiko serangan Malware akan semakin tinggi dikarenakan sistem keamanan smartphone dan internet kalian sangat lemah.

Serangan Adware

Selain malware kalian pun bisa terkena adware yaitu varian dari Malware yang berbentuk iklan yang biasa sering muncul pada visi komputer ataupun smartphone dan biasanya kemunculan ikan dari virus ini akan terus menerus sehingga akan membuat kerepotan.

Malahan terkadang serangan Adware bisa membuat smartphone kalian cepat rusak.

Turunnya koneksi internet

Ketika kalian menggunakan VPN dan ingin membuat bisa login pada situs yang diblokir ternyata malah jaringan internet kalian terasa lambat dan lelet maka hal ini adalah gejala dari penggunaan aplikasi VPN itu sendiri.

Pasalnya untuk akses penggunaan VPN yaitu bekerja dengan cara menambah IP address baru sebagai anonymous sehingga jalur lalu lintas data kalian bukan menggunakan IP address asli sehingga tidak salah jaringan koneksi internet akan turun dan lelet.

Penyadapan data perbankan

Yang paling berbahaya adalah yang ini, dimana ketika kalian menggunakan aplikasi VPN sembarangan maka bisa saja data perbankan yang ada pada smartphone ataupun visi komputer bisa disadap oleh orang yang tanggung jawab dan selanjutnya bisa dimanfaatkan oleh mereka seperti banyaknya kasus pembobolan Bank dan rekening.

Itulah penjelasan kami tentang 7 macam bahaya penggunaan VPN Yang pastinya jarang sekali diketahui. Maka oleh karena itu, jika memang ingin menggunakan VPN pakailah aplikasi asli dari website yang menyediakan supaya kalian bisa aman dalam penggunaannya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *