5 Fakta Film G30S/PKI Yang Jarang Diketahui

  • Bagikan
Film G30S PKI Ig
Film G30S PKI Ig

HARIAN.ID – 5 Fakta Film G30S/PKI Yang Jarang Diketahui Salah satu film yang wajib ditonton di penghujung bulan September 2021 dan hampir setiap tahun di bulan yang sama, masyarakat tanpa merasa bosan menonton film pengkhianatan G30S/PKI. Untuk tahun ini, anda bisa menonton film tersebut baik online ataupun offline melalui dua stasiun televisi nasional diantaranya MNC TV dan TV One.

Fakta Film G30S/PKI ternyata dari penelusuran kami dan mungkin banyak dari Anda yang tidak mengetahui jika terdapat beberapa fakta dalam film tersebut yang pastinya akan memberikan edukasi sambil mengenang bagaimana perjuangan pejuang tempo dulu dalam mempertahankan NKRI.

Bagi kalian yang ingin menonton Film G30S/PKI, maka secara resmi dua stasiun televisi ini menyampaikan melalui akun media sosial miliknya akan menayangkan film tersebut untuk masyarakat Indonesia.

Fakta Film G30S/PKI

Berikut adalah beberapa manfaat yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber di internet tentang film kekejaman G30S PKI yang pastinya bisa mengingat bagi kita semua untuk tidak melupakan sejarah tempo dulu.

Sutradara film G30S PKI

Bagi kalian yang tidak mengetahui Siapakah sutradara dibalik film besar yang hampir setiap tahun ditayangkan di saat orde baru yang dipimpin oleh soeharto, ternyata Arifin C Noor adalah sosok sang sutradara film Penumpasan pengkhianatan g30S PKI.

Bukan film dokumenter

Ternyata dibalik kontroversi film ini, Film G30S/PKI dari beberapa para ahli perfilman, jika film tersebut bukan termasuk genre dokumenter akan tetapi termasuk genre dokudrama atau drama dokumenter.

Jalan cerita film G30S PKI

Berbicara tentang jalan cerita dari film ini ya itu dibuat dari salah satu buku berjudul tragedi nasional percobaan Kup G30S/PKI hasil buah tangan karya besar sejarawan Indonesia yaitu Nugroho notosusanto.

Biaya produksi film

Yang paling mengagetkan ternyata film ini menjadi salah satu film termahal saat itu dikarenakan mencapai 800 juta dan dikabarkan untuk biaya film ini mendapatkan dukungan dari pemerintah Orde Baru saat itu yang dipimpin oleh Soeharto.

Film wajib ditonton

Di saat pemerintahan presiden Soeharto, maka setiap tanggal 30 September film ini wajib ditonton oleh masyarakat Indonesia melalui stasiun televisi TVRI akan tetapi setelah Soeharto Lengser di bulan Mei 1998 pilihan tersebut tidak lagi di wajib untuk ditonton.

Dikarenakan dalam beberapa pengamatan jika film ini merupakan salah satu film dengan tujuan propaganda dan hal ini pernah diungkapkan oleh Letjen purnawirawan Yunus yosfiah kepada media kompas pada tanggal 24 September 1998.

Sinopsis film Pengkhianat G30S/PKI

Berbicara tentang alur cerita dari film G30S PKI ternyata film ini menceritakan tentang kudeta yang dilakukan oleh kolonel untung yang dibantu pasukan cakrabirawa dan kejadiannya terjadi pada tanggal 30 September 1965.

Film ini menceritakan awal dari latar belakang peristiwa sampai dilancarkannya pembunuhan terhadap Jenderal yang telah diinstal dan selanjutnya pada film ini terdapat sebanyak 7 jendral yang dibunuh secara sadis dan salah satunya adalah Donald Isaac Panjaitan atau DI Panjaitan yang 4 itu berpangkat Brigadir jenderal.

Diceritakan sekelompok pasukan mengepung rumah DI Panjaitan yang berlokasi di Jalan Hasanudin nomor 3 yang ada di daerah Kebayoran Baru Jakarta Selatan dan sekelompok orang tersebut membawa senjata laras panjang.

Di saat bersamaan Brigjen DI Panjaitan tengah berada di lantai dua sambil berkata dan memakai seragam lengkap dan ternyata pasukan tentara sudah memasuki lantai 1 dan langsung menembaki perabotan dan saat itu istri dan anak d i Panjaitan merasa ketakutan sehingga, d.i. Panjaitan secara perlahan untuk mengecek Apa yang terjadi.

D.i. Panjaitan saat itu tetap tenang menghadap ke pasukan tentara yang ada di lantai 1 dan ternyata pasukan ini berasal dari satuan Tjakrabirawa yaitu Pengawal Presiden Soekarno.

Ketika telah berhadapan dengan satuan ini, d.i. Panjaitan diberitahu jika dirinya dipanggil oleh presiden dikarenakan kondisi darurat dan saat itu d.i. Panjaitan menyempatkan berdoa terlebih dahulu akan tetapi malah membuat satuan cakrabirawa naik pitam dan salah seorang anggota pasukan ini memukul popor senjata akan tetapi bisa ditangkis dan selanjutnya anggota lain langsung marah dan menembak d.i. Panjaitan sampai meninggal di tempat.

Selanjutnya jasad d.i. Panjaitan langsung dibawa yang saat itu disaksikan oleh Putri sulungnya bernama Catherine dan putrinya langsung ingin memeluk jenazah ayahnya akan tetapi langsung ditembak di tempat sampai meninggal.

Ceritanya dipastikan sangat seru dan menyeramkan apalagi ketika mendengar musik khas kekejaman G30S PKI akan membuat bulu Kuduk merinding dan harus kalian tonton.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *