Sejarah dan Tema Hari Batik Nasional 2021

  • Bagikan
Hari Batik Nasional 2021 IGsiwi 21
Hari Batik Nasional 2021 IGsiwi 21

HARIAN.ID – Sejarah dan Tema Hari Batik Nasional 2021 Seperti diketahui apabila Hari Batik Nasional diperingati setiap tahun yaitu pada tanggal 2 Oktober dan untuk hari ini, bertepatan pada hari Sabtu 2 Oktober 2021. Untuk peringatan Hari Batik Nasional pertama yaitu diperingati oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang meminta kepada segenap elemen masyarakat untuk memakai baju batik setiap tanggal 2 Oktober dan Hal ini dilakukan sebagai rasa cinta dan juga merayakan hari batik nasional.

Hari batik nasional menjadi peringatan penting bagi Indonesia dan diperingati semenjak tahun 2009 disaat batik mendapatkan pengakuan dari dunia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi oleh UNESCO. Setelah itu, sampai hari ini setiap tanggal 2 Oktober selalu diperingati sebagai hari batik nasional dan hal ini menjadi signal supaya kita selalu menjaga dan merawat batik sebagai warisan leluhur dan ciri khas Indonesia.

UNESCO mengatakan apabila batik mempunyai makna keragaman budaya, batik adalah identitas masyarakat dan kelompok individu yang wajib dihormati seutuhnya dikarenakan menurut UNESCO, didalam batik terdapat beberapa nilai utama yang sangat penting diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Teknik produksi
  2. Ekspresi budaya dan makna sosial budaya
  3. Aturan pemakaian khusus
  4. Kuatnya karakter pemberdayaan sosial dalam tradisi membatik.

Selanjutnya kain ataupun suka yang digambar dan diwarnai langsung memakai lilin dengan menggunakan alat canting maka hal ini disebut dengan batik dan kerajinan batik menjadi identitas budaya masyarakat Indonesia dan menjadi simbol dari desain dan warna ekspresi kreativitas dan spiritualitas.

Sejarah Hari Batik Nasional

Nama batik diambil dari bahasa Melayu yang dirangkai dari kata Amba yang mempunyai arti kain yang lebar dan selanjutnya kata Tik mempunyai arti titik. Sehingga batik adalah titik-titik yang digambar pada kain yang lebar sampai membentuk suatu pola yang indah dan mempunyai karakter juga ciri khas.

Awal mula batik yaitu pada abadi ke-5 pembuatannya dalam teknik pewarnaan memakai lilin sebetulnya sudah digunakan di sepanjang jalur perdagangan di Mesir dan India dan kain Nila lilin yang berada di makam Firaun pada 5 Masehi menandakan jika penggunaan lilin dalam produksi tekstil sebetulnya sudah ada di zaman kuno dahulu dan selanjutnya untuk kain batik tertua yang ada di Indonesia pertama kali ditemukan di Kabupaten toraja yang ada di pulau Sulawesi.

Pada abad ke-8 beberapa arkeologis tekstil menemukan pewarna wax-resist yang ternyata dipakai di beberapa daerah di Asia diantaranya Jepang dan Cina dimana teknik pewarnaan wax-resist diadopsi oleh pengrajin tekstil kuno selama masa Nara dan Heian.

Pada abad ke-5 jalur perdagangan Gujarat India ke Selat Malaka atau perbatasan Indonesia dan Malaysia banyak kerajaan di kepulauan Indonesia yang melakukan perdagangan tekstil saat itu malahan di dalam satu buku kakawin Ramayana Jawa kuno batik tersusun dari dua kata yang telah kami bahas di atas.

Pada abad ke-19 kerajaan Islam mempengaruhi konsepsi motif batik seperti filosofi dan makna dan batik selama berabad-abad menjadi sarana Hubungan antar negara di Asia Tenggara dan selanjutnya motif batik terinspirasi dari pengaruh Jepang, india, belanda, sampai Cina sehingga hal ini menghasilkan kekayaan warna dan motif yang beragam dan selanjutnya di abad ke-19 batik mulai menyebar ke berbagai penjuru pulau di Indonesia.

Pada tahun 2005 para perajin terampil program pendidikan mulai memperdayakan batik dan Hal ini dilakukan oleh museum batik yang ada di kota Pekalongan dan menjadi pameran pertama dan selanjutnya mentransmisikan warisan budaya mati yang bisa melestarikan warisan jalur sutra.

Peringatan Hari Batik Nasional

Untuk tanggal peringatan Hari Batik Nasional jatuh setiap tahun yaitu pada tanggal 2 Oktober dan pertama kali diperingati oleh presiden ke-6 yaitu Presiden SBY dan selanjutnya diteruskan sampai Presiden Joko Widodo.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *