2 Cara Mudah Mengatasai HP Bootlop Tanpa PC

  • Bagikan
Mengatasai HP Bootlop
Mengatasai HP Bootlop

HARIAN.ID – 2 Cara Mudah Mengatasai HP Bootlop Tanpa PC Bagi kalian yang mempunyai smartphone akan tetapi dalam keadaan bootloop maka pastinya akan langsung bingung dikarenakan ketika HP kalian dinyalakan ternyata tidak bisa masuk ke bagian tampilan smartphone dan hanya muncul warna Blank pada ponsel tersebut. Maka untuk mengatasi HP bootloop bisa kalian coba beberapa tips yang akan kami bahas pada artikel kali ini dan dipastikan tidak harus menggunakan PC dalam memperbaiki HP bootloop.

Cara memperbaiki HP bootloop tanpa PC tidaklah sulit di mana kalian tinggal mengikuti beberapa tutorial berikut ini dan apabila memang sesuai dengan tutorial kami dan selanjutnya bootloop tidak parah maka HP kalian akan kembali benar dan bisa nyala.

HP bootloop adalah kondisi di mana sistem operasi smartphone Android kalian tidak berjalan dengan semestinya yaitu sistem operasi tidak bisa masuk kepada sistem perangkat sehingga hanya stop di layar pertama yang menampilkan logo dari smartphone anda.

Apabila anda sudah mencoba mereset ulang smartphone akan tetapi tetap sama dan hanya STUK di bagian logo smartphone, maka alangkah baiknya untuk mengetahui dan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Cara mengatasi HP bootloop tanpa PC

Jika kalian mengalami bootloop maka sebetulnya tidak usah terlalu khawatir dikarenakan ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki HP bootloop atau biasa dikenal stop di bagian logo tanpa bisa masuk pada sistem Android, maka alangkah baiknya selain mengetahui apa penyebab HP bootloop anda pun bisa mengikuti cara berikut ini.

Light bootloop

Light bootloop adalah kejadian bootloop yang belum terlalu parah dimana Ketika masalah ini muncul pada smartphone maka masih bisa diatasi dengan cara yang sangat sederhana dan biasanya untuk penyebab Light bootloop yaitu akibat hal sepele namun mengakibatkan HP kalian tidak bisa masuk ke sistem Android.

Bagi kalian yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi Light bootloop maka Berikut ini adalah tutorialnya.

Restart smartphone

Hal pertama yang harus kalian lakukan ketika mengalami Light bootloop yaitu bisa dengan cara melakukan restart smartphone lalu kalian tinggal melihat aslinya apakah masih bootloop atau tidak apabila masih dalam keadaan bootloop Anda tinggal kembali matikan Smartphone untuk beberapa waktu selanjutnya kalian tinggal coba Nyalakan kembali dan biasanya untuk gangguan ringan ini masih bisa diatasi dengan cara yang sangat mudah.

Mematikan smartphone cabut SIM card

Selanjutnya untuk mengatasi Light bootloop kalian tinggal matikan smartphone, setelah itu copot baterai jika smartphone kalian menggunakan baterai yang bisa dicopot namun jika tidak Biarkan saja. Setelah itu silahkan kalian buka sim card dan SD card dan diamkan smartphone dalam waktu itu minimal 24 jam.

Apabila sudah seharian dimatikan, kan maka kalian tinggal kembali Nyalakan smartphone dan tunggu Apakah sudah normal atau tidak Dan jika normal maka smartphone kalian hanya mengalami Light bootloop dan apabila masih belum normal maka bootloop yang dialami sudah parah.

Hard bootloop

Jika smartphone kalian mengalami Hard bootloop maka dipastikan smartphone mengalami kerusakan yang lumayan fatal dan tidak bisa dengan cara di atas namun kalian dapat menggunakan beberapa tips berikut ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Opsi recovery mode

Cara pertama yang bisa kalian lakukan dalam mengatasi Hard bootloop yaitu dengan menggunakan recovery mode dengan cara sebagai berikut:

  1. Backup terlebih dahulu data kalian di PC komputer atau laptop dikarenakan untuk cara ini akan menghapus seluruh data.
  2. Silakan tekan tombol power + volume down bersamaan
  3. Apabila terdiri atas tidak bisa maka sesuaikan dengan tipe smartphone kalian yang penting anda bisa masuk ke bagian recovery mode
  4. Apabila anda sudah masuk ke recovery mode, silakan pilih opsi Wipe Cache
  5. Selanjutnya dengan otomatis ponsel kalian akan restart dan kembali normal akan tetapi data terhapus.

Mengembalikan ke pengaturan pabrik

  1. Untuk cara ini hampir sama dengan cara pertama yaitu kalian harus terlebih dahulu masuk ke bagian recovery mode
  2. Selanjutnya silakan pilih opsi factory reset
  3. Dan Selanjutnya silakan pilih Delete all data
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai
  5. Smartphone akan memuat ulang dan tampilan akan dibawa ke pabrikan.

Flash HP

Cara ini merupakan cara ketiga dan menjadi cara terakhir apabila kalian tidak ingin membawa HP rusak Kalian ke konter untuk diperbaiki yaitu dengan melakukan flashing HP.

Untuk flashing HP kalian tinggal membutuhkan fisik komputer dan juga beberapa apa aplikasi untuk melakukan flashing HP dan untuk cara ini sangat recommended dilakukan oleh kalian yang sudah paham.

Bagi kalian yang tidak paham dengan cara flashing HP, maka untuk cara ini sangat tidak recommended dilakukan dan dianjurkan dibawa ke konter terdekat untuk diperbaiki.

  • Bagikan