Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Android

  • Bagikan
Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di Android
Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di Android

Pastinya Anda pernah mengalami sinyal HP hilang total bahkan dalam kondisi yang sangat penting. Ini akan menjadi mencemaskan ketika sinyal orang lain yang ada di sekitar Anda dalam keadaan baik-baik saja. Nah, bagi Anda yang kebingungan mencari cara mengatasi sinyal hilang di Android, maka Anda dapat mencoba beberapa cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di Android
Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di Android

Detail Ulasan Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Android

1. Menggunakan Mode Pesawat

Cara mengatasi sinyal hilang di Android yang pertama yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat. Jika sudah Anda aktifkan, berikutnya Anda dapat menunggu beberapa saat. Kemudian, aktifkan kembali supaya ponsel Android Anda mencari jaringan yang baru. Langkah ini cukup efektif ketika Anda mengalami sinyal hilang di ponsel.

Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi masalah kode MMI yang unvalid. Sebab memang umumnya dikarenakan oleh sinyal yang tidak stabil dan menjadikannya tidak mampu melakukan sambungan komunikasi.

2. Berpindah Ke Tempat Yang Tidak Susah Sinyal

Saat Anda mengalami sinyal hilang, maka Anda bisa pergi ke area yang terbuka maupun area sekitar yang mempunyai sinyal kuat. Umumnya jika sinyal hilang, Anda sedang ada di lokasi tertutup maupun lokasi yang didesain dengan kedap jaringan. Sehingga Anda hanya dapat memakai jaringan yang disarankan oleh pihak gedung.

Apabila Anda tidak sedang berada di kota yang memiliki koneksi cepat, maka Anda bisa bertanya pada orang di sekitar Anda, tempat mana yang mempunyai jaringan sinyal stabil.

3. Restart Ponsel Android

Jika Anda sudah mencoba cara mengatasi sinyal hilang di Android namun belum berhasil, maka Anda  bisa mencoba untuk merestart Android yang Anda gunakan. Dengan demikian, jaringan Android Anda bisa kembali mencari jaringan baru serta mengatasi berbagai gangguan yang terjadi di sofware ponsel Android Anda.

Cara mengatasi sinyal hilang di Android ini juga bisa digunakan untuk mengatasi aplikasi force close di Android. Sebab yang namanya mesin tentu sewaktu-waktu bisa mengalami error.

4. Cek Posisi SIM Card

Jika sinyal Android Anda masih tetap hilang, maka Anda  bisa cek posisi SIM Card. Mungkin saja SIM Card Anda kendor maupun mengalami kerusakan. Jika SIM Card Anda dalam kondisi yang masih baik dan sudah benar namun tidak terbaca, maka Anda dapat memperbaikinya salah satunya dengan datang ke gerai kartu terdekat.

5. Mengatur Sinyar Dengan Manual

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan jika SIM Card Anda memang tidak mengalami masalah, Anda dapat mengatur sinyal dengan manual pada setting ponsel Android Anda. Adapun cara untuk mengatur sinyal dengan cara manual adalah :

Pengaturan => Koneksi => Jaringan Seluler => Operator Jaringan => Cari jaringan. Kemudian ponsel Anda akan mencari koneksi terbaik di sekitar area yang Anda tempati.

6. Hard Reset Ponsel Android

Jika semua cara diatas masih belum mempan untuk mengatasi ponsel hilang sinyal, maka Anda dapat memanfatkan cara terakhir. Yakni dengan hard reset. Sebab cara ini memungkinkan Android Anda untuk kembali pada setting pabrik, yang mana sistemnya akan kembali memuat seperti awal serta Anda pun seperti mempunyai Android baru.

Nah, demikian ulasan mengenai cara mengatasi sinyal hilang di Android yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah ponsel hilang sinyal. Anda bisa mencoba salah satu cara saja yang dirasa mudah dan semoga saja cara yang Anda pilih memberikan hasil memuaskan. Jika tidak, Anda bisa mencoba cara-cara lain yang sudah saya sampaikan di atas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *