Sejarah & Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia 2021

  • Bagikan
Hari Kesehatan Mental Sedunia
Hari Kesehatan Mental Sedunia

HARIAN.ID – Sejarah & Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia 2021 Pada hari ini tanggal 10 Oktober 2021 diperingati oleh seluruh manusia yang ada di muka bumi termasuk di Indonesia yaitu sebagai hari kesehatan mental sedunia atau biasa disebut dengan World Mental Health Day. Ternyata dibalik hari peringatan ini, ada sejarah yang tidak bisa dilupakan yang pastinya akan selalu diingat oleh masyarakat yang ada di dunia terkait hari kesehatan mental sedunia ini.

Hari kesehatan mental sedunia jika melihat sejarah dan tema yang diusung di tahun 2021, yaitu bertujuan dan agar bisa meningkatkan kesadaran tentang masalah kesehatan mental di seluruh penjuru dunia dengan menyebarkan edukasi yang sangat baik. Malahan untuk tahun ini organisasi kesehatan dunia WHO mengambil tema yang tidak biasa yaitu mengusung tema: Mental health care for all: let’s make it a reality.

Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia

Seperti dikutip dari website resmi milik WHO, tema Mental health care for all: let’s make it a reality ma ternyata diambil dari pandemi wabah covid 19 yang dampaknya sampai saat ini sangat terasa bagi masyarakat dunia dan berdampak besar untuk seluruh aspek terutama pada masalah kesehatan mental.

Who menegaskan akibat pandemi yang hampir dua tahun ini sudah mempengaruhi kesehatan mental banyak orang tanpa memandang usia dan juga pekerjaan.

Kesehatan mental ketika orang bekerja seperti tenaga kesehatan yang berada di garis depan, selanjutnya pelajar, orang yang tinggal sendiri, dan juga mereka yang berada ada di lokasi banyak orang memiliki kondisi mental yang sebelumnya sangat berpengaruh di saat pandemi.

Menurut WHO, selain dengan pengobatan akan tetapi harus mengatasi stress di tempat kerja, membantu semua remaja di sekolah dan pengasuh dan keluarga orang yang hidup dengan masalah kesehatan mental tersebut. Selanjutnya masyarakat Harus proaktif dalam mengatasi stigma dan diskriminasi terkait dengan kesehatan mental yang memang menciptakan hambatan untuk mengakses pengobatan dan perawatan.

Menurut WHO Apabila mereka pun tidak menutup mata tentang layanan untuk gangguan mental, neurologis, dan penggunaan zat secara sangat terganggu selama pandemi covid 19.

Hari kesehatan mental sedunia memberikan kesempatan bagi siapapun agar bisa berbicara terkait kesehatan mental secara umum, bagaimana cara menghapus stigma di masyarakat terkait kesehatan mental dan selanjutnya mengetahui pentingnya berbicara di saat berjuang dengan masalah kesehatan mental.

Perlu diketahui apabila orang dengan kondisi kesehatan mental ternyata mereka berisiko lebih tinggi meninggal dunia sebelum waktunya salah satunya adalah depresi. Depresi merupakan salah satu penyakit kesehatan mental yang umum dirasakan oleh setiap orang dan menurut organisasi kesehatan dunia, apabila depresi menjadi salah satu penyebab bunuh diri dan mengakibatkan kematian kedua terbanyak di dunia di antara 15 sampai 29 tahun orang melakukan bunuh diri.

Sejarah hari kesehatan mental sedunia

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang sejarah hari kesehatan mental sedunia, maka peringatan hari tersebut pertama kali diperingati pada tanggal 10 Oktober 1992 yang awalnya menjadi kegiatan tahunan dari federasi kesehatan jiwa sedunia.

Pada awal dirayakan, ternyata tidak mempunyai tema khusus dan tujuan dan akan tetapi untuk tujuan yang pasti yaitu mempromosikan advokasi kesehatan mental dan selanjutnya mendidik publik terkait isu yang relevan.

Selanjutnya pada tahun 1994, pertama kali digunakan tema untuk peringatan hari kesehatan mental sedunia dan saat itu mengusung tema berjudul: Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan jiwa di seluruh dunia.

Banyak sekali tema yang telah diusung pada peringatan hari kesehatan mental sedunia yang dirayakan pada tanggal 10 Oktober setiap tahun. Tujuan utama yaitu supaya kita tetap bersama Mereka yang mengalami gangguan mental dan menjaga kesehatan mental terutama di tengah pandemi covid 19.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *