Alasan Parpol Baru Sulit Tembus Parlemen

  • Bagikan
Alasan Parpol Baru Sulit Tembus Parlemen
Alasan Parpol Baru Sulit Tembus Parlemen

HARIAN.ID – Alasan Parpol Baru Sulit Tembus Parlemen Seperti diketahui banyak dari para petinggi yang saat ini terus membuat partai politik baru atau parpol baru sebut saja salah satunya rencana dari mantan pegawai KPK yaitu Rasamala Aritonang yang belum lama ini mengatakan kepada awak media jika dirinya berencana untuk mendirikan sebuah partai politik. Namun tidak bisa dipungkiri, untuk partai politik baru dipastikan akan sangat kesulitan untuk menembus parlemen dikarenakan beberapa alasan seperti yang diungkapkan oleh pengamat politik Ujang Komarudin.

Ujang Komarudin selaku pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia menegaskan Apabila ada beberapa alasan parpol baru sulit tembus parlemen dan hal ini bukanlah sesuatu yang baru akan tetapi sudah banyak diketahui oleh publik di mana untuk partai baru bukan hanya akan kesulitan memasuki parlemen namun kesulitan disukai oleh masyarakat dan merangkul mereka dikarenakan masalah kinerja yang pastinya menjadi prioritas dari masyarakat.

Alasan Parpol Baru Sulit Tembus Parlemen

Menurut pengamat politik Ujang Komarudin, apabila dilihat dari sisi logistik dan ketokohan beberapa partai politik yang baru saja muncul dipastikan akan sangat sulit dalam menembus parlemen apabila nanti mereka mengikuti pemilu 2024.

Dipastikan menurut Ujang Komarudin parpol baru ini belum mempunyai kekuatan yang cukup untuk bersaing dengan partai besar yang sudah lama berdiri di Indonesia apalagi beberapa tokoh yang mengusung memang kurang mempunyai kekuatan yang lebih.

Menurut Ujang Komarudin sebaiknya partai baru tersebut jika memang ingin tetap ada dan bisa bersaing dengan partai besar mereka harus bisa memperkuat dua hal diantaranya adalah ketokohan dan logistik yang harus kuat dikarenakan Hal ini dapat menarik dukungan dari masyarakat.

Ketokohan dan logistik adalah dua hal yang sangat penting dalam kancah perpolitikan di Indonesia terutama bagi partai baru supaya mereka bisa meraup suara pemilih pada pemilu yang akan datang.

Selain dua hal di atas menurut ujang Komarudin, partai politik baru harus memperkuat diri dengan merekrut penyandang dana dan selanjutnya menarik para penyandang nama dikarenakan hal ini bisa meningkatkan elektabilitas partai baru semakin meroket.

“Belum cukup kuat bagi mereka yang membangun parpol baru mereka harus mendapatkan penyandang dana yaitu pengusaha dan penyandang nama yaitu tokoh yang mempunyai nama besar. Kedua hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi partai politik baru,” tegas Ujang kepada awak media.

Akan tetapi di sisi lain Ujang menegaskan, sebelum memikirkan untuk dapat menembus parlemen maka hal yang paling penting bagi parpol baru yaitu memikirkan supaya mereka bisa lolos sebagai peserta pemilu dikarenakan untuk bisa menjadi peserta pemilu 2024 maka partai politik harus dapat memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh UU No 7 tahun 2017 terkait pemilu.

Parpol baru

Berikut adalah beberapa nama partai politik baru yang saat ini mulai menampakan diri dan terus bersaing untuk mendapatkan simpati dari masyarakat diantaranya adalah:

  1. Partai umat
  2. Partai rakyat adil makmur
  3. Partai Gelora
  4. Partai buruh
  5. Partai Keadilan dan persatuan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *