Survei Litbang Kompas Terbaru Bursa Nama Capres 2024

  • Bagikan
Survei Litbang Kompas
Survei Litbang Kompas

HARIAN.ID – Survei Litbang Kompas Terbaru Bursa Nama Capres 2024 Belum lama ini, survei Litbang Kompas kembali merilis untuk beberapa nama bursa calon presiden 2024 yang memang banyak disukai oleh masyarakat di tanah air dimana pengambilan sampel dipastikan akurat dan juga transparan sehingga muncullah beberapa apa nama capres yang siap bertanding pada Pilpres 2024.

Survei Litbang Kompas terbaru untuk bursa nama capres 2024 telah keluar dimana dalam survei menghasilkan beberapa tokoh ternama tanah air yang ternyata masuk dalam bursa calon presiden untuk pemilihan presiden 2024 yang akan datang dimana terdapat urutan dan persentase dari semua calon.

Sebanyak 7 tokoh yang paling banyak disukai untuk menjadi calon presiden pada Pilpres 2024 dari hasil Litbang Kompas diantaranya adalah Ridwan Kamil sebagai gubernur Jawa Barat, tri Rismaharini yang sekarang menjabat Menteri Sosial, sandiaga Uno yang sekarang menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif, bTP alias Ahok yang menjabat komisaris Utama PT Pertamina, agus Harimurti Yudhoyono yang menjabat Ketua Umum Partai Demokrat, mahfud MD yang saat ini menjadi menteri koordinator bidang politik hukum dan keamanan, sampai jenderal purnawirawan Gatot nurmantyo mantan Panglima TNI.

Selanjutnya dari hasil survei yang dilakukan oleh Litbang harian Kompas, memaparkan terkait persentase dari ke-7 salon di atas di mana untuk peringkat dari beberapa calon ada yang tetap stagnan naik dan juga ada yang turun.

Survei Litbang Kompas Terbaru Bursa Nama Capres 2024

Berikut ini adalah persentase hasil yang dilakukan Litbang harian Kompas yang sudah resmi dirilis pada tanggal 18 Oktober yang lalu di media nasional Kompas yang pastinya bisa menjadi gambaran bagi anda untuk menentukan capres yang akan datang yang akan menggantikan kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Ridwan Kamil

Gubernur jawa Barat ini berada di posisi pertama dimana pada bulan Oktober 2019 ia mendapatkan 3,3 persen, selanjutnya pada bulan Agustus 2020 hanya mendapatkan 1,9 persen, januari 2021 mendapatkan 2,3%, april 2021 mendapatkan 3,4 %, selanjutnya di bulan Oktober 2021 atau tepatnya di bulan ini kang Emil sapaan Ridwan Kamil mendapatkan 5,1 persen dan mendapatkan kenaikan elektabilitas yang sangat bagus.

Tri Rismaharini

Selanjutnya Menteri Sosial tri Rismaharini mendapatkan beberapa hasil survei Litbang Kompas diantaranya pada bulan Oktober 2019 dirinya memperoleh 2,3 persen, selanjutnya pada bulan Agustus 2020 mendapatkan 5,2 persen, bulan Januari 2021 mendapatkan 2,4 persen, dan selanjutnya pada bulan Oktober 2021 memperoleh 4,9 persen.

Sandiaga Uno

Sosok sandiaga Uno ternyata mendapatkan persentase yang sangat tinggi di bulan Oktober 2019 yaitu mencapai 7,3 persen udah selanjutnya di bulan Agustus 2020 5,3 persen, selanjutnya di bulan Januari 2002 Sabtu memperoleh 3,7 persen, selanjutnya di bulan Oktober 2021 mendapatkan 4,6 persen.

Ahok

Mantan Gubernur DKI Jakarta basuki Cahaya Purnama ternyata mendapatkan persentase yang cukup mumpuni jika dibandingkan di bulan Oktober tahun 2019 yang hanya memperoleh 1,8 persen akan tetapi di bulan Oktober 2021 mengalami kenaikan elektabilitas dengan mendapatkan 1,9 persen.

Agus Harimurti Yudhoyono

Selanjutnya untuk sosok ketua Umum Partai Demokrat di bulan Oktober 2019 dirinya mendapatkan 4,5 persen namun memasuki bulan Oktober hanya memperoleh 1,9 persen.

Mahfud MD

Di bulan Oktober tahun 2019 prof Mahfud MD mendapatkan 2,8 persen selanjutnya di bulan Oktober 2021 mengalami penurunan yaitu hanya 1,2 persen.

Gatot nurmantyo

Sosok Jenderal Gatot nurmantyo mendapatkan 1,8 persen di bulan Oktober 2019 dan selanjutnya di bulan ini yaitu Oktober 2021 memperoleh 1,1 persen.

Calon presiden dengan elektabilitas tertinggi

Selanjutnya di bawah ini adalah hasil survei Litbang Kompas untuk beberapa calon presiden 2024 yang memperoleh elektabilitas dan persentase tertinggi di antaranya adalah:

Ganjar pranowo

Gubernur Ganjar pranowo ternyata mendapatkan elektabilitas yang sangat tinggi dan berada di posisi paling Puncak dan hampir sama dengan Prabowo Subianto yaitu mendapatkan elektabilitas di bulan Oktober 2021sebesar 13,9 persen

Prabowo Subianto

Menteri pertahanan Indonesia ternyata memperoleh elektabilitas yang sangat tinggi dan sama dengan Ganjar pranowo yaitu memperoleh elektabilitas 13,9 persen.

Anies Baswedan

Di posisi ketiga adalah gubernur DKI Jakarta yaitu Anies Baswedan yang mendapatkan 9,6 persen.

Apa yang dilakukan oleh pihak Kompas dilakukan pada tanggal 26 September sampai tanggal 9 Oktober 2021 melalui tatap muka wawancara dengan responden sebanyak 1200 yang dipilih acak dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

  • Bagikan