3 Gubernur Elektabilitas Tertinggi Calon Presiden 2024

  • Bagikan
Gubernur Dengan Elektabilitas Tertinggi
Gubernur Dengan Elektabilitas Tertinggi

HARIAN.ID – 3 Gubernur Elektabilitas Tertinggi Calon Presiden 2024 Bursa calon presiden 2024 memang menjadi sorotan media sejak sekarang ini dikarenakan Pilpres hanya tinggal menghitung beberapa tahun lagi dan pastinya persaingan ketat akan terjadi sejak sekarang. Apabila Litbang Kompas sudah memberikan pengumuman terkait elektabilitas beberapa calon presiden selanjutnya dari beberapa para pakar politik ternyata mereka mempunyai pandangan pada gubernur yang ada di Indonesia dengan elektabilitas tinggi diantaranya adalah ganjar pranowo, anies Baswedan, dan Ridwan Kamil.

Terdapat tiga Gubernur dengan elektabilitas tertinggi calon presiden 2024 dari hasil para pengamat politik dan juga netizen di media sosial dimana 3 kepala daerah tersebut diantaranya adalah gubernur DKI Jakarta anies Baswedan, selanjutnya Gubernur Jawa Tengah ganjar pranowo, dan Gubernur Jawa Barat ridwan Kamil alias Kang Emil. Ketiga Gubernur ini mempunyai elektabilitas yang sangat tinggi sebagai calon presiden 2024 di mana mereka memperoleh dukungan dari sejumlah kelompok dan relawan yang sudah terbentuk dan melakukan deklarasi.

Gubernur Elektabilitas Tertinggi Calon Presiden 2024

Menurut Adi Prayitno selaku direktur eksekutif parameter politik Indonesia dirinya mempunyai penilaian tersendiri dimana untuk elektabilitas tertinggi ada pada sosok Anies Baswedan dan selanjutnya di posisi kedua ganjar pranowo dan selanjutnya di posisi ketiga Ada sosok Ridwan Kamil.

Gubernur Dengan Elektabilitas Tertinggi
Gubernur Dengan Elektabilitas Tertinggi

Akan tetapi menurut Adi Prayitno, elektabilitas dari ketiga Gubernur ini dipastikan belum cukup untuk menjadi capres 2024 akan tetapi ketiganya harus mendapatkan restu dari partai politik dikarenakan parkol masih menjadi kendaraan untuk membawa mereka bersaing untuk mendapatkan kursi nomor satu itu di tanah air.

“Menurut saya tantangan utama dari ketiganya yaitu mencari Dukungan partai politik. Pastinya tidak berguna dengan adanya relawan saja jika mereka tidak ada dukungan dari parpol sebagai saraf untuk mendaftarkan ke KPU,” tegas Adi Prayitno

Ada beberapa tantangan yang harus dilalui oleh ketiga Gubernur tersebut yaitu salah satunya mencari Dukungan partai politik dikarenakan tidak ada gunanya ketika mereka mempunyai relawan akan tetapi tidak mendapatkan dukungan dari parpol dikarenakan partai politik menjadi syarat daftar ke KPU.

Sehingga dengan elektabilitas yang tinggi dipastikan tidak cukup apabila mereka tidak memperoleh dukungan dari partai politik dan Hal inilah yang harus diperhatikan oleh Ketiga orang tersebut.

Menurut Adi Prayitno, terkait Deklarasi yang dilakukan oleh beberapa relawan seperti untuk Anies Baswedan ya itu aliansi Nasional Indonesia Sejahtera merupakan upaya memamerkan ke publik tentang apa saja yang sudah dihasilkan gubernur Anies dan deklarasi ini bagian dari promosi sosok gubernur Anies sendiri.

Akan tetapi menurut Adi Prayitno, deklarasi cenderung bersifat politis dikarenakan Anies Baswedan di tahun yang akan datang tidak lagi menjabat sebagai gubernur sehingga Anies Baswedan harus mempunyai sesuatu yang tidak pernah dilakukan oleh Jokowi dan Ahok sebagai bukti jika sosok Anis mempunyai nilai yang berbeda maka apabila tidak ada, kerja Anies Baswedan akan terus menerus dibandingkan dengan kinerja Jokowi dan Ahok.

Sehingga menurut Adi Prayitno, elektabilitas gubernur memang penting akan tetapi mereka harus memikirkan Dukungan partai politik dikarenakan hal ini adalah sesuatu yang sangat penting.

  • Bagikan