Info BMKG Hari Ini: Gempa Terjadi di Malang dan Jogja

  • Bagikan
BMKG Hari Ini
BMKG Hari Ini

HARIAN.ID – Info BMKG Hari Ini: Gempa Terjadi di Malang dan Jogja Pada hari Jumat, 22 Oktober tepatnya dini hari tadi terjadi gempa di wilayah Selatan Daerah Istimewa Yogyakarta di mana gempa berpusat di perairan Selatan Jogja tepatnya di Area Selatan kabupaten Gunungkidul. Dari info BMKG hari ini, terjadi dua gempa tepatnya gempa Malang dan gempa Jogja yang terasa di sejumlah wilayah tersebut dan informasi ini sudah dikabarkan oleh badan meteorologi klimatologi dan geofisika melalui akun media sosial twitter dan Facebook.

Dari info BMKG hari ini untuk gempa terjadi di Malang dan Jogja tepatnya di selatan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan untuk pusatnya sendiri berada ada di Selatan Kabupaten Gunung Kidul. Gempa terjadi sekitar jam 09.39 WIB dan selanjutnya hal tersebut terjadi berselang lama gempa kembali melanda selatan pulau Jawa dan di area Sisi Timur tepatnya di kabupaten Malang Jawa Timur.

Info BMKG Hari Ini: Gempa Terjadi di Malang dan Jogja

Selanjutnya untuk gempa Jogja mempunyai kekuatan magnitudo mencapai 4,8 SR dan selanjutnya untuk waktu gempanya ya itu terjadi pada jam 09:39:18 WIB. Selanjutnya untuk Lokasi gempa diperkirakan 9.052 LS,110.44821 BT atau 118 km barat daya di daerah Gunung Kidul daerah Istimewa Yogyakarta.

Gempa Malang

Dari informasi BMKG yang kami kutip dari media sosial Twitter, pihak badan meteorologi klimatologi dan geofisika memberikan informasi terkait gempa yang mengguncang Malang Jawa Timur dan selanjutnya untuk Kabupaten Malang digoyang gempa dengan kekuatan magnitudo mencapai 5,3 dan selanjutnya gempa dirasakan tepat pada jam 9:21:15 WIB.

Untuk pusat gempa Malang yaitu berada di 78 km barat daya Kabupaten Malang dan selanjutnya gempa terjadi berlokasi di titik koordinat 8.84 lintang selatan dan selanjutnya 112.51 Bujur Timur. Untuk kedalaman gempa nya sendiri menurut akun Twitter @infoBMKG yaitu mempunyai kedalaman 33 km dan dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Menurut kepala pusat gempa bumi dan tsunami BMKG bambang Setyo Prayitno MSI menegaskan apabila episenter gempa bumi terletak di koordinat 8,81 lintang selatan dan 112,49 derajat BT.

Dari pengakuan masyarakat yang diunggah dari media sosial ternyata Gempa yang terjadi pada hari ini dirasakan di beberapa wilayah diantaranya Ponorogo, pasuruan, mojokerto, nganjuk, pacitan, jember, lumajang, sampai Trenggalek.

Selanjutnya dari hasil monitoring pihak BMKG sampai sore ini memperlihatkan adanya aktivitas gempa bumi susulan walaupun tidak begitu besar dan selanjutnya masyarakat dihimbau supaya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu hoax yang mulai beredar di media sosial oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Menurut BMKG gempa Malang dan Jogja dipastikan tidak berpotensi tsunami sehingga masyarakat harus tetap tenang walaupun pastinya harus waspada dengan gempa susulan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.