Sanksi dan Kecurangan CPNS 2021 di Buol Yang Bikin Heboh

  • Bagikan
Kecurangan CPNS 2021
Kecurangan CPNS 2021

HARIAN.ID – Sanksi dan Kecurangan CPNS 2021 di Buol Yang Bikin Heboh Belum lama ini badan Kepegawaian Negara setelah menemukan adanya beberapa modus kecurangan CPNS 2021 di mana mereka menemukan beberapa bukti dan salah satunya yang terjadi di daerah Buol sulawesi Tengah. Pihak BKN menemukan beberapa bukti dan juga laporan yang diberikan resmi oleh masyarakat kepada pihaknya atas adanya upaya modus berbuat curang ketika melakukan seleksi CPNS di tahun ini.

Kecurangan CPNS 2021 belum lama ini terjadi di daerah Buol sulawesi Tengah dimana pihak Badan Kepegawaian Negara atau BKN mendapatkan bukti dan juga laporan dari sejumlah masyarakat dan selanjutnya masyarakat meminta kepada pihak yang terkait agar bisa melakukan peninjauan lebih lanjut atas temuan barang bukti tersebut. Malahan dari hasil laporan yang berisi aktivitas peserta ketika proses seleksi skd CPNS dan juga rekaman kamera CCTV.

Kecurangan CPNS 2021

Menurut Bima Haria Wibisana selaku kepala BKN dirinya mengungkapkan apabila ada orang luar yang mempunyai kemampuan it untuk mengajak beberapa peserta lain agar bisa melakukan kecurangan di saat seleksi CPNS kali ini.

Malahan di dalam unggahan video dengan durasi 2 menit lebih, dima menjelaskan dan terkait beberapa modus kecurangan yang dilakukan dan selanjutnya ditemukan pihak luar yang mengunduh aplikasi yang selanjutnya diretas beberapa soal yang diberikan kepada peserta dan untuk Kejadian ini sudah terjadi di daerah Buol sulawesi Tengah.

“Untuk Buol, jadi di Kami menemukan ada orang dari luar yang menginstal aplikasi sehingga komputer yang dipakai dapat diakses dan dikendalikan dari luar dan pastinya orang tersebut mengetahui tentang it,” tegas Bima kepada awak media.

Selanjutnya pelaksanaan ujian yang berbasis digital ini dinilai memberi peluang besar bagi mereka yang mengerti tentang it untuk melakukan peretasan dan selanjutnya mengganggu sistem ujian dan selanjutnya dikarenakan adanya hal tersebut pihak bKN meminta bantuan kepada badan pengkajian dan penerapan teknologi dan badan siber dan Sandi Negara agar tidak terulang lagi.

Sanksi yang diterima

Di saat ini proses investigasi kecurangan sedang dilakukan oleh pihak BKN Dimana mereka menduga adanya kebocoran informasi yang dilakukan salah seorang staf dari pemerintahan Kabupaten Buol dan selanjutnya untuk mengantisipasi dan juga memutus rantai kecurangan ini maka pihak BKN sudah melaporkan Kepada Bupati setempat.

Selanjutnya setelah dilaporkan kepada pihak Bupati nantinya akan diteruskan kepada pihak Kepolisian dan pihak BKN akan memberikan kewenangan sepenuhnya untuk Bupati setempat dalam menentukan sanksi bagi siapa saja yang berbuat curang.

Motif dari kecurangan masih belum ditemukan sampai saat ini, akan tetapi dipastikan kecurangan dilakukan dengan melakukan diskualifikasi sebagai bentuk sanksi bagi para peserta yang diduga sudah berbuat curang di mana proses penilaian telah dilakukan Dan menunjukkan skor tertinggi diantara seluruh nilai dari para peserta.

Kecurigaan yang dirasakan membuat pihak BKN merasa yakin untuk menyatakan peserta sebagai pelaku kecurangan akan tetapi pastinya akan terus diverifikasi dan melakukan diskusi kembali terkait nilai orang tersebut yang ternyata nilainya paling tinggi.

Pihak BKN mengharapkan dengan adanya kejadian kecurangan CPNS 2021 bisa diperhatikan dengan bijak supaya tidak lagi berbuat curang dikarenakan sanksi berat salah satunya diskualifikasi akan diberikan pada siapapun para calon pegawai negeri sipil jika berbuat curang.

  • Bagikan