Mengenal Pelat Khusus RF Yang Lagi Viral

  • Bagikan

HARIAN.ID – Mengenal Pelat Khusus RF Yang Lagi Viral Beberapa hari ini, nanti Sandy media sosial sedang ramai membahas terkait plat nomor kendaraan dengan kode RFS dimana hal ini terjadi setelah sosok selebgram Rachel vennya diketahui mempunyai plat nomor berakhiran RFS yang langsung membuat banyak dari netizen kebingungan. Mungkin diantara Anda banyak yang bertanya terkait Pelat Khusus RF yang jadi perbincangan tersebut dan pada artikel kali ini kami akan membahasnya untuk anda semua.

Pelat Khusus RF menjadi salah satu pelat nomor kendaraan yang memang khusus dan biasanya menempel pada mobil dinas pejabat sipil sehingga bisa memudahkan kepada para petugas untuk melakukan identifikasi jika terdapat suatu agenda tertentu sehingga bisa disimpulkan, kendaraan yang menggunakan kode RF the adalah pejabat.

Selanjutnya plat mobil khusus tersebut sebetulnya sudah diatur peraturan Kapolri dengan nomor 3 tahun 2012 terkait penerbitan rekomendasi STNK dan tnkb khusus dan rahasia untuk kendaraan bermotor yang dilakukan untuk dinas.

Pelat Khusus RF

Harus anda ketahui apabila kode plat nomor kendaraan RF merupakan nomor khusus yang mempunyai kepala angka 1 di tnkb dan mempunyai 4 digit angka. Sehingga tidak sembarangan orang bisa menggunakan alat khusus ini dikarenakan hanya bagi mereka yang melakukan dinas.

Pelat Khusus RF
Pelat Khusus RF

Ada beberapa apa plat nomor selain RF yang mungkin belum Anda ketahui dan digunakan bagi mereka yang berprofesi dan rahasia baik untuk TNI Polri. Beberapa plat kendaraan khusus diantaranya adalah:

  1. Mobil dengan nomor polisi plat belakang RF adalah kendaraan pejabat negara untuk eselon 2 keatas sampai menteri. Selanjutnya pelat tersebut hanya dipakai sebagai pengganti dari plat merah.
  2. Plat dengan akhiran huruf RFS di belakang kode dari rahasia fasilitas sipil yang diperuntukkan biasanya untuk pejabat sipil dimana kode tersebut diantaranya adalah rfd, rfl, rPF sampai RFU di mana biasanya plat ini diperuntukkan bagi pejabat TNI dan juga Polri.
  3. Plat nomor dengan akhiran D yang diperuntukkan untuk angkatan Darat selanjutnya untuk RFL diperuntukkan Angkatan Laut, untuk Angkatan Udara menggunakan plat dengan kode RFU dan untuk polisi menggunakan kode kendaraan RFP.
  4. Selanjutnya untuk kode RFO, RFH, RFQ biasanya plat kendaraan ini dipakai untuk pejabat di bawah eselon 2
  5. Untuk kendaraan diplomatik seperti kedutaan besar maka biasanya menggunakan kode CD yang mempunyai singkatan corps diplomatique atau menggunakan kode cc yang diambil dari singkatan corps consulaire.

Apabila kembali pada kasus rachel vennya yang memang dibantu oleh salah seorang oknum anggota TNI dengan menggunakan kode kendaraan RFS maka dipastikan apabila pria ini memang anggota TNI Polri dikarenakan untuk kode tersebut tidak bisa digunakan bagi masyarakat umum.

Itulah penjelasan kami tentang mengenal Pelat Khusus RF bagi kendaraan roda empat di mana plat dengan awalan tersebut hanya diperuntukkan bagi tni-polri atau pejabat pemerintah.

 

  • Bagikan