Tarif Parkir di Bandung Naik Tahun 2022

  • Bagikan
Tarif Parkir Di Bandung Naik Tahun 2022
Tarif Parkir Di Bandung Naik Tahun 2022

HARIAN.ID – Tarif Parkir di Bandung Naik Tahun 2022 Belum lama ini dinas perhubungan atau Dishub kota Bandung memastikan apabila di awal tahun 2022 akan ada kenaikan tarif parkir untuk kendaraan roda dua dan juga roda empat terutama di pusat kota Bandung di mana untuk kenaikan tarif parkir mencapai 50% dari tarif harga parkir sebelumnya.

Tarif parkir di Bandung naik 2022 secara langsung diungkapkan oleh pihak Dishub Kota Bandung Jawa Barat di mana mereka menegaskan apabila kenaikan tarif parkir di kota Bandung tersebut akan naik sampai 50% dari tarif sebelumnya di mana untuk sekarang ini tarif parkir di kota Bandung untuk motor Rp1.500 dengan hitungan jam pertama dan selanjutnya penambahan 1000 untuk setiap 1 jam selanjutnya.

Selanjutnya untuk kendaraan roda empat maka untuk sekarang ini sebelum mengalami kenaikan untuk satu jam Rp3.000 dan selanjutnya pada setiap 1 jam berikutnya terdapat penambahan mencapai Rp2000.

Menurut Yogi mamesa selaku kepala Badan Layanan Umum Daerah Dishub kota Bandung apabila kenaikan tarif parkir di kota Bandung tersebut telah memperoleh izin dan restu dari Walikota Bandung oded m danial.

Untuk harga kenaikan tarif parkir terbaru di Tahun 2022 dipastikan naik sebesar 50% dan dikabarkan kenaikan tarif di kota Bandung ini untuk parkir akan diterapkan mulai tanggal 1 Januari 2022.

Sehingga nantinya di bulan Januari akan datang tarif parkir untuk kendaraan roda dua yaitu menjadi Rp3.000 untuk jam pertama dan selanjutnya penambahan rp3.000 setiap 1 jam selanjutnya.

Selanjutnya untuk tarif parkir terbaru roda empat yaitu menjadi Rp5.000 untuk jam pertama dan selanjutnya setiap 1 jam selanjutnya akan ada penambahan Rp5.000.

Menurut Yogi, dengan adanya kenaikan tarif retribusi parkir ini nantinya akan diterapkan di tiga titik bagian yang ada di Bandung yaitu pusat kota daerah penyangga dan daerah Pinggiran akan tetapi untuk daerah penyangga dan tinggiran dipastikan tarifnya lebih murah hanya berbeda Rp1.000 per jam dari tarif parkir di pusat kota.

Sehingga dengan penambahan biaya parkir tersebut akan disesuaikan dengan tarif terbaru dan menurut Yogi apabila kenaikan tarif parkir nantinya akan disosialisasikan terlebih dahulu secara maksimal di bulan Desember 2021 supaya masyarakat lebih mengetahui dan hal ini sangat ditujukan khususnya bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bandung supaya mereka tidak kaget dengan tarif parkir terbaru.

Untuk sekarang ini masih menggunakan tarif lama dikenakan untuk tarif parkir terbaru di Kota Bandung akan dimulai pada tanggal 1 januari 2022.

Tarif Parkir di Bandung Naik

Berikut adalah detail tarif retribusi parkir untuk zona parkir di daerah pusat kota Bandung yang mulai berlaku per tanggal 1 Januari 2022 dan hal ini sudah sesuai dengan peraturan Walikota Bandung no 66 tahun 2021 terkait tarif pelayanan parkir.

  1. Untuk seluruh kendaraan bermuatan jenis truk gandengan atau trailer dan juga kontainer maka tarif terbaru parkir yaitu Rp7.000 per jam udah selanjutnya untuk tambahan satu jam berikutnya rp7.000
  2. Untuk mobil jenis bus atau truk tarif parkir jadi Rp7.000 per jam dan selanjutnya untuk satu jam berikutnya ditambahkan Rp7.000.
  3. Untuk motor jenis angkutan barang seperti box dan pick up tarif parkir terbaru Rp5.000 per jam dan setiap 1 jam selanjutnya ditambah sebesar Rp5.000.
  4. Kendaraan bermotor jenis roda empat atau roda tiga atau mobil sedan dan sejenisnya harga retribusi parkir menjadi Rp5.000 per jam dan selanjutnya ada tambahan setiap jam Rp5.000.
  5. Untuk sepeda motor maka tarif parkir per jam Rp3.000 dan tambahan jam selanjutnya rp3.000.
  • Bagikan