Sejarah Halloween 31 Oktober Yang Selalu Diperingati

  • Bagikan
Sejarah Halloween
Sejarah Halloween

HARIAN.ID – Sejarah Halloween 31 Oktober Yang Selalu Diperingati Masyarakat yang ada di dunia ketika memasuki tanggal 31 Oktober setiap tahunnya biasa memperingati sebagai hari Halloween yang memang mempunyai sejarah bagi sebagian negara di dunia malahan di Indonesia sendiri, beberapa masyarakat memperingati hari Halloween walaupun memang bukan dari budaya Indonesia apalagi budaya Islam.

Apabila berbicara tentang sejarah Halloween 31 Oktober maka sejarahnya dipastikan sangat panjang sehingga hari ini diperingati oleh banyak orang di berbagai pelosok dunia termasuk di Indonesia dimana biasanya ketika mereka memperingati perayaan Halloween, nuansa mistis dan kostum khas Halloween akan terlihat sangat menyeramkan dikarenakan sesuai dengan tema dari peringatan tersebut.

Kostum dan aksesoris Halloween biasanya bernuansa menyeramkan sebut saja menggunakan kostum berbentuk hantu atau memakai kostum dengan karakter film horor dikarenakan Halloween menjadi sebuah peringatan yang mistis apalagi melihat sejarah terjadinya halloween 31 Oktober.

Sejarah Halloween

Sebelum Anda mengenal sejarah Halloween maka anda pun harus mengenal terlebih dahulu arti dari kata Halloween di mana asal katanya berakar dari Festival samhain yang biasa dirayakan oleh bangsa Celtic kuno yang ada di negara Inggris dan juga Irlandia.

Ternyata perayaan ini dilakukan pada tanggal 1 November bertepatan dimulainya musim dingin dan tanggal kembalinya ternak dari Padang rumput dan kepemilikan tanah yang diperbaharui.

Bagi mereka yang merayakan festival Halloween ternyata mereka sangat percaya apabila pada malam hari sebelum perayaan yaitu tanggal 31 Oktober seluruh arwah manusia yang sudah meninggal akan kembali mengunjungi rumah mereka dan selanjutnya arwah tersebut diyakini melakukan perjalanan ke dunia lain.

Kepercayaan lain yaitu untuk roh jahat yang akan muncul akan mendatangi kembali ke bumi untuk berkeliaran dan akan mengganggu bangsa Celtic dan biasanya untuk menakuti orang jahat, sehingga supaya terhindar dari makhluk jahat tersebut bangsa Celtic biasa menyalakan api unggun di puncak bukit.

Api unggun tersebut bukan hanya dipercaya bisa menghindari ancaman orang jahat akan tetapi dengan menggunakan topeng atau pakaian yang menyeramkan bisa terhindar dari serangan roh jahat sehingga Hal inilah yang membuat Halloween sangat identik dengan kostum makhluk menyeramkan sebut saja Goblin peri iblis sampai penyihir.

Selanjutnya di saat Romawi berhasil menaklukkan bangsa Celtic tepatnya di abad ke-1 masehi, mereka Langsung melebur dengan tradisi perayaan Romawi dengan samhain dan munculah Festival feralia yang dirayakan akhir Oktober dengan tujuan memperingati leluhur yang telah meninggal dan juga penghormatan pada pomona yaitu Dewi Panen orang Romawi.

Asal-usul nama halloween

Berbicara tentang asal usul dari nama Halloween, ternyata ada beberapa versi diantaranya Halloween berasal dari kata All Hallows’ atau All Saints Day yang keduanya mempunyai makna peringatan untuk menghormati orang Kudus atau orang suci.

Selanjutnya peringatan ini menjadi tanda hari dari pesta kekristenan Barat All Saints ia akan memulai musim Allhallowtide im-yang selama 3 hari lamanya. Walaupun begitu, di beberapa area di benua eropa dan Amerika Utara ternyata perayaan Halloween Tidak Dianggap sebagai sesuatu yang religius dan selanjutnya di abad ke-7 sosok Pope Boniface IV memindahkan perayaan ini yang biasanya jatuh pada tanggal 13 Mei menjadi 1 November dengan tujuan sebagai peringatan hari raya pangan dengan perayaan Kristen.

Namun sebelumnya tepatnya di akhir bulan Oktober, mereka menganggap sebagai malam yang suci yang selanjutnya berkembang menjadi peringatan Halloween yang berasal dari singkatan All Hallow’s Evening dan pada akhir abad pertengahan, hari sekuler dan hari suci dianggap menjadi satu.

Selanjutnya di tahun 1800 mulailah berkembang festival yang menandai panen dengan memasukkan unsur Halloween di Amerika Serikat dan selanjutnya sejumlah besar imigran pergi ke Amerika Serikat di abad ke-19 dan mereka membawa kebiasaan Halloween sampai akhirnya Halloween menjadi salah satu hari libur utama di Amerika sampai sekarang dan dirayakan oleh semua umur tua dan anak-anak.

Simbol dan tradisi Halloween

Ada beberapa simbol dalam perayaan Halloween yang sangat identik di antaranya adalah buah labu yang dibentuk menyerupai wajah menyeramkan yang dikenal dengan sebutan Jack O’Lantern dimana sosok ini bisa kalian lihat di berbagai film yang memang sangat menyeramkan.

Jack O’Lantern ternyata sangat dipercaya merupakan sebuah arwah yang berkeliaran sambil menggunakan Lentera dikarenakan arwah ini berhasil menipu iblis supaya tidak dimasukkan ke dalam neraka namun tidak diizinkan masuk surga karena penuh dosa.

 

  • Bagikan