Harga Tarif Membuat SIM A November 2021

  • Bagikan
Harga Tarif Membuat SIM A November 2021
Harga Tarif Membuat SIM A November 2021

HARIAN.ID – Harga Tarif Membuat SIM A November 2021 Bagi Anda yang saat ini mempunyai mobil pastinya salah satu persyaratan yang wajib untuk dimiliki yaitu mempunyai SIM A dimana Surat Izin Mengemudi golongan A memang diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai kendaraan roda empat dan oleh karena itu bagi kalian yang belum membuat dan masih belum mengetahui maka pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi harga tarif membuat SIM A di bulan November 2021.

Harga tarif membuat SIM A November 2021 dipastikan masih tidak berbeda dengan tahun sebelumnya dan pastinya bagi kalian yang mempunyai mobil maka haruslah melengkapi Surat Izin Mengemudi agar bisa bebas bepergian ke manapun dan tidak bisa ditilang oleh pihak kepolisian dikarenakan Ketika anda tidak mempunyai SIM A, maka anda bisa ditilang.

Untuk Anda yang belum mempunyai SIM A, maka pastinya sangatlah penting agar mengetahui biaya dan syarat pembuatan dikarenakan SIM A menjadi bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan kepada seseorang yang sudah memenuhi beberapa persyaratan diantaranya usia 17 tahun ke atas.

Untuk masalah aturan pembuatan SIM yang terbaru, sebetulnya telah tertulis melalui Peraturan Pemerintah No 60 tahun 2016 terkait jenis tarif atau jenis penerimaan negara bukan pajak atau pnbp.

Selanjutnya ada beberapa hal yang harus anda ketahui terkait persyaratan yang wajib dipenuhi Ketika anda ingin membuat SIM A di antaranya adalah permohonan tertulis, harus bisa membaca dan menulis, mempunyai pengetahuan terkait peraturan lalu lintas yang ada di jalan, pintar mengemudi, sudah berusia 17 tahun lebih, memenuhi syarat administratif, harus lulus teori praktek dan sehat jasmani rohani.

Harga Tarif Membuat SIM A November 2021

Untuk informasi lebih lengkap terkait biaya yang harus anda keluarkan ketika membuat SIM A baru maka persyaratannya adalah sebagai berikut:

Biaya pembuatan SIM A pada dasarnya tidaklah mahal yaitu anda tinggal mengeluarkan beberapa biaya diantaranya pembuatan SIM A baru dengan harga Rp120.000, asuransi Rp30.000, dan pemeriksaan kesehatan 25.000, sehingga total biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan SIM A bagi para pengemudi mobil yaitu hanya Rp175.000.

Selanjutnya dalam peraturan kepolisian No 5 Tahun 2021 terkait penerbitan dan penandaan SIM yang diterbitkan di bulan Februari 2021, terutama pasal 9 telah dituliskan terkait persyaratan administrasi.

Syarat pembuatan SIM A

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi Anda yang ingin membuat SIM A di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan permohonan dengan mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran SIM secara manual atau memperlihatkan tanda bukti pendaftaran secara elektronik apabila kalian daftar online.
  2. Para pemohon wajib melampirkan fotokopi dan memperlihatkan identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk bagi warga negara Indonesia dan untuk WNA harus memperlihatkan dokumen keimigrasian.
  3. Pemohon harus melampirkan fotokopi sertifikat pendidikan dalam pelatihan mengemudi asli yang dikeluarkan oleh sekolah mengemudi yang memang sudah terakreditasi paling lama 6 bulan semenjak diterbitkan.
  4. Pemohon melampirkan fotokopi surat izin kerja asli dari Kementerian yang membidangi Ketenagakerjaan khusus bagi warga negara asing yang kerja di Indonesia.
  5. Melakukan perekaman biometrik yaitu sidik jari dan pengenalan wajah juga retina.
  6. Pemohon menyerahkan bukti pembayaran penerimaan negara bukan pajak.
  • Bagikan