Presiden Jokowi Kirim 2 Dokter Untuk Dampingi SBY

  • Bagikan
Presiden Jokowi Kirim 2 Dokter Untuk Dampingi SBY
Presiden Jokowi Kirim 2 Dokter Untuk Dampingi SBY

HARIAN.ID – Presiden Jokowi Kirim 2 Dokter Untuk Dampingi SBY Seperti diketahui apabila belakangan ini, sosok presiden ke-6 RI susilo Bambang Yudhoyono atau Pak SBY dikabarkan Tengah mengalami sakit di mana banyak ucapan duka dan juga doa atas kesembuhan SBY dan bukan hanya masyarakat biasa, sampai Presiden Jokowi turut Ikut mendoakan atas kesembuhan SBY malahan diketahui jika Presiden Jokowi kirim 2 dokter dampingi SBY yang saat ini dirawat di luar negeri.

Presiden Jokowi kirim 2 dokter Dampingi SBY dalam rangka medical check up dan treatment di luar negeri dimana sesuai dengan diagnosa dari tim dokter diketahui apabila SBY mengalami kanker prostat dan dalam hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, positron emission tomography, dan beberapa metode lain apabila kanker prostat yang diidap SBY masih dalam tahap stadium awal.

Presiden Jokowi Kirim 2 Dokter Untuk Dampingi SBY

Dengan kondisi kesehatan SBY yang sekarang ini memerlukan penanganan khusus selanjutnya tim Dokter menyimpulkan Apabila semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan SBY dan setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan tim Dokter Indonesia termasuk urologi senior, selanjutnya diputuskan apabila SBY akan melakukan medical treatment di salah satu rumah sakit di luar negeri yang memang mempunyai pengalaman panjang dan mempunyai teknologi yang sudah maju dalam penanganan kanker prostat.

Selanjutnya komunikasi terus dilakukan antara tim Dokter Indonesia dan tim Dokter negara sahabat ini dan dikabarkan sudah sangat baik-baik maupun luar negeri Dimana mereka sepakat untuk bersedia menangani SBY.

Malahan ketua tim Dokter luar negeri sudah melakukan komunikasi secara langsung dengan SBY melalui telemedicine dan mereka sepakat untuk menangani penyakit SBY apalagi sebelumnya sudah dilakukan pembelajaran terhadap seluruh data kesehatan SBY dan mereka menyampaikan optimisme untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita oleh presiden ke-6 indonesia tersebut.

Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut SBY, kabarkan apabila susilo Bambang Yudhoyono dikabarkan telah melakukan telepon kepada Presiden Jokowi dengan memberikan informasi apabila dirinya sakit dan akan dirawat di luar negeri.

Presiden Jokowi dikabarkan langsung memberikan respon yang sangat baik dan selanjutnya menyampaikan doa supaya Pak SBY bisa kembali sehat dan selanjutnya Presiden Jokowi dikabarkan mengirimkan dua dokter kepresidenan untuk mendampingi SBY selama di luar negeri.

Dikabarkan apabila sBY walaupun dirinya sudah mengetahui sakit, akan tetapi masih menjalankan rutinitas kegiatan sehari-hari seperti melukis sampai membaca malahan masih melakukan olahraga seperti sedia kala.

Biaya pengobatan SBY ditanggung negara

Staf khusus Menteri Sekretaris Negara faldo Maldini menegaskan apabila dokter kepresidenan telah melakukan komunikasi dengan dokter yang ada di luar negeri di mana menurut Faldo untuk masalah pengobatan mantan presiden tersebut sudah dijamin dalam undang-undang yaitu pasal 7 UU No 7 tahun 1978 terkait hak keuangan atau administrasi presiden dan wakil presiden dan bekas presiden ataupun bekas wakil presiden RI.

Dalam peraturan tersebut untuk mantan presiden ataupun wakil presiden diberikan seluruh biaya perawatan kesehatan dan keluarganya dan selanjutnya pada pasal 2 Peraturan Presiden No 36 tahun 2014 disebutkan apabila dokter kepresidenan memberikan layanan pemeliharaan kesehatan bagi mantan presiden dan istri atau suami.

Sehingga bisa disimpulkan apabila melihat undang-undang di atas maka dokter kepresidenan diperbolehkan untuk membentuk tim dalam rangka menangani masalah spesifik kesehatan kepala negara dan mantan kepala negara.

  • Bagikan