Banjir Jakarta Semakin Meluas Mencapai 91 RT

  • Bagikan
Banjir Jakarta IGf.tanubrata
Banjir Jakarta IGf.tanubrata

HARIAN.ID – Banjir Jakarta Semakin Meluas Mencapai 91 RT Hujan di Jakarta sampai saat ini masih belum bisa teratasi dengan baik walaupun ada beberapa lokasi memang sudah surut. Akan tetapi hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya tersebut menambah jumlah kawasan di ibukota harus terendam banjir malahan sampai hari Selasa 9 November, tercatat sebanyak 91 RT terendam banjir dengan ketinggian 2,5 m. Padahal dalam penanganan banjir Jakarta, gubernur dan wakil gubernur sudah melakukan banyak cara dan mengatakan dalam waktu 6 jam banjir bisa diatasi akan tetapi sangat disayangkan masih banyak wilayah yang sampai saat ini mengalami kebanjiran.

Banjir Jakarta menjadi salah satu fenomena yang hampir terjadi setiap tahun dimana memasuki bulan November atau bulan penghujan, banyak wilayah di DKI Jakarta yang harus terendam banjir malahan dalam catatan yang kami terima, sebanyak 91 RT terendam banjir dengan ketinggian 2,5 m.

Banjir Jakarta Semakin Meluas Mencapai 91 RT

Menurut kapusdatin BPBD DKI Jakarta yaitu Muhammad insyaf, apabila sekarang ini terdapat 91 RT dari 30.470 RT yang terendam banjir dan terdampak banjir yang lumayan besar dengan ketinggian 2 meter lebih dan lokasinya yang paling parah yaitu berada di Jakarta Timur, jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Selanjutnya titik banjir diantaranya berada di Jakarta Timur yaitu sebanyak 70 RT dan yang terdampak yang paling parah yaitu di Kelurahan Balekambang sebanyak 7 RT dengan ketinggian air sampai 150 cm dan penyebabnya diakibatkan luapan dari kali Ciliwung dan curah hujan yang terus besar.

Selanjutnya Kelurahan Cililitan sebanyak 5 RT dengan ketinggian air mencapai 250 cm diakibatkan karena luapan kali Ciliwung dan juga hujan yang terus-menerus tanpa henti. Kelurahan Sawang terdapat 19 RT yang terdampak banjir dengan ketinggian mencapai 260 cm dan penyebabnya yaitu karena luapan kali Ciliwung sehingga harus diungsikan yaitu sebanyak 37 KK dengan jumlah 99 jiwa.

Masyarakat di Kelurahan Sawang yang harus diungsikan yaitu berlokasi di pengungsian Gang Haji Maliki, lapangan tenis RW 03 dan masjid al-hidayah RW. 08.

Selanjutnya Kelurahan Bidara Cina terdapat yang terdampak banjir yaitu 10 RT dengan ketinggian air 190 cm dan penyebabnya yaitu akibat luapan kali Ciliwung. Selanjutnya Kelurahan Kampung Melayu yang terendam 29 FT dengan ketinggian air sampai 200 cm dan penyebabnya yaitu luapan kali Ciliwung dan curah hujan yang tinggi.

Untuk kampung Melayu terdapat 15 KK yang harus diungsikan dengan 65 jiwa dan mereka berada di aula Kantor Kelurahan Kampung Melayu dan sebagian di aula masjid ittihadul ikhwan yang ada di RW 08.

Selanjutnya untuk Jakarta Selatan yang terdampak banjir sebanyak 21 RT yaitu berada di Kelurahan Pondok Pinang dengan ketinggian air hanya mencapai 90 cm dan yang terdampak 8 rt dan penyebabnya yaitu Kali Pesanggrahan Yang meluap dan di lokasi ini terdapat 4 KK dengan 18 jiwa yang harus mengungsi di Majelis Taklim Alkhairiyah

Selanjutnya di Kelurahan Pejaten Timur terdapat 5 RT yang harus terdampak banjir dengan ketinggian 270 cm dan penyebabnya yaitu luapan kali Ciliwung dan curah hujan yang tinggi selanjutnya Kelurahan Cilandak Timur yang terdampak 2.rt dengan ketinggian air mencapai 80 centimeter yang diakibatkan karena luapan kali Krukut.

Selanjutnya Kelurahan Rawajati yang terdampak sebanyak 3 RT dengan ketinggian air 150 cm dan diakibatkan karena luapan kali Ciliwung dan curah hujan yang cukup tinggi. Selanjutnya kelurahan Pengadegan sebanyak 1 RT dengan ketinggian air 160 cm yang di akibat karena luapan air Ciliwung.

Selanjutnya Kelurahan Tanjung Barat terdampak sebanyak 2 RT dengan ketinggian air 150 cm dan diakibatkan karena luapan kali Ciliwung dan curahan hujan dan selanjutnya di beberapa lokasi terutama di Jakarta Utara dan Jakarta Barat walaupun sempat mengalami banjir akan tetapi beberapa sudah kering sehingga untuk yang terdampak banjir yaitu 56 KK dari 182 jiwa.

Beberapa pengungsi berjumlah ratusan tersebut saat ini sudah ditempatkan di lokasi yang aman dan selanjutnya genangan air langsung ditangani oleh petugas kelurahan setempat yang dibantu oleh para petugas dari PPSU, Tim TRC BPBD, DSDA, Satpol PP, Tagana & Disgulkarmat dan di klaim apabila banjir Jakarta akan surut dalam waktu yang cepat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.