Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Diprotes Netizen

  • Bagikan
Sebut Wayang Kulit Dari Malaysia, Adidas Diprotes Netizen
Sebut Wayang Kulit Dari Malaysia, Adidas Diprotes Netizen

HARIAN.ID – Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Diprotes Netizen Belum lama ini Salah satu merek sepatu dan juga pakaian olahraga yaitu Adidas mendapatkan kritikan dan protes dari netizen malahan banyak yang mengecam akibat statement ketika perusahaan Adidas merilis produk sepatu terbaru mereka dengan tema wayang kulit dimana Adidas mengatakan apabila warisan budaya Wayang kulit berasal dari Malaysia. Akibat sebut wayang kulit dari Malaysia sontak saja Adidas langsung diprotes netizen Dikarenakan seperti diketahui, apabila wayangkulit asli Indonesia.

Wayang kulit sekarang ini menjadi trending pencarian di Google dikarenakan hal ini akibat postingan dari perusahaan Adidas yang menyebut jika Wayang kulit berasal dari Malaysia padahal diketahui jika wayang-kulit adalah asli budaya dari Indonesia. Saat itu perusahaan Adidas Tengah merilis produk terbarunya bertema wayang kulit.

Sebut Wayang Kulit dari Malaysia

Produk sepatu edisi khusus yang masuk dalam kategori City Pack diumumkan oleh Adidas melalui akun Instagram milik mereka yaitu Adidas Filipina tepat pada hari Minggu 14 November dan dituliskan apabila sepatu tersebut akan dirilis pada tanggal 20 November yang akan datang.

Sebut Wayang Kulit Dari Malaysia, Adidas Diprotes Netizen
Sebut Wayang Kulit Dari Malaysia, Adidas Diprotes Netizen

Pada postingan dituliskan apabila Malaysia mewakili desain @JAEMYC untuk UltraBOOST DNA City Pack dan terinspirasi oleh kekayaan budaya Malaysia desain ini memberi penghormatan kepada wayang kulit yang menjadi salah satu bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan memadukan unsur wayang dengan palet warna modern tulis Adidas @adidasph.

Sangat disayangkan postingan Adidas Filipina tersebut langsung menyakiti perasaan netizen Indonesia dikarenakan organisasi pendidikan keilmuan dan kebudayaan perserikatan bangsa-bangsa atau biasa disebut UNESCO sudah resmi pada tanggal 7 November 2003 menetapkan apabila wayang kulit sebagai warisan budaya dunia tak benda dan dipastikan berasal dari Indonesia.

Salah satu warganet mengatakan pada postingan tersebut apabila wayang berasal dari negara Indonesia dan dipastikan bukan dari negara Malaysia dan menjadi budaya leluhur yang sudah diakui oleh UNESCO.

Malahan salah Seorang warga net langsung memberikan konfirmasi apabila pertunjukan wayang termasuk wayang dibuat secara tradisional dipakai sebagai media refleksi terhadap roh spiritual para dewa dan pertunjukan wayang merupakan untuk hiburan selanjutnya bimbingan dan ketertiban masyarakat.

Wayang kulit adalah pertunjukan klasik Jawa yang diketahui berkembang sejak sebelum abad ke-10 dimana wayang ini menjadi pertunjukan yang sangat rumit dan diatur sedemikian rupa dengan cerita kuno yang berasal dari Jawa Indonesia dan dipastikan bukan menjadi budaya Malaysia.

Akibat postingan Adidas yang menyebut wayang kulit dari Malaysia banyak sekali netizen yang memprotes pada postingan tersebut malahan dikabarkan pihak Adidas belum lama ini meminta maaf dan melakukan klarifikasi atas insiden tersebut dikarenakan sudah sangat jelas apabila wayang kulit asli Indonesia bukan Malaysia.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.