Adidas Minta Maaf dan Akui Wayang Kulit Asli Dari Indonesia

  • Bagikan
Adidas Minta Maaf
Adidas Minta Maaf

HARIAN.ID – Adidas Minta Maaf dan Akui Wayang Kulit Asli Dari Indonesia Netizen Indonesia saat ini tengah fokus Memberikan komentar pedas dan kritikan pada beberapa akun resmi milik perusahaan sepatu dan peralatan olahraga yaitu Adidas. Pasalnya, adidas Filipina sempat mengatakan apabila wayang kulit adalah warisan kebudayaan Malaysia dan hal tersebut membuat warga Indonesia merasa keberatan dikarenakan UNESCO sebagai wadah untuk masalah budaya dan lain sebagainya resmi mengakui apabila wayang kulit dari Indonesia.

Akibat banyaknya kecaman dari netizen terkait oknum yang memposting dan mengatakan apabila wayang kulit berasal dari Malaysia ternyata langsung mendapatkan respon dari Adidas Pusat di mana mereka Langsung meminta maaf atas unggahan akun Instagram Adidas Filipina yang sudah mengatakan jika wayang kulit dari Malaysia. Adidas Singapura melalui akun Instagram @adidassg langsung meminta maaf atas kejadian tersebut dan mereka mengakui apabila wayang kulit asli dari Indonesia dan bukan dari Malaysia.

Adidas Minta Maaf dan Akui Wayang Kulit Asli Dari Indonesia

Klarifikasi Adidas Singapura melalui akun Instagram mereka @adidassg di Instagram Story memperjelas apabila wayang kulit bukanlah dari negara Malaysia akan tetapi berasal dari Indonesia apalagi pihak UNESCO sebagai lembaga tertinggi di dunia Telah mengakuinya jika hal tersebut menjadi kebudayaan Indonesia yang diakui oleh dunia.

Adidas Minta Maaf
Adidas Minta Maaf

Tidak mau masalah ini semakin panjang pihak Adidas pun melakukan klarifikasi pada akun Instagram mereka dan selanjutnya meminta maaf dan di dalam unggahan mereka menyebut apabila wayang kulit adalah bagian dari budaya Indonesia bukan Malaysia.

Selanjutnya perusahaan Adidas memberikan pernyataan resmi nya terkait masalah tersebut di mana Di Dalam tulisannya tertulis: Mereka berterima kasih kepada seluruh netizen yang menghubungi pihak Adidas dan selanjutnya wayang kulit adalah bagian penting dalam warisan budaya Malaysia sehingga mereka seharusnya menyoroti pernyataan tersebut dikarenakan wayang kulit asli dari Indonesia bukan Malaysia.

Selanjutnya pihak Adidas langsung meminta maaf dikarenakan ketidaksengajaan yang telah terjadi dan merekapun telah mengubah unggahan tersebut dan mereka menjelaskan apabila mereka sama sekali tidak bermaksud untuk mengklaim karya seni dari Indonesia.

“Kami ucapkan terima kasih karena sudah menghubungi pihak kami dan sementara untuk wayang kulit adalah bagian penting dalam warisan budaya negara Malaysia maka hal tersebut seharusnya kami soroti dikarenakan wayang kulit asli dari Indonesia.

Kami sungguh mau minta maaf dikarenakan ketidaksengajaan dengan apa yang telah terjadi dan saat ini kami mengubah unggahan tersebut. Supaya bisa menghindari kerancuan baik brand atau artis tidak mengklaim karya seni dari Indonesia.”

Apabila mereka telah memperbaiki unggahan Instagram mereka dengan menambahkan Indonesia sebagai negara asal warisan budaya wayang kulit tersebut di mana tulisan pada postingan terbaru di akun Instagram @adidassg tertulis dengan jelas: “Originating from Indonesia, Wayang Kulit has inspired other parts of Southeast Asia,”

Seperti diketahui apabila wayang kulit adalah asli Indonesia dan hal tersebut tercatat pada laman UNESCO dimana mereka mengatakan jika pertunjukan wayang tersebut memang sudah diakui pak benda dari Pulau Jawa tepatnya dari Indonesia dan resmi diakui oleh UNESCO pada tahun 2003.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *