Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dilihat di daerah Ini

  • Bagikan
Gerhana Bulan Sebagian
Gerhana Bulan Sebagian

HARIAN.ID – Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dilihat di daerah Ini Salah satu fenomena alam yang biasa terjadi di berbagai penjuru dunia termasuk di Indonesia adalah gerhana bulan. Gerhana bulan merupakan peristiwa dimana terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga untuk semua cahaya tidak sampai ke bulan sehingga terjadilah gerhana dan selanjutnya di bulan ini, kembali terjadi gerhana yaitu tepatnya pada hari Jumat 19 November 2021 dimana pada tanggal tersebut akan terjadi gerhana bulan sebagian di sejumlah wilayah di Indonesia.

Gerhana bulan sebagian akan terjadi pada tanggal 19 November dimana fenomena alam tersebut menjadi salah satu fenomena yang memang jarang sekali terjadi dan ada beberapa daerah yang nantinya bisa mengabadikan momen langka tersebut dikarenakan dipastikan akan sangat jelas di saat terjadinya gerhana bulan. Maka bagi kalian yang belum mengetahui daerah mana saja yang akan terlihat gerhana maka pada postingan kali ini kami akan memberikan informasinya.

Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dilihat di daerah Ini

Berikut adalah beberapa daerah yang dapat menyaksikan gerhana bulan seperti yang dikutip dari laman resmi BMKG di mana dituliskan apabila untuk gerhana kali ini dipastikan tidak bisa dilihat di semua wilayah di tanah air dikarenakan bulan masih dibawa opo dan belum terbit.

Akan tetapi ada beberapa daerah yang dipastikan akan sangat jelas melihat fenomena langka tersebut dimana untuk Puncak gerhana bulan sebagian akan terjadi pada jam 16.02.53 WIB / 17.02.53 WITA / 18.02.53 WIT jam dan untuk berakhirnya yaitu disesuaikan dengan daerah masing-masing.

Berikut adalah daftar daerah yang dapat menyaksikan fase Puncak gerhana bulan sebagian diantaranya adalah:

  • Provinsi Papua Barat kecuali yang ada di Kabupaten Kepulauan Raja Ampat
  • Hampir sebagian provinsi Maluku akan melihat fenomena tersebut.

Selanjutnya untuk fase akhir gerhana bulan akan terjadi pada jam 16.47.23 WIB / 17.47.23 WITA / 18.47.23 WIT. Dan selanjutnya beberapa daerah yang dapat menyaksikan fase akhir dari gerhana ini diantaranya adalah:

  • Seluruh wilayah yang ada di pulau Papua
  • Kepulauan Maluku
  • Sulawesi
  • Kalimantan
  • Nusa Tenggara
  • Pulau Madura
  • Bali
  • Jawa akan tetapi beberapa wilayah berikut dipastikan tidak akan melihat diantaranya adalah provinsi Banten, provinsi DKI Jakarta, kota Bekasi, kabupaten Bekasi, kota Bogor kabupaten Bogor, sukabumi, cianjur, kota Depok, kota Bandung, kota Cimahi, dan kabupaten Bandung Barat.
  • Provinsi Kepulauan Riau diantaranya kepulauan Natuna dan kepulauan Anambas
  • Provinsi Bangka Belitung kecuali Bangka Barat.

Negara yang bisa melihat gerhana bulan

Ternyata untuk gerhana bulan sebagian yang akan terjadi pada tanggal 19 november bisa dilihat di beberapa negara selain negara Indonesia di antaranya adalah Amerika Serikat, negara Kanada, rusia bagian timur, dan Meksiko.

Selanjutnya untuk proses gerhana ketika bulan terbit bisa diamati di sebagian besar Asia dan Australia dan untuk proses gerhana di saat bulan terbenam bisa diamati di sebagian besar Eropa yang ada di bagian barat selanjutnya Bagian kecil Afrika bagian barat sampai Amerika Serikat.

Namun untuk gerhana kali ini tidak bisa diamati di Asia bagian barat sebagian besar yaitu Afrika dan Eropa bagian timur.

Untuk gerhana bulan sebagian biasanya terjadi ketika sebagian piringan bulan akan masuk ke Umbra atau bayangan utama bumi sehingga hal tersebut mengakibatkan bulan akan terlihat berwarna gelap sedikit berwarna kemerahan ketika memasuki Puncak gerhana terjadi.

Jadwal gerhana bulan 2021

Berikut ini adalah jadwal akan adanya gerhana bulan di tahun ini terutama yang sudah terjadi yaitu gerhana bulan total yang terjadi pada tanggal 26 Mei dan bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia dan selanjutnya yang akan datang yaitu gerhana bulan sebagian yang jatuh pada tanggal 19 November dan ini pun bisa diamati dari Indonesia.

Selanjutnya untuk gerhana bulan sebagian di tahun ini dipastikan terjadi gerhana paling lama dan menjadi fenomena langka apalagi menjadi gerhana ke-45 untuk seri saros 126.

Siklus saros merupakan siklus gerhana yang durasinya mempunyai rata-rata 18 tahun 11 hari dan 8 jam dan terpaut sebesar 223 lunasi atau siklus sinodis bulan dan dipastikan menjadi gerhana terlama.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *