Kelebihan Sirkuit Mandalika Yang jarang Diketahui

  • Bagikan
Sirkuit Mandalika
Sirkuit Mandalika

HARIAN.ID – Kelebihan Sirkuit Mandalika Yang jarang Diketahui Sirkuit Mandalika saat ini menjadi perbincangan warganet dan menjadi sorotan publik Apalagi setelah diresmikan oleh Presiden Jokowi dengan mengendarai sepeda motor kesayangan. Diketahui apabila sirkuit ini menjadi sirkuit terbaru di Indonesia dan menjadi satu-satunya sirkuit yang dipastikan akan digunakan untuk perlombaan dengan skala internasional.

Sirkuit Mandalika mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan beberapa sirkuit yang ada di Indonesia sehingga tidak salah apabila sirkuit terbaru ini menjadi sebuah kenangan berharga dari Presiden Jokowi untuk Indonesia dikarenakan akan menjadi salah satu sirkuit yang dipakai untuk ajang perlombaan dengan skala internasional.

Sirkuit ini dikabarkan dalam waktu dekat akan dipakai ajang World Superbike mandalika 2021 dan selanjutnya sirkuit ini pun direncanakan akan dipakai untuk ajang balapan MotoGP di tahun yang akan datang yaitu pada tanggal 20 Maret 2022.

Kelebihan sirkuit Mandalika

Berikut adalah beberapa kelebihan yang mungkin belum Anda ketahui tentang sirkuit ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Teknologi aspal terbaru

Sirkuit Mandalika pada tanggal 15 November 2021 dibuat memakai teknologi aspal terbaru yaitu disebut dengan Stone mastic Asphalt di mana dengan adanya teknologi ini makasih quit Mandalika sangat pantas disebut seimbang dengan sirkuit Sepang Malaysia.

Bahan aspal yang digunakan terbuat dari partikel yang tidak terlalu rapat atau tidak terlalu jarang sehingga permukaannya akan sangat rata dan dipastikan akan awet walaupun digunakan sampai 5 tahun lamanya.

Pemandangan alam yang eksotis

Sirkuit ini ada di daerah kawasan di Mandalika yaitu kawasan destinasi pariwisata kelas dunia yang dekat sekali dengan area laut sehingga nantinya Setiap tikungan dari sirkuit ini mempunyai pemandangan alam yang sangat eksotis dengan landscape bibir pantai dan juga perbukitan yang sangat Asri.

Selanjutnya sirkuit ini mempunyai panjang mencapai 4.310 meter dan selanjutnya dilengkapi sebanyak 17 tikungan dan mempunyai luas sampai 120 hektar.

Fasilitas super lengkap

Selanjutnya sirkuit Mandalika mempunyai fasilitas yang sangat lengkap diantaranya adalah terowongan, selanjutnya pusat kontrol balapan sampai pusat kesehatan dan selanjutnya sirkuit ini dilengkapi dengan area pendaratan helikopter.

Kapasitas penonton sampai 138.000

Yang paling unik kapasitas dari tempat balapan ini yaitu bisa menampung sampai 138000 orang diantaranya untuk Grand setting Street Circuit mencapai 50.000 tempat duduk dan selanjutnya untuk non seated area menampung 138000 orang dan juga menampung penonton di Hospitality Suites berkapasitas 7700.

Pembangunan sirkuit tercepat di dunia

Ternyata yang paling unik dari sirkuit ini dan menjadi kelebihan tersendiri yaitu seperti yang diungkapkan oleh Direktur PT Indonesia Tourism Development Corporation apabila sirkuit Mandalika untuk pengerjaannya paling cepat di dunia yaitu awal pembuatan pada tanggal 15 Juni 2020 dan selanjutnya bisa selesai pada tanggal 15 Agustus 2021 atau hanya membutuhkan waktu 1 tahun lebih 1 bulan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *