Tips dan Ciri Pinjol Ilegal Supaya Terhindar Dari Kerugian

  • Bagikan
Ciri Pinjol Ilegal
Ciri Pinjol Ilegal

HARIAN.ID – Tips dan Ciri Pinjol Ilegal Supaya Terhindar Dari Kerugian Seperti diketahui, apabila keberadaan pinjaman online alias pinjol sekarang ini semakin marak di tengah masyarakat apalagi di tengah pandemi dimana pertumbuhan ekonomi yang sedikit menurun Sehingga membuat Banyak masyarakat membutuhkan uang dan akhirnya mereka pun meminjam uang melalui pinjol. Padahal harus anda ketahui, apabila pinjaman online ada yang legal dan juga ada pinjol ilegal sehingga harus kalian waspadai dan mengetahui tips dan ciri pinjol ilegal dengan tujuan agar terhindar dari kerugian.

Ciri pinjol ilegal sepertinya tidaklah sulit untuk di bedakan dengan pinjaman online yang legal yang sudah telah terdaftar pada instansi pemerintah seperti OJK. Akan tetapi dikarenakan Banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya maka sampai saat ini banyak dari masyarakat yang tertipu dan mengalami kerugian besar akibat mereka meminjam uang melalui pinjol apalagi mereka tidak mengetahui apakah pinjol tersebut mempunyai izin atau tidak.

Malahan belakangan ini banyak sekali masyarakat yang terjerat bunga tinggi yang ditawarkan oleh pinjol ilegal sehingga hal tersebut malah membuat mereka kerepotan ketika ingin membayarnya dan oleh karena itu, pihak kepolisian yang banyak mendengar pengaduan langsung melakukan investigasi dan belakangan banyak terkuat adanya pinjaman online yang memang ilegal dan merugikan masyarakat.

Menurut tongam L Tobing selaku kepala Satgas waspada investasi Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Apabila perusahaan fintech peer to peer lending yang legal dipastikan sudah terdaftar di OJK dan selanjutnya bisa di cek melalui website OJK atau melalui telepon ke nomor 157 dan yang paling mudah yaitu memesan melalui WhatsApp ke nomor 081157157157.

Dari pengakuan pihak OJK di tahun 2021 terdapat sebanyak 19.711 pengaduan dari berbagai elemen masyarakat tentang ulah pinjaman online ilegal dimana pembagiannya sebanyak 9.270 kasus termasuk pelanggaran berat dan selanjutnya 10.441 termasuk pelanggaran ringan atau masih sedang.

Ciri Pinjol Ilegal

Berikut ini adalah beberapa ciri yang harus kalian perhatikan terkait pinjaman online ilegal yang pastinya harus diperhatikan oleh masyarakat diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pinjaman online ilegal dipastikan tidak terdaftar di OJK
  2. Tautan untuk mengunduh aplikasi biasanya dikirim melalui SMS atau dicantumkan melalui situs pelaku
  3. Persyaratan pinjaman sangat mudah hanya dengan ktp atau nomor rekening
  4. Kontak dan lokasi penyelenggara pinjol sangat tidak jelas
  5. Terdapat akses untuk seluruh data yang ada pada smartphone diantaranya kontak foto storage dan lain sebagainya
  6. Bunga biaya dan denda yang sangat tinggi dan sangat tidak transparan dan biasanya pinjaman online ilegal untuk masalah tersebut tidak terbatas dan tidak diinformasikan dengan jelas kepada calon peminjam
  7. Memakai modus transfer dana pinjaman tanpa memperoleh persetujuan korban terlebih dahulu
  8. Pinjol ilegal biasanya melakukan ancaman teror kekerasan selanjutnya penghinaan sampai pencemaran nama baik bahkan menyebarkan foto atau video pribadi dan biasanya data diambil waktu dipakai untuk teror dan selanjutnya dipakai untuk intimidasi saat penagihan.
  9. Tidak terdapat layanan pengaduan.

Cara cek legalitas pinjol

Bagi anda semua yang ingin melakukan pengecekan terhadap pinjaman online maka bisa melalui tiga cara berikut ini.

Melalui website OJK

Untuk cara pertama kalian bisa mengakses website OJK atau melalui link berikut ini: ojk.go.id dan selanjutnya kalian tiga memilih dibagian menu iknb setelah itu pilih di bagian sinteh yang ada di bawah kanan bawah dan selanjutnya akan terbuka daftar pinjaman online atau lembaga finansial teknologi yang memang sudah terdaftar di OJK.

Melalui WhatsApp

Untuk cara kedua menjadi cara yang sangat recommended dikarenakan tidak harus ribet yaitu kalian tinggal menghubungi nomor whatsApp resmi milik OJK berikut ini: 081-157-157-157

Setelah itu kalian tinggal mengetikkan nama pinjaman online yang ingin dilakukan pengecekan dan selanjutnya pilih kirim pesan lalu tinggal menunggu sampai bot selesai mengidentifikasi dan memberikan jawaban terkait status pinjol yang anda cari.

Melalui telepon

Kalian pun bisa menelpon untuk melakukan pengecekan pinjaman online Apakah legal atau ilegal ke nomor 157 atau kalian bisa mengirim email ke [email protected]

Cara mengadukan pinjol ilegal

Apabila anda mengetahui apa menjadi korban pinjaman online ilegal maka untuk mengadukan nya yaitu kalian bisa melaporkan ke pihak kepolisian dengan membuka website: https://patrolisiber.id/ atau kalian bisa mengirimkan email melalui email: [email protected]

Apabila ingin mengadukan ke pihak OJK cara menghubungi hotline 157 atau melalui WhatsApp 08115715715 atau melalui email [email protected]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *