Arti Lambang Pancasila Terlengkap Yang jarang Diketahui

  • Bagikan
Arti Lambang Pancasila IGditpsd
Arti Lambang Pancasila IGditpsd

HARIAN.ID – Arti Lambang Pancasila Terlengkap Yang jarang Diketahui Bagi anda semua yang belum mengetahui arti lambang Pancasila beserta keseluruhan gambar Garuda Pancasila, maka pada artikel kali ini kami akan membahasnya untuk anda semua dalam mengenal secara lengkap lambang ideologi yang dianut oleh Indonesia tersebut. Tujuan mengenal lambang Pancasila yaitu supaya memberikan penekanan supaya hidup berpegang teguh pada Pancasila agar bisa berjuang bersama NKRI.

Seperti dikutip dari laman badan pembinaan ideologi Pancasila lambang Pancasila menjadi lambang negara Indonesia dan selanjutnya Pancasila dijadikan sebagai pegangan hidup di Indonesia. Pancasila terdiri atas dua suku kata diantaranya Panca dan kata Sila dimana Panca mempunyai arti lima dan selanjutnya sila mempunyai arti dasar. Sehingga pengertian Pancasila adalah lima dasar dari negara kesatuan Republik Indonesia yang harus dipegang Teguh oleh masyarakat.

Selanjutnya Pancasila dicetuskan oleh Presiden Soekarno menjadi dasar negara Indonesia dan pertama kali dicetuskan pada tanggal 1 Juni 1945 dan selanjutnya Pancasila menjadi landasan utama dan sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila menjadi landasan dan ideologi bangsa Indonesia bukan hanya sebatas sebagai identitas dan juga simbol akan tetapi mencerminkan makna dan juga nilai luhur yang ada di dalamnya, sehingga sangat recommended untuk diketahui oleh orang terkait makna Pancasila.

Arti Lambang Pancasila

Lambang Pancasila adalah burung garuda dengan 5 perisai yang melambangkan setiap silanya mempunyai arti tertentu mulai dari sila pertama sampai sila kelima.

Makna lambang burung Garuda

Selanjutnya burung garuda mempunyai makna dengan melambangkan kekuatan dan gerak yang sangat dinamis hal tersebut terlihat dari sayapnya yang mengembang untuk siap terbang ke angkasa dan dengan sayapnya yang siap mengembang terbang ke angkasa tersebut, hal ini melambangkan terkait dinamika dan semangat menjunjung tinggi nama baik bangsa dan juga nama baik negara Indonesia.

Makna cengkraman kaki garuda

Apabila kalian melihat untuk area kaki burung garuda maka sedang mencengkram pita putih bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika dan ternyata hal ini mempunyai filosofi yang sangat keren yaitu kekuatan bangsa Indonesia yang berbeda suku agama budaya dan lain sebagainya harus dicengkeram dengan erat supaya tidak terlepas sehingga mempunyai filosofi persatuan dan kesatuan.

Makna warna emas pada burung garuda

Warna kuning emas ternyata melambangkan sebuah keagungan yang mempunyai arti bangsa Indonesia senantiasa menjunjung tinggi martabat bangsa yang bersifat luhur dan juga Agung sehingga bisa dipandang oleh dunia.

Makna lambang perisai

Perisai adalah lambang perjuangan dan juga lambang perlindungan dan biasanya perisai dipakai oleh para prajurit di saat ada di medan perang untuk bisa melindungi badannya dari serangan musuh dan selanjutnya garis lintang yang membagi area perisai menjadi sebuah ruang atas dan ruang bawah dan melambangkan garis khatulistiwa yang membelah kepulauan di Indonesia.

Sehingga makna lambang perisai yang ada pada burung garuda melambangkan perjuangan dan perlindungan yang terbagi menjadi 5 bagian dan masing-masing lima sila yang ada pada Pancasila.

Bunyi Pancasila

Selanjutnya di bawah ini adalah bunyi Pancasila yang ada pada setiap tameng diantaranya adalah:

Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Simbol gambar bintang

Simbol ini melambangkan sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa dan simbol bintang berwarna kuning tersebut mempunyai 5 sudut dengan latar belakang warna hitam di bagian tengah perisai yang mempunyai arti sebagai bangsa yang religius akan tetapi menghormati agama yang lain.

Simbol gambar rantai

Rantai yang ada pada Garuda Pancasila menjadi sila ke-2 kemanusiaan yang adil dan beradab dan melambangkan keterkaitan dan sambung-menyambung apabila bangsa Indonesia saling terkait erat selanjutnya bahu-membahu dan saling membutuhkan.

Simbol gambar pohon beringin

Berbicara tentang gambar beringin yaitu melambangkan sila ke-3 untuk persatuan Indonesia dimana pohon beringin sebagai tempat berteduh atau berlindung dan selanjutnya akar yang menjalar ke segala arah mempunyai arti apabila Indonesia mempunyai keberagaman suku bangsa akan tetapi tetap menyatu.

Simbol gambar kepala banteng

Kepala banteng berada pada sila ke-4 itu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dimana mempunyai arti sebagai tenaga rakyat yang dijadikan lambang.

Simbol gambar padi dan kapas

Selanjutnya padi dan kapas menjadi sila ke-5 untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia di mana lambang ini menjadi simbol pangan dan sandang yang menyiratkan apabila syarat utama negara yang adil yaitu mereka yang bisa mencapai kemakmuran dan kesejahteraan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.