Mengenal Fenomena Langka Nadir Kabah Terjadi Hari Ini

  • Bagikan
Nadir Kabah IGideapop.id
Nadir Kabah IGideapop.id

HARIAN.ID – Mengenal Fenomena Langka Nadir Kabah Terjadi Hari Ini Biasanya di penghujung bulan terjadi sebuah fenomena astronomi bernama Nadir Ka’bah dan biasanya untuk kali ini terjadi pada hari Senin 29 November di mana fenomena nadir Kabah menjadi fenomena langka astronomi terakhir di bulan November 2021 dan kebanyakan dari masyarakat kita belum mengetahui fenomena tersebut.

Nadir Kabah adalah sebuah fenomena langka astronomi yang terjadi di penghujung bulan dan untuk kali ini terjadi pada tanggal 29 November tepatnya hari Senin gimana fenomena ini sempat diungkapkan oleh pihak BRIN-Lapan belum lama ini kepada awak media.

Fenomena Nadir Ka’bah

BRIN-Lapan yaitu peneliti organisasi riset penerbangan dan antariksa yang biasa dikenal dengan sebutan LAPAN, sempat memberikan penjelasan tentang fenomena Nadir Ka’bah di mana Andi Pangerang menjelaskan jika fenomena ini menjadi fenomena langka yaitu nadhir Ka’bah terjadi di saat matahari berada tepat di bawah titik Nadir atau terbawah Saat tengah malam untuk pengamat yang berlokasi di area Ka’bah.

Nadir Kabah IGideapop.id
Nadir Kabah IGideapop.id

Dikarenakan bentuk bumi yang bulat maka matahari akan berada tepat diatas titik antipoda Ka’bah di saat tengah hari. Selanjutnya titik antipode adalah titik yang terletak di bagian belahan bumi dan berlawanan terhadap Ka’bah dan selanjutnya akibat fenomena tersebut, ujung bayangan matahari yang mengalami pagi siang dan sore akan mengarah ke kiblat.

Andi menuturkan apabila fenomena di Ka’bah biasanya terjadi dua kali dalam setahun dan selanjutnya di tahun 2021 ya itu terjadi pada tanggal 13 Januari dan selanjutnya pada tanggal 29 November atau tepat pada hari ini.

Selanjutnya dengan adanya fenomena tersebut maka penggunaan Nadir Ka’bah dalam meluruskan arah kiblat hanya dapat dilakukan di area wilayah di saat matahari ada di atas ufuk, sehingga oleh karena itu ada 3 Provinsi yang dapat melakukannya diantaranya provinsi Maluku Provinsi Papua Barat dan papua.

Penggunaan Narkoba untuk meluruskan arah kiblat dapat dilakukan di beberapa negara diantaranya Papua Nugini, sebagian besar Australia, selandia Baru, negara yang ada di oseania, amerika Serikat, kanada, amerika Tengah, sampai Amerika Selatan

Cara meluruskan arah kiblat

Selanjutnya menurut Andi untuk masyarakat yang ingin melakukan pengukuran kiblat maka mereka harus memastikan 3 hal berikut ini

Tegak lurus

Arti tegak lurus yaitu tongkat atau bandul harus diletakkan tegak lurus di permukaan bumi

Tepat waktu

Yaitu melihat penunjuk waktu yang harus terkalibrasi dengan baik dan pengukuran dilakukan pada waktu yang telah ditentukan

Rata

Pilihlah area yang rata atau Tempat untuk meletakkan benda atau jatuhnya bayangan matahari sehingga bisa lebih jelas.

Walaupun begitu untuk masalah pengukuran hanya bisa dilakukan 40 menit sebelum dan sesudah waktu yang telah ditentukan dikarenakan terdapat waktu toleransi 40 derajat Jika cuaca kurang mendukung untuk dilakukan pengukuran.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *