Sejarah Hari AIDS Sedunia 1 Desember dan Link Twibbon

  • Bagikan
Sejarah Hari AIDS Sedunia 1 Desember
Sejarah Hari AIDS Sedunia 1 Desember

HARIAN.ID – Sejarah Hari AIDS Sedunia 1 Desember dan Link Twibbon Memasuki bulan Desember ada beberapa hari besar yang dirayakan baik nasional ataupun internasional salah satunya pada tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari AIDS sedunia dimana AIDS adalah singkatan dari acquired immune deficiency syndrome dimana Penyakit ini menjadi salah satu penyakit mematikan yang sampai saat sekarang belum ada obatnya.

Hari AIDS sedunia mempunyai sejarah yang sangat panjang dikarenakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh tersebut memang sampai saat ini belum ada obatnya dan menjadi penyakit yang mengintai siapapun yang suka berhubungan seksual sembarangan atau melakukan hubungan intim diluar pernikahan.

Penyebab penyakit aids yaitu dikarenakan oleh virus HIV atau human immunodeficiency virus dimana berdasarkan catatan dari organisasi WHO sebanyak 1,5 juta orang setelah terinfeksi virus HIV pada tahun 2020 dan mengalami penambahan yaitu sebanyak 37,7 juta orang di berbagai wilayah dunia dengan HIV di tahun 2020.

Virus HIV masih menjadi salah satu epidemi terbesar di dunia untuk sekarang ini dan menjadi virus yang sangat mematikan dan sampai sekarang belum ada obatnya sehingga Who sangat memperhatikan masalah tersebut.

Sejarah Hari AIDS sedunia

Hari AIDS sedunia ternyata diinisiasi oleh seorang jurnalis bernama James Bunn yang belakangan beralih profesi dan bergabung bersama WHO dan tercatat pada tanggal 12 November 2020, dirinya bersama temannya yaitu Thomas Netter memutuskan apabila pada tanggal 1 Desember merupakan tanggal yang sangat ideal untuk merancang dan mengimplementasikan siaran seputar penyakit AIDS dan selanjutnya keduanya memahami tentang adanya kesenjangan media terhadap penyakit tersebut diantara agenda pemilihan presiden as yang berlangsung tahun 1988 dan juga peringatan hari Natal.

Selanjutnya hari AIDS sedunia pertama kali berfokus pada tema anak-anak dan remaja yang bertujuan meningkatkan kesadaran terkait dampak penyakit mematikan ini bagi keluarga dan bukan hanya kelompok yang biasa di stigmatisasi oleh para media di antaranya pria gay biseksual ataupun para pengguna narkoba suntik.

Selanjutnya inisiasi tersebut dilirik oleh program gabungan perserikatan bangsa-bangsa untuk HIV AIDS yaitu unaids di tahun 1996 peringatan Hari AIDS sedunia diambil alih oleh mereka.

Tema Hari AIDS sedunia 2021

Untuk tahun ini walaupun dunia sedang diserang dengan virus Corona akan tetapi mereka tidak melupakan adanya salah satu virus yang berbahaya yaitu virus HIV yang menjadi penyebab penyakit AIDS dan untuk tema yang digunakan di tahun 2021 menurut WHO yaitu mengusung tema berjudul: Akhiri ketimpangan dan akhiri AIDS.

Selanjutnya pihak Who meminta kepada para pemimpin negara dan warga dunia untuk bisa bersatu dalam menghadapi ketidak setaraan tersebut supaya bisa memerangi virus mematikan ini.

Kasus HIV pertama

Sampai saat ini penyakit mematikan HIV AIDS masih terus memakan banyak korban dan menjadi salah satu epidemi terbesar di dunia dan untuk sejarah mencatat apabila pertama kali Penyakit ini ditemukan di Amerika Serikat tepatnya pada tahun 1981.

Link twibbon memperingati Hari AIDS sedunia

Berikut ini adalah beberapa Link twibbon dalam memperingati Hari AIDS sedunia yang bisa kalian gunakan di media sosial seperti Facebook sampai Instagram.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.