Mendaki Tanpa Ijin 3 Pendaki Hilang di Gunung Merbabu

  • Bagikan
Mendaki Tanpa Ijin 3 Pendaki Hilang Di Gunung Merbabu
Mendaki Tanpa Ijin 3 Pendaki Hilang Di Gunung Merbabu

HARIAN.ID – Mendaki Tanpa Ijin 3 Pendaki Hilang di Gunung Merbabu Dikabarkan sampai saat ini tiga pendaki yang berasal dari Ukraina hilang di Gunung Merbabu dan diketahui Apabila mereka dikabarkan tidak meminta izin terlebih dahulu dan selanjutnya pergi mendaki melalui jalur Selo kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Hilangnya ketiga pendaki tersebut langsung menjadi perbincangan dan pemberitaan media lokal dikarenakan sampai saat ini masih belum diketahui keberadaannya.

Kabar terbaru 3 pendaki asal negara Ukraina yang hilang saat mendaki gunung Merbabu tanpa izin langsung menjadi pemberitaan populer dan sangat disayangkan apabila ketiga pendaki ini ternyata mengambil jarul daerah Selo yang ada di Kabupaten Boyolali padahal diketahui jika jalur tersebut sampai sekarang ini masih ditutup untuk pendakian.

Menurut Junita Parjanti selaku kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu apabila ketiga pendaki ini melakukan pendakian yaitu pada hari sabtu 4 Desember pada pagi hari jam 5. Selanjutnya untuk kedatangan mereka melalui jalur Selo terpantau dari beberapa kamera CCTV dan ketiganya diketahui memakai dua unit sepeda motor dari arah kota Semarang.

Mendaki Tanpa Ijin 3 Pendaki Hilang Di Gunung Merbabu
Mendaki Tanpa Ijin 3 Pendaki Hilang Di Gunung Merbabu

Selanjutnya ketiga pendaki tersebut melakukan pendakian Gunung Merbabu tanpa membawa perbekalan pada umumnya yang biasa dibawa oleh para pendaki dan selanjutnya semua pendaki diketahui berjenis kelamin lelaki dengan perkiraan usia 37 tahun selanjutnya 31 tahun dan 60 tahun.

Ketiganya sampai di puncak gunung pada jam 10.30 WIB dan dikabarkan sempat berfoto selfie dengan pendaki yang naik dari jalur yang lain dan setelah itu ketiganya diketahui hilang tanpa jejak.

Mendaki Tanpa Ijin 3 Pendaki Hilang di Gunung Merbabu

Menurut Junita apabila salah seorang warga Ukraina yang saat itu ikut mendaki sempat hilang saat turun dari area Puncak tepatnya di Hm 25 dimana pendaki berusia 60 tahun terpeleset akan tetapi masih berusaha untuk melakukan penurunan dikarenakan jalannya pelan-pelan udah selanjutnya kedua pendaki yang lain mendahului dan ditinggalkan.

Sampai di HM 22 di tunggu sekitar 40 menit akan tetapi pendaki berusia 60 tahun ini masih belum datang dan selanjutnya cari orang tersebut ternyata sudah tidak ada keberadaannya.

Dikarenakan ditarik temannya sudah hilang selanjutnya kedua pendaki asal Ukraina turun ke basecamp pendakian Selo untuk meminta pertolongan dan mereka datang sekitar jam 17.00 WIB dan selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Selo dan pada jam 20.00 WIB 2 kru tim SAR relawan naik ke gunung Merbabu sampai jam 10.00 WIB akan tetapi tidak ditemukan di lokasi awal dan selanjutnya tim SAR menyisir ke Blok Tulangan dan mereka membuat sekat bakar.

Ketika tim SAR membuat sekat bakar akhirnya mereka menemukan pendaki berusia 60 tahun asal Ukraina yang hilang tersebut dalam kondisi kedinginan di belakang semak dan dipastikan dalam keadaan selamat. Tim SAR membawa pendaki tersebut turun pada hari Minggu 5 Desember dan selanjutnya untuk masalah ini Tengah diproses di kantor polisi.

Jalur pendakian di Merbabu sebetulnya sudah ditutup untuk didaki terutama untuk jalur pendakian Selo dan oleh karena itu menurut Junita dirinya sangat mengharapkan kepada masyarakat atau para pendaki untuk tidak melakukan pendakian melalui jalur ini dikarenakan bisa berbahaya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *