Fakta Gempa Terkini Jember Yang Terjadi Hari Ini

  • Bagikan
Gempa Terkini Jember
Gempa Terkini Jember

HARIAN.ID – Fakta Gempa Terkini Jember Yang Terjadi Hari Ini Gempa hari ini terjadi di kota Jember dimana tempat tersebut langsung menjadi trending Google dikarenakan terjadi di beberapa daerah terutama yang ada di Kabupaten Jember Jawa Timur dan hal tersebut diungkapkan melalui akun media sosial BMKG belum lama ini. Gempa jember berkekuatan magnitudo sebesar 5.1 yang langsung mengguncang wilayah yang ada di Jawa Timur dan terjadinya yaitu pada jam 6.01 wIB.

Gempa terkini Jember yang terjadi pada hari ini langsung diberitakan oleh pihak BMKG melalui akun twitter resmi mereka @infoBMKG dimana pada Akun tersebut dijelaskan secara rinci terkait magnitudo sampai waktu terjadi gempa apa di kota yang ada di Jawa Timur tersebut.

Fakta gempa terkini jember

Berikut adalah beberapa fakta yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber di internet terkait Gempa yang terjadi pada hari ini di Kota Jember yang ada di Jawa Timur.

Tidak berpotensi tsunami

Dari informasi BMKG apabila Gempa yang terjadi pada hari ini di Kota Jember dengan magnitudo 5.1 dan kedalaman 10 km selanjutnya Lokasi gempa berada di 8.55 Lintang Selatan, 113.49 Bujur Timur atau sekitar 42 kilometer Barat Daya Jember Jawa Timur dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Selanjutnya pihak BMKG langsung memutakhirkan kekuatan gempa Jember dan menurut kepala pusat gempa bumi dan tsunami BMKG yaitu Bambang Setyo Prayitno mengungkapkan apabila episenter gempa terjadi pada koordinat 8,55° LS dan 113,48° BT dan lokasinya di laut dengan jarak 43 km arah barat daya Kota Jember jawa Timur dengan kedalaman 26 km.

Daerah yang terbentang gempa

Gempa yang terjadi pada hari ini terutama pusat gempa berada di Kota Jember ternyata sempat mengguncang beberapa wilayah dan seperti dikutip dari situs resmi milik BMKG, berikut adalah beberapa wilayah yang sempat terguncang gempa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Denpasar
  2. Kuta
  3. Legian
  4. Banyuwangi
  5. Jimbaran
  6. Puger
  7. Karangkates
  8. Lumajang
  9. Bondowoso

Warga berhamburan keluar rumah

Akibat gempa yang terjadi terbilang lumayan Dahsyat dan dirasakan sampai di Banyuwangi ternyata masyarakat tersebut langsung berhamburan keluar rumah dikarenakan takut tertimpa bangunan dan juga beberapa aktivitas dari mereka sempat terhenti sejenak dikarenakan terkejut dengan getaran gempa yang sangat terasa.

Menurut salah Seorang warga asal Banyuwangi bernama dana, apabila dirinya ketika di dalam rumah ternyata langsung terasa getaran gempa sehingga Ia memutuskan untuk keluar rumah bersama keluarganya.

Menurutnya getaran gempa yang ia rasakan berlangsung tidak lama yaitu hanya sekitar 4 detik dan setelah ah itu dirinya kembali tenang dikarenakan guncangan gempa tidak lagi ia rasakan akan tetapi dirinya bersama keluarganya langsung kaget.

Rumah rusak ringan

Akibat gempa yang terjadi di kota Jember ternyata membuat atap dan tembok rumah warga langsung mengalami kerusakan ringan dan juga sedikit berat dan hal tersebut membuat penghuni kos yang ada di Cluster Tidar Asri kecamatan Sumbersari Jember langsung mengalami kepanikan.

Peristiwa gempa Jember Ternyata banyak berimbas pada kerusakan rumah warga yang ada di wilayah Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu dan sampai saat ini untuk data kerusakan rumah warga masih dilakukan pendataan oleh pihak pusdalops BPBD Jember.

Menurut Kholik Afandi salah seorang anggota TRC BPBD Jember apabila desa Sumberejo yang ada di Kecamatan Ambulu menjadi salah satu desa yang terkena dampak gempa Jember dimana beberapa rumah mengalami kerusakan ringan dan juga sedikit berat yaitu tembok rumah rusak dan atap yang juga rusak.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.