Kronologi Pasien Pertama Omicron di Indonesia

  • Bagikan
Pasien Pertama Omicron Di Indonesia IGthebulet.in
Pasien Pertama Omicron Di Indonesia IGthebulet.in

HARIAN.ID – Kronologi Pasien Pertama Omicron di Indonesia Seperti diketahui apabila jenis varian covid-19 yaitu varian omicron menjadi salah satu varian yang ditakuti oleh masyarakat yang ada di dunia dan oleh sebab itu Indonesia sudah melakukan antisipasi masuknya varian tersebut. Namun Sangat disayangkan, ternyata belum lama ini ada pasien pertama omicron di Indonesia dan diketahui apabila pasien ini sudah negatif covid-19 dan hal tersebut diungkapkan oleh Kemenkes.

Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam pengumuman dirinya kepada awak media tentang pasien pertama omicron di Indonesia apabila memang ada virus tersebut telah masuk ke tanah air dan hal ini menjadi kasus pertama dengan varian omicron akan tetapi untungnya pasien tersebut dikabarkan sudah negatif covid-19.

Diketahui menurut menteri Budi Gunadi Sadikin apabila kasus pertama varian omicron baru terdeteksi di Indonesia ya itu terjadi pada seorang petugas kebersihan yang biasa tugas di rumah sakit Wisma Atlet dan pertama kali varian ini terdeteksi yaitu dari 3 orang petugas kebersihan di Wisma Atlet dan selanjutnya pada 10 Desember mereka langsung dikirim ke balitbangkes untuk dilakukan genome sequencing.

Kronologi Pasien Pertama Omicron di Indonesia

Berikut adalah informasi kronologi pasien pertama yang terkena varian omicron di tanah air ia langsung menghebohkan dan menjadi trending Google.

Menurut Menkes bully apabila pasien pertama omikron adalah pekerja pembersih di rumah sakit Wisma Atlet yang ada di Jakarta berinisial n dan selanjutnya sudah dikarantina di Wisma atlet.

Pada tanggal 8 Desember 3 orang pekerja di Wisma Atlet dinyatakan positif covid 19 tanpa mengalami gejala apapun dan selanjutnya ketiganya langsung dikarantina lokasi Wisma Atlet.

Selanjutnya pada tanggal 10 Desember sampel dari ketiga pasien Dikirim kepada pihak Kementerian Kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut Apakah memang terkena varian omicron atau tidak

Selanjutnya pada tanggal 15 Desember dari hasil tes sampel ternyata 3 pasien terdapat 1 pasien yang positif covid 19 dengan varian omicron yaitu petugas kebersihan berinisial n.

Pada tanggal 16 desember ketiga pasien dinyatakan negatif dan Hal ini berdasarkan hasil tes PCR yang kedua kalinya.

Dari pengakuan pihak terkait dari ketiga pekerja Wisma Atlet yang memang positif covid 19 dipastikan tidak menunjukkan gejala apapun termasuk pasien pertama yang mengalami varian omicron yang bisa dikatakan mirip dengan orang tanpa gejala atau OTG.

Menurut menteri Budi apabila mereka masih sehat tidak ada demam selanjutnya tidak ada batu lalu mereka bertiga sudah dilakukan tes PCR kembali hasil tes 3 hari berikutnya dan tes PCR sudah negatif.

Selain menghubungkan terkait kronologi terjadinya varian terbaru menkes Budi mengungkapkan terdapat 5 kasus probable unicron yang terjadi di Indonesia diantaranya 2 kasus warga negara Indonesia yang baru pulang dari Amerika Serikat dan juga Inggris dan mereka telah diisolasi di Wisma Atlet.

Selanjutnya probable omicron terjadi pada tiga kasus warga negara asing Tiongkok yang datang ke Manado dan ketiganya telah diisolasi di Manado dan dipastikan 5 kasus tersebut adalah kasus probable omicron dikarenakan tes PCR kepada semua pasien dilakukan dengan khusus dan untuk sampah nya sendiri telah dikirim ke Badan Litbang kesehatan dan tengah dilakukan tes wgs.

Menurut Kemenkes hasil sampel pengetesan ini nantinya akan segera diketahui dalam waktu dekat dan diharapkan Dalam 3 hari kedepan hasilnya Tengah bisa dikonfirmasi apakah kasus omicron atau kasus covid 19.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.