Cara Mengecek Penerima Bansos PKH Tahap 4 Bulan Desember 2021

  • Bagikan
Cara Mengecek Penerima Bansos PKH Tahap 4
Cara Mengecek Penerima Bansos PKH Tahap 4

HARIAN.ID – Cara Mengecek Penerima Bansos PKH Tahap 4 Bulan Desember 2021 Bagi anda semua yang termasuk penerima Bansos PKH maka di bulan Desember 2021, anda bisa kembali mendapatkan bansos PKH tahap 4 dan untuk cara cek penerima Bansos PKH tahap 4 bulan Desember 2021 anda bisa melakukan pengecekan melalui website cekbansos.kemensos.go.id. Pasalnya website ini menyediakan layanan pengecekan bagi para penerima Bansos yang memang sudah didata oleh pemerintah setempat.

Cara mengecek penerima Bansos PKH tahap 4 bulan Desember 2021 tidaklah sulit untuk dilakukan di mana program keluarga harapan atau dikenal dengan PKH memang akan terus diberikan oleh pemerintah sebagai program pemberian bantuan Bersyarat kepada keluarga kurang mampu yang sudah terdapat di data terpadu kesejahteraan sosial atau DTKS.

Selanjutnya rencana penyaluran bantuan akan dilakukan setiap 3 bulan dalam tiap tahun dan untuk bulan Desember seperti saat ini penyaluran bantuan sudah memasuki tahap 4 seperti yang diinformasikan oleh pemerintah melalui akun Instagram @kemensosri.

Cara Mengecek Penerima Bansos PKH Tahap 4

Bagi kalian semua melakukan pengecekan apakah mendapatkan Bansos PKH ataukah tidak, maka untuk mengeceknya bisa dengan cara berikut ini.

  1. Silakan kalian login ke website: cekbansos.kemensos.go.id
  2. Selanjutnya silakan Masukkan alamat setelah itu provinsi kabupaten kota kecamatan dan desa atau kelurahan di kolom yang telah disediakan
  3. Silakan Masukkan nama lengkap sesuai dengan KTP
  4. Setelah itu masukkan kode dalam kolom
  5. Apabila tidak jelas huruf kode anda tinggal memilih icon reload untuk memperoleh kode baru dan selanjutnya Anda tinggal menekan tombol cari data.
  6. Setelah menekan tombol cari data, maka akan muncul Siapakah yang mendapatkan pKH atau tidak Dan andapun bisa mengetahuinya dengan sangat cepat.

Pembagian tahapan penyaluran PKH

Pemerintah memastikan akan terus memberikan bantuan PKH bagi keluarga yang memang tidak mampu dengan beberapa tahapan dan untuk tahapannya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Untuk tahap pertama dana PKH akan dikeluarkan pada bulan Januari, februari, dan bulan Maret.
  • Untuk tahap kedua dana PKH akan dikeluarkan pada bulan april, mei dan bulan Juni.
  • Untuk tahap ketiga dana PKH akan dikeluarkan pada bulan Juli, agustus, dan September
  • Untuk tahap ke-4 dana PKH akan dikeluarkan pada bulan Oktober, november, dan Desember.

Kriteria keluarga penerima kPM PKH

Harus anda ketahui apabila keluarga masyarakat Indonesia yang bisa mendapatkan kriteria keluarga penerima manfaat PKH tidaklah sembarangan dikarenakan harus memenuhi kriteria berikut ini.

Komponen kesehatan

Untuk Komponen kesehatan yaitu kategori ibu hamil maksimal 2 kali kehamilan dan selanjutnya kategori anak usia dini yaitu usia 0 sampai 6 tahun maksimal 2 anak.

Komponen pendidikan

  1. Kategori anak SD atau MI sederajat yaitu anak usia 6 sampai 21 yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun
  2. Kategori anak SMP atau MTS sederajat atau anak usia 6 sampai 21 yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun
  3. Kategori anak SMA atau Ma sederajat atau anak usia 6 sampai 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun.

Komponen Kesejahteraan Sosial

  1. Kategori lanjut usia 70 tahun ke atas maksimal 1 orang dalam keluarga
  2. Kategori penyandang disabilitas berat maksimal 1 orang dan berada dalam keluarga penyandang disabilitas fisik dan juga penyandang disabilitas mental.

Besaran bantuan PKH

Selanjutnya harus anda ketahui apabila pemerintah memberikan bantuan dana PKH dengan besaran yang berbeda diantaranya adalah

  • Besaran PKH ibu hamil 3 juta pertahun
  • Besaran PKH anak usia 0 sampai 6 tahun 3 juta pertahun
  • Besaran PKH anak SD sederajat rp900.000 per tahun
  • Besaran PKH Anak SMP sederajat rp1.500.000 per tahun
  • Besaran PKH anak SMA sederajat 2 juta pertahun
  • Besaran PKH lanjut usia 70 tahun rp2.400.000 per tahun
  • Besaran PKH disabilitas rp2.400.000 per tahun.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.