Gus Yahya Cholil Staquf Resmi Menjadi Ketua Umum PBNU

  • Bagikan
Yahya Cholil Staquf
Yahya Cholil Staquf

HARIAN.ID – Gus Yahya Cholil Staquf Resmi Menjadi Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil staquf alias Gus Yahya resmi terpilih sebagai ketua umum pengurus besar Nahdlatul Ulama untuk masa jabatan 2021-2026 pada Muktamar ke 34 nahdlatul Ulama yang berlangsung di Lampung pada hari Jumat 24 Desember 2021. Gus Yahya Cholil Staquf Resmi menjadi ketu a PBNU terpilih setelah dirinya mengalahkan ketua umum PBNU pertahanan yaitu KH Said Aqil Siroj dalam Muktamar tersebut.

KH Yahya Cholil staquf adalah sosok yang memang sangat berpengaruh di tubuh Nahdlatul Ulama dan hampir sama dengan pengaruhnya KH Said Aqil Siroj sehingga kedua tokoh besar NU tersebut yang hanya bisa maju dalam pemilihan akan tetapi untuk gus Yahya ya bisa mendapatkan suara terbanyak yaitu memperoleh 337 suara dan mengalahkan pertahanan said Aqil Siroj yang saat itu hanya bisa mendapatkan 210 suara.

Gus Yahya Cholil Staquf Resmi Menjadi Ketua Umum PBNU

Melalui keterangan laman YouTube TV NU di sana dijelaskan dari 548 suara yang resmi masuk untuk Said Aqil Siroj mendapatkan 210 suara dan selanjutnya untuk Yahya Cholil staquf mendapatkan 337 suara dan selanjutnya suara satu orang batal.

Kedua tokoh besar NU tersebut melaju ke pemilihan ketua umum PBNU pada Muktamar Nu ke 34 usai keduanya memenuhi persyaratan minimal dukungan 99 suara dari Para pemilik hak suara atau muktamir dan berdasarkan hasil pemungutan suara yang telah dilakukan secara damai semenjak hari Jumat dini hari akhirnya gus Yahya mendapatkan 327 suara dan bisa mengalahkan kH Said Aqil Siroj.

Selain suara kepada Yahya dan Said suara juga mengalir ke-3 bakal calon yang lain yaitu Asad Said Ali dengan memperoleh 17 suara, marzuki Mustamar memperoleh 2 suara dan Ramadan Boayo mendapatkan 1 suara.

Selanjutnya ada satu suara yang dianggap absen dan satu suara yang dianggap batal dan untuk hasil muktamar selain ketua umum PBNU sebelumnya terlebih dahulu menetapkan sosok KH Miftahul Akhyar sebagai Rais am PBNU untuk masa jabatan 2021-2026.

KH Miftachul Akhyar yang juga berprofesi sebagai ketua MUI resmi terpilih berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat tim ahlil halli Wal aqdi yang didalamnya terdiri dari 9 Kyai sepuh NU.

Profil KH Yahya Cholil staquf

Seperti diketahui apabila gus Yahya adalah kakak dari yaqut Cholil qoumas yang sekarang ini menjabat sebagai Menteri Agama Republik Indonesia dimana keduanya adalah putra Kholil Bisri yaitu kiai yang juga aktif dalam Kancah perpolitikan nasional ia sempat menjadi mantan Wakil Ketua MPR dan menjadi salah satu pendiri partai kebangkitan bangsa.

Presiden Jokowi sempat melantik gus Yahya menjadi salah seorang anggota dewan pertimbangan Presiden pada tanggal 31 Mei 2018 dan sebelumnya Gus Yahya pernah menjadi juru bicara Abdurrahman Wahid alias Gus Dur Presiden ke-4 indonesia.

Gus Yahya lahir di Rembang Jawa Tengah pada tanggal 16 Februari 1966 dimana beliau adalah santri asli atau lahir dari garisan keturunan Santri dan tumbuh di lingkungan pesantren sehingga dipastikan sangat kental.

Selanjutnya Gus Yahya sempat berguru kepada KH Ali Maksum Madrasah Al Munawwir Krapyak jogjakarta dan setelah itu memasuki usia kuliah dirinya melanjutkan studi di fisipol Universitas Gadjah Mada dan nama Yahya sempat mendapatkan kontroversi dikarenakan memenuhi undangan untuk pergi ke Israel yang dilayangkan American Jewish komite global forum tahun 2018 Silam.

Langkah yang dilakukan oleh Gus Yahya memang sangat tidak disetujui oleh banyak orang karena dianggap tidak selaras dengan komitmen terhadap kemerdekaan negara Palestina.

Selanjutnya Gus Yahya pada akhirnya terpilih menjadi ketua umum PBNU dalam Muktamar ke 34 nahdlatul Ulama setelah dirinya memenuhi persyaratan minimal mendapatkan dukungan 99 suara dari para muktamir dan ia pun berhasil mengalahkan KH Said Aqil Siroj.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.