Cara dan Syarat Membuat KTP Elektronik Terbaru 2022

  • Bagikan
Membuat KTP Elektronik
Membuat KTP Elektronik

HARIAN.ID – Cara dan Syarat Membuat KTP Elektronik Terbaru 2022 Memasuki tahun baru 2022 maka bagi Anda yang saat ini ingin membuat KTP elektronik alias e-ktp, maka ada beberapa cara yang harus anda ketahui dan selanjutnya ada beberapa persyaratan yang harus anda kumpulkan terlebih dahulu sebelum nantinya mendaftarkan diri dalam pembuatan KTP elektronik.

Cara dan syarat membuat KTP elektronik terbaru 2022 masih sama dengan waktu lalu di mana pembuatannya sebetulnya tidak begitu sulit asalkan persyaratan dalam pembuatan KTP elektronik bisa ada pergi. Harus anda ketahui apabila Kartu Tanda Penduduk elektronik adalah tanda pengenal yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Syarat membuat KTP elektronik

Apabila Anda masih belum mengetahui apa saja persyaratan yang harus anda kumpulkan untuk pembuatan KTP elektronik alias e-ktp, maka berikut adalah persyaratan yang wajib harus ada terlebih dahulu.

Untuk persyaratan awal pastinya Anda harus berusia 17 tahun dikarenakan menjadi syarat awal dalam pembuatan KTP elektronik dan untuk syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Silakan Anda datang ke Kecamatan masing-masing
  2. Anda harus berusia 17 tahun
  3. Bawalah fotokopi kartu keluarga
  4. Silakan anda melakukan perekaman biometrik diantaranya iris mata, selanjutnya sidik jari, tanda tangan, dan foto wajah.
  5. Anda harus membawa surat keterangan pindah dari kota asal apabila bukan asli warga setempat
  6. Untuk surat keterangan pindah dari luar negeri atau surat tersebut harus diterbitkan oleh instansi pelaksana bagi WNI yang datang dari luar negeri Karena pindah.

Cara membuat KTP elektronik

Setelah anda mengetahui apa saja persyaratan yang harus anda lakukan, maka berikut ini adalah langkah untuk membuat e-ktp sangat mudah dan tidak sulit.

  1. Silakan Anda memastikan Kelurahan atau Desa anda sudah mendukung layanan KTP elektronik dan apabila belum Anda bisa datang ke Kecamatan.
  2. Anda bisa datang dengan membawa fotokopi kartu keluarga dan surat pengantar dari rt ataupun RW dan desa setempat
  3. Silakan mengambil nomor antrian di loket selanjutnya tunggu sampai dipanggil oleh petugas dan jangan lupa untuk membawa surat panggilan dalam pembuatan e-ktp dari pemerintah setempat
  4. Petugas akan memasukkan data dan foto Anda secara digital sehingga pastikanlah untuk membandingkan data anda dengan data di KTP anda dan jika belum pernah mempunyai KTP maka isi formulir f101
  5. Silakan Anda membubuhkan tanda tangan di alat perekam tanda tangan dan jangan lupa memastikan tanda tangan tidak berubah dikarenakan nantinya bisa menyulitkan apabila tidak sama dengan dokumen lain diantaranya SIM paspor dan lainnya.
  6. Silakan lakukan pemindaian retina pada alat yang sudah disediakan
  7. Pastikanlah surat panggilan Anda nantinya akan ditandatangani dan distempel oleh petugas yang berwenang
  8. Terakhir Anda tinggal menunggu proses pencetakan sekitar dua minggu lamanya dan apabila KTP elektronik sudah selesai dicetak biasanya anda akan diberitahukan dan selanjutnya bisa diambil di Kecamatan atau Desa setempat.

Penerbitan KTP yang hilang

Apabila anda sudah mempunyai KTP elektronik akan tetapi KTP Anda hilang maka biasanya harus mengajukan pembuatan KTP baru dan untuk caranya adalah sebagai berikut.

  1. Silakan Anda membuat surat keterangan kehilangan KTP di Kantor Polisi terdekat
  2. Silakan Anda mempersiapkan fotokopi kartu Keluarga dan KTP lama jika ada
  3. Bahwa semua dokumen yang memang dibutuhkan ke kantor dukcapil yang ada di kota Anda
  4. Selanjutnya silakan mengisi formulir penerbitan KTP elektronik
  5. Berikan semua berkas yang sudah anda bawa dan isi ke tugas dukcapil dan nantinya petugas dukcapil akan mencetak KTP baru yang sama dengan KTP yang hilang.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.