Jelang Tahun Politik Kapolri Minta Polisi Menjaga Persatuan

  • Bagikan
Listyo Sigit Prabowo
Listyo Sigit Prabowo

HARIAN.ID – Jelang Tahun Politik Kapolri Minta Polisi Menjaga Persatuan Jenderal Listyo Sigit Prabowo selaku Kapolri sangat mengharapkan kepada semua jajaran kepolisian agar menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia jelang tahun politik yang memang saat ini tengah menghangat supaya hal ini bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat di Indonesia.

Menurut Jenderal Listyo Sigit Prabowo apabila tahun politik pemilu legislatif dan pemilu presiden juga Pemilu Pilkada akan berlangsung pada tahun 2024 dan hanya menunggu 2 tahun saja sehingga hal ini harus menjadi perhatian bagi jajaran Kepolisian untuk menjaga persatuan.

Kapolri menyampaikan permintaan tersebut di saat dirinya memimpin upacara serah terima jabatan beberapa Kapolda naikkan pangkat untuk beberapa perwira di gedung rupatama Mabes Polri yang ada di Jakarta pada hari Rabu 29 Desember.

Jelang Tahun Politik Kapolri Minta Polisi Menjaga Persatuan

Menurut Jenderal Listyo demokrasi Pilkada merupakan bagian dari sebuah proses demokrasi yang pastinya wajib dilaksanakan sehingga menjadi sebuah pendidikan politik yang sangat sehat bukan mengakibatkan kondisi bangsa semakin terpecah belah.

Listyo Sigit Prabowo
Listyo Sigit Prabowo

Jendral Sigit menuturkan apabila pesta demokrasi yang akan berlangsung di Indonesia dalam 2 tahun yang akan datang harus berjalan secara aman dan damai sehingga dirinya menghimbau kepada semua jajaran pihak Kepolisian supaya membicarakan situasi terkait kesatuan beberapa tokoh masyarakat dan juga tokoh adat di daerah masing-masing.

Mantan Kapolda Banten tersebut menegaskan apabila tokoh adat tokoh agama dan tokoh masyarakat harus mempunyai komitmen jika demokrasi boleh jalan akan tetapi situasi dan pilihan berbeda tetap harus berlangsung secara kondusif dan menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan.

Selanjutnya baru Sigit dirinya sangat berharap juga kepada seluruh Kapolda untuk selalu serius dalam mengawasi jalur pintu masuk ke tanah air seperti bandara sampai pelabuhan dimana pengawasan ketat dalam masalah protokol kesehatan bisa mencegah penyebaran virus Corona yang memang saat ini masih berlangsung.

Selanjutnya Jenderal Sigit mendorong kepada kepolisian untuk melakukan pengawalan iklim investasi dan penggunaan anggaran pendapatan dan belanja negara di Indonesia dikarenakan hal tersebut merupakan salah satu pesan dari Presiden Jokowi kepada jajaran Polri.

Presiden Jokowi meminta kepada polisi untuk menghindari penghambat investasi dan selalu mengawal dan memastikan aman sampai betul-betul dari pemerintah dan juga untuk masalah perizinan harus memberikan pendampingan sehingga semua dapat dilengkapi dan UMKM bisa tumbuh bagus di tanah air.

  • Bagikan