Klarifikasi Polisi Bahar Bin Smith Jadi Tersangka Kasus Berita Bohong

  • Bagikan
Bahar Bin Smith
Bahar Bin Smith

HARIAN.ID – Klarifikasi Polisi Bahar Bin Smith Jadi Tersangka Kasus Berita Bohong Seperti diketahui apabila Bahar Smith alias Habib Bahar bin Smith resmi ditetapkan sebagai tersangka terkait berita bohong melalui video rekaman ceramahnya di daerah Margaasih Kabupaten Bandung. Dikarenakan banyaknya pro dan kontra terkait kasus tersebut Belum lama ini pihak kepolisian langsung memberikan klarifikasi Kenapa Bahar Smith dijerat dengan kasus berita bohong atau hoax.

Bahar bin Smith dan yang Mengunggah video resmi ditetapkan sebagai tersangka atas kasus berita hoax di mana dalam video rekaman ceramah Bahar Smith bertempat di Margaasih kabupaten Bandung terdapat unsur yang tidak sesuai dengan kenyataan sehingga masuk dalam kategori berita bohong.

Klarifikasi Polisi Bahar Bin Smith Jadi Tersangka Kasus Berita Bohong

Menurut pembelaan Ichwan Tuan Kota selaku kuasa hukum Bahar bin Smith apabila berita bohong yang diperkarakan dalam kasus Bahar tersebut yaitu terkait peristiwa KM 50 dan selanjutnya polisi pun kembali memberikan klarifikasi terkait masalah ini.

Pihak kepolisian Belum lama ini memberikan klarifikasi terkait penyebaran berita bohong atau berita hoax yang resmi menjerat Bahar bin Smith dan ditetapkan sebagai tersangka di mana menurut Kombes Pol Ibrahim Tompo selaku kepala bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Barat, dia menegaskan Apabila kasus tersebut berawal dari ceramah tersangka di Margaasih Kabupaten Bandung.

Pada konten tersebut dipastikan mengandung berita kebohongan dan sangat rawan menimbulkan keutamaan dan oleh karena itulah pihak kepolisian memberikan sanksi tegas dan diambil dengan adanya unsur pidana.

“Pada kontennya mengandung berita bohong dan sangat rawan menimbulkan keuangan dan ini bagian dari unsur pidana”, tegas Kombes Pol Tompo di mapolda Jawa Barat pada hari Selasa.

Selanjutnya rekaman video tersebut diunggah tersangka TR di akun YouTube miliknya dan selanjutnya dilihat oleh masyarakat salah satunya TNA yang menjadi pelapor dan melaporkan kasus tersebut kepada pihak BNN Polda Metro Jaya tanggal 17 Desember 2021.

Dikarenakan lokasinya berada di wilayah Jawa Barat Maka kasus ini pun langsung dilimpahkan kepada pihak Polda Jawa Barat dan selanjutnya Polda Jawa Barat menetapkan Bahar dan TR sebagai tersangka video ceramah yang didalamnya mengandung berita bohong terkait KM 50 dimana menurut pihak kepolisian ceramah tersebut bersifat projustisia sehingga tidak dipublikasikan.

Seperti diketahui pada kasus tersebut pihak penyidik sudah meminta keterangan sebanyak 33 saksi dan 19 saksi ahli sehingga total seluruh saksi yaitu sebanyak 52 orang dan juga Polisi menyita 12 item yang menjadi barang bukti.

Setelah pihak kepolisian Polda Jawa Barat melakukan penyelidikan akhirnya Bahar bin Smith dan TR ditetapkan sebagai tersangka atas kasus berita bohong alias berita hoax.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.