Cara Memanfaatkan dan Memaksimalkan Teknologi Informasi Saat Pandemi

  • Bagikan
Cara Memanfaatkan dan Memaksimalkan Teknologi Informasi Saat Pandemi

Cara Memanfaatkan dan Memaksimalkan Teknologi Informasi Saat Pandemi – Saat ini kita dekat dengan yang namanya teknologi informasi. Suka atau tidak suka harus mengikuti perkembangan zaman dan mempelajarinya, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini semuanya serba online dan digital.

Sebenarnya banyak cara memanfaatkan Teknologi Informasi, misalnya untuk pendidikan, sharing, UMKM, pekerjaan, kebutuhan gaya hidup, dan juga menyalurkan hobi. Simak pembahasan berikut.

Pemanfaatan teknologi untuk pendidikan sebenarnya sudah berjalan sebelum pandemi, namun belum optimal. Keterbatasan pengetahuan tentang TI menjadi tantangan terbesar di Indonesia, karena banyak sumber daya manusia yang belum siap menghadapi era digital.

Bukan hanya mahasiswa atau mahasiswa yang harus melek teknologi, tetapi guru dan dosen harus siap. Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan teknologi selama proses belajar mengajar di tengah pandemi adalah:

Peningkatan Kemampuan TI

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengupgrade skill IT kita guys. Jika kita memiliki keterampilan IT, maka kita akan lebih mudah menerima kemajuan teknologi dan mudah untuk memaksimalkan teknologi.

Apa yang Anda Ketahui tentang Teknologi Informasi?

Memanfaatkan Aplikasi Telekonferensi

Kedua, manfaatkan beberapa aplikasi teleconference agar proses belajar mengajar menjadi lebih nyata, meski hanya di dunia maya. Ada banyak aplikasi telekonferensi yang dapat digunakan dan sudah mendukung proses belajar mengajar.

Memaksimalkan Beberapa Platform dari Google

Cara menggunakannya sangat mudah, kita bisa mempelajarinya melalui beberapa tutorial yang tersedia. Jadi, dengan memaksimalkan keberadaan teknologi informasi, proses belajar mengajar di tengah pandemi ini tetap bisa dilakukan.

Memanfaatkan Teknologi untuk Berbagi

Pandemi membuat semua orang harus berdiam diri di rumah dan bekerja dari rumah, sehingga sangat tidak mungkin untuk pergi ke acara di luar rumah. Nah, ini juga kesempatan untuk membuat acara berbagi dengan memanfaatkan teknologi.

  • Instagram Langsung

Event pertama yang bisa kita lakukan adalah membuat event menggunakan fitur live di Instagram. Lakukan kolaborasi langsung dengan menghadirkan pembicara ahli untuk membahas sesuatu.

  • Webinar

Webinar adalah singkatan dari web seminar yang merupakan istilah baru yang digunakan untuk acara seminar online. Webinar memungkinkan siapa saja untuk mengambil bagian secara online. Kebanyakan webinar saat ini membahas tentang strategi pemasaran, sehingga sangat cocok dikembangkan untuk bisnis di masa pandemi seperti ini.

  • Media Sosial

Selain dua poin di atas, kita juga bisa berbagi melalui beberapa platform media sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, Blog, dan media sosial lainnya. Kita bisa berbagi informasi apapun yang bersifat positif dan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

Menerapkan Teknologi untuk Bekerja

Pekerjaan yang biasanya memiliki jam kantor juga berubah menjadi work from home, artinya kita dituntut untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dalam bekerja di rumah.

  • Gunakan Perangkat dan Platform yang Didukung

Hal utama yang bisa mempermudah pekerjaan selama WFH adalah menggunakan perangkat dan platform yang mendukung kinerja kita guys. Perangkat yang dimaksud adalah laptop, smartphone, tablet, atau perangkat lain yang mendukungnya.

  • Maksimalkan Koneksi Internet

Kedua, pilih koneksi internet yang cepat dan stabil, karena WFH tergantung koneksi internet yang digunakan. Upgrade kuota internet dan pilih provider yang terpercaya agar pekerjaan kita berjalan lancar.

  • Buat Tujuan Harian

Bekerja dari rumah bukan berarti kita malas, membuat target harian yang ingin dicapai dengan menggunakan fasilitas reminder di smartphone kita. Target harian memungkinkan kami menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Itulah pembahasan mengenai cara memanfaatkan Teknologi Informasi, semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *