Herry Wirawan Dituntut Hukuman Kebiri

  • Bagikan
Herry Wirawan Dituntut Hukuman Kebiri
Herry Wirawan Dituntut Hukuman Kebiri

HARIAN.ID – Herry Wirawan Dituntut Hukuman Kebiri Berita terbaru dari Herry Wirawan oknum guru pesantren yang memperkosa 13 santriwati dikabarkan dituntut dengan banyak sekali hukuman salah satunya adalah hukuman kebiri kimia dan tuntutan tersebut ternyata membuat banyak sekali pihak sangat setuju dikarenakan apa yang dilakukan oleh pria asal Garut ini sudah sangat keterlaluan.

Herry Wirawan dituntut banyak sekali hukuman salah satunya tuntutan kebiri kimia yang akan dilakukan pada guru Pesantren tersebut dan juga dibarengi dengan identitas terdakwa disebarkan dan selanjutnya membayar denda Rp500 Juta dan hal ini dengan tujuan supaya memberikan keadilan bagi masyarakat terutama pelaku dan korban.

Herry Wirawan Dituntut Hukuman Kebiri

Hukuman kebiri Heri Wirawan diungkapkan secara langsung oleh Kepala Kejati Jawa Barat yaitu Asep Mulyana saat ditemui awak media di Pengadilan Negeri Bandung jalan llre Martadinata pada hari Selasa 11 Januari.

Menurut Asep selain akan memberikan hukuman kebiri kepada tersangka pemerkosaan 13 santri akan tetapi mereka akan menjatuhkan dan meminta Hakim untuk menyebarluaskan identitas dari pelaku dan juga denda uang 500 juta Rupiah subsider satu tahun kurungan dan mewajibkan kepada terdakwa untuk membayar restitusi.

Malahan sosok oknum tersebut dituntut dengan hukuman mati akan tetapi kemungkinan semua hal bisa saja terjadi namun yang diharap hukuman kebiri bisa dilakukan pada Herry Wirawan.

Mekanisme hukuman kebiri

Berbicara tentang pemberian hukuman sendiri hal tersebut sudah diatur melalui PP no 70 tahun 2020 dimana advokat Taufik Nugroho menjelaskan apabila hukuman kebiri dapat dijatuhkan kepada pelaku kekerasan seksual jika sudah memenuhi kriteria.

  1. Pelaku terbukti melakukan tindakan kekerasan seksual pada anak di bawah umur 18 tahun
  2. Pelaku pernah menjalani hukuman atas perkara kekerasan seksual anak
  3. Pelaku melakukan kekerasan seksual lebih dari satu anak

Selanjutnya menurut Taufik apabila hukuman kebiri di Indonesia bukanlah seperti memotong alat vital pelaku akan tetapi hukuman kebiri dilakukan dengan cara menyuntikan zat kimia yang nantinya akan membuat pelaku kehilangan rasa Rasul dan hasrat seksual untuk seumur hidup.

Selain itu hukuman kebiri kimia biasanya dilakukan dalam jangka waktu maksimal 2 tahun sejak putusan ditetapkan oleh majelis hakim dan dalam 2 tahun setelah itu tidak dilakukan kembali kebiri kimia maka hasrat seksual pelaku dapat saja kembali.

Akan tetapi menurut Taufik dengan ditetapkannya pemberian hukuman kebiri maka dipastikan akan memberikan efek negatif bagi para pelaku bisa disfungsi ereksi sampai munculnya impoten akan tetapi hal ini disesuaikan dengan kondisi orang tersebut.

Selanjutnya menurut Taufik bagi para pelaku kekerasan seksual anak bukan hanya diberikan hukuman kebiri saja akan tetapi harus ditindak secara pidana dikenakan dalam UU perlindungan anak untuk pelaku kekerasan seksual terhadap anak bisa dijerat dengan hukuman penjara minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun.

Cara pelaksanaan hukuman kebiri kimia

Sesuai dengan PP Nomor 70 tahun 2020 sebelum pelaku di kebiri kimia maka ada beberapa tahapan yang akan dilakukan kepada si pelaku diantaranya adalah penilaian klinis selanjutnya kesimpulan dan terakhir pelaksanaan.

Untuk tahapan penilaian klinis pelaku akan melakukan wawancara klinis dan fisik Ciater selanjutnya pemeriksaan DC dan pemeriksaan penunjang dan biasanya tahapan tersebut akan dilakukan oleh tim yang terdiri dari petugas yang berkompetensi di bidang medis dan psikiatri.

Selanjutnya dilakukan proses kesimpulan dimana tahapan tersebut memuat hasil penilaian klinis untuk memastikan pelaku Apakah sangat layak untuk dilakukan hukuman kebiri kimia atau tidak Dan apabila dinyatakan layak maka pelaksanaan kebiri kimia bisa dilakukan.

Bagi pelaku yang sudah dilakukan hukuman kebiri maka biasanya mereka akan direhabilitasi dan Terdapat tiga jenis rehabilitas diantaranya rehabilitasi psikiatri, rehabilitasi sosial dan rehabilitasi medis dan untuk pelaksanaan rehabilitas tersebut dilakukan paling lambat 3 bulan setelah hukuman kebiri diberikan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *