Seragam Satpam Mirip Polisi Warna Akan Diubah Jadi Krem

  • Bagikan
Seragam Satpam Mirip Polisi
Seragam Satpam Mirip Polisi

HARIAN.ID – Seragam Satpam Mirip Polisi Warna Akan Diubah Jadi Krem Seperti diketahui apabila seragam satpam mirip polisi ternyata hal tersebut menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat sehingga dikabarkan supaya tidak terlalu mirip dengan polisi, satuan pengamanan atau Satpam untuk warnanya akan diubah menjadi warna krem dalam waktu dekat ini. Pasalnya seragam satpam warna coklat muda keabuan tersebut sangat membingungkan bagi sebagian orang dikarenakan terlalu mirip dengan seragam polisi.

Seragam satpam mirip polisi ternyata hal tersebut memang sangat membingungkan bagi masyarakat awam dikarenakan hampir mirip dengan baju polisi Sehingga dalam waktu dekat ini akan diubah menjadi warna krem dengan tujuan supaya tidak terlalu sama dengan baju polisi.

Seragam Satpam Mirip Polisi Warna Akan Diubah Jadi Krem

Warna seragam satpam yang sekarang ini yaitu warna coklat muda keabuan sehingga hampir mirip dengan seragam pihak Kepolisian dan hal tersebut merupakan warna perubahan dari warna sebelumnya yaitu biru tua dan dalam waktu dekat ini seragam akan kembali berubah warna dan perubahan tersebut sudah dibahas oleh pihak internal Kepolisian.

Menurut brigjen Ahmad Ramadan selaku Kepala Biro penerangan masyarakat Polri, apabila pihak kepolisian saat ini tengah membahas dan memproses pengkajian warna baju coklat muda yang akan berubah menjadi warna krem dan hal ini supaya tidak membuat bingung masyarakat karena baju satpam hampir mirip dengan polisi.

Malahan menurut pihak kepolisian mereka menilai apabila seragamnya untuk yang sekarang ini terlalu mirip dengan yang dipakai personel korps Bhayangkara sehingga menurut Ahmad seragam tersebut malah mengakibatkan kebingungan di tengah masyarakat.

Ahmad menegaskan apabila satpam adalah profesi yang mengemban fungsi Kepolisian terbatas sehingga diperlukan identitas tersendiri dan ciri khas tersendiri Yang pastinya harus berbeda dengan Polri sebagai institusi yang membina mereka.

Untuk masalah penyesuaian seragam satpam terutama warna krem diatur melalui peraturan kepolisian dengan nomor 4 tahun 2020 terkait pengamanan Swakarsa yang diundangkan pada tanggal 5 agustus 2020.

Selanjutnya apabila merujuk pada beleid Perkap 4/2020, ada sejumlah penyesuaian baru untuk anggota satpam sebut saja sekarang ini anggota satpam mempunyai kepangkatan berjenjang yang terbagi menjadi 3 golongan selanjutnya terdapat batas umur bagi anggota satpam untuk pensiun.

Seragam satpam sekarang ini memang dibuat menyerupai milik polisi yaitu didominasi dengan warna coklat dan mempunyai tanda kepangkatan sehingga proses perubahan seragam satpam masih digodok oleh pihak Kepolisian dan warna seragam satpam yang baru nantinya akan diperkenalkan di saat hari ulang tahun satpam dan selanjutnya akan diberlakukan dan disahkan untuk digunakan oleh satuan pengamanan.

Seperti diketahui sebelumnya dengan perubahan warna baju satpam yang mirip dengan warna baju polisi ternyata membuat Banyak masyarakat kebingungan sehingga supaya bisa mengubah perbedaan tersebut, polri berencana akan mengubah kembali warna dari seragam satuan pengamanan menjadi warna krem dan hal tersebut dilakukan usai seragam satpam yang semula warna biru diubah jadi coklat muda dan menimbulkan kan kebingungan di masyarakat.

  • Bagikan