32 Kali Susulan Gempa Banten, BMKG Berikan Peringatan

  • Bagikan
Gempa Banten
Gempa Banten

HARIAN.ID – 32 Kali Susulan Gempa Banten, BMKG Berikan Peringatan Usai Banten dilanda gempa bumi utama pada hari kemarin 14 Januari 2022, yaitu di wilayah sumur Banten ternyata gempa ini belum berakhir dikarenakan tercatat dari pihak BMKG terjadi gempa susulan sebanyak 32 kali dan hal ini langsung membuat BMKG memberikan peringatan kepada masyarakat supaya tetap waspada dengan gempa susulan Banten tersebut.

Gempa bumi Banten terjadi pada hari kemarin 14 Januari tepatnya di daerah sumur Banten dimana gempa ini dirasakan sampai Jakarta dan juga Jabodetabek Dan dari hasil catatan pihak BMKG terdapat gempa susulan di Banten sampai 32 kali.

Menurut hasil analisis badan meteorologi klimatologi dan geofisika atau BMKG, mereka Langsung memberikan informasi apabila gempa bumi Banten terjadi pada pukul 16.05 WIB pada hari Jumat 14 Januari dan selanjutnya pusat gempa berada di 52 km barat daya sumur Banten dengan koordinat 7,01 LS dan 105,26 BT dan kedalaman 40 km.

32 Kali Susulan Gempa Banten, BMKG Berikan Peringatan

Selanjutnya menurut kepala BMKG wilayah 2 Tangerang Selatan yaitu Hartanto ST MM dari hasil analisis gempa susulan BMKG memperlihatkan apabila gempa Banten pada hari ini atau aftershock terjadi dengan kekuatan 4,7 dan sementara itu episenter gempa bumi letaknya ada di koordinat 6.96 LS dan 105.26 BT.

Selanjutnya untuk Lokasi gempa susulan di Banten yaitu berada di lokasi laut pada jarak 48 km barat daya sumur Banten dengan kedalaman 21 km dan gempa masih terjadi sampai hari Sabtu ini dimana gempa ini termasuk jenis gempa bumi dan call akibat aktivitas subduksi lempeng indo-australia menunjam menelusup ke bawah lempeng Eurasia.

Selanjutnya hasil monitoring pihak BMKG pada gempa bumi Banten sampai hari Sabtu ini menunjukkan adanya 32 aktivitas gempa susulan atau biasa dikenal aftershock dengan magnitudo 5,7 dan magnitudo 2,5.

Selanjutnya untuk dampak gempa bumi Banten tergambar oleh peta tingkat guncangan BMKG yang telah resmi dihimpun dari laporan masyarakat di mana diketahui gempa bumi tersebut dirasakan bukan hanya di wilayah sumur akan tetapi di beberapa wilayah tersebut saja panggarangan selanjutnya Cibeber, malingping, muara binuangeun, cigemblong sampai di Labuan.

Getaran-getaran gempa Banten memang sangat dirasakan oleh masyarakat dan sampai ke Jakarta akan tetapi menurut Hartanto dirinya Hanya mengingatkan supaya masyarakat Tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu hoax yang tidak dipertanggungjawabkan akan tetapi pihak BMKG meminta kepada masyarakat apabila terjadi gempa untuk menghindari bangunan yang retak ataupun sudah rusak dan harus Memastikan kondisi bangunan sebelum beraktivitas di dalamnya.

  • Bagikan