Penyebab Terjadinya Tsunami Tonga Yang Dahsyat

  • Bagikan
Tsunami Tonga
Tsunami Tonga

HARIAN.ID – Penyebab Terjadinya Tsunami Tonga Yang Dahsyat Salah satu kabar dari luar negeri yang saat ini menjadi perbincangan heboh di media sosial yaitu gelombang tsunami menghantam salah satu pulau terbesar yang ada di Tonga bernama tongatapu. Tsunami Tonga menjadi salah satu tsunami yang sangat dahsyat sampai membanjiri ibukota nuku’alofa di Samudra Pasifik pada hari Sabtu 16 Januari 2022.

Tsunami Tonga terjadi di diakibatkan beberapa penyebab dimana akibat tsunami tersebut warga berbondong-bondong ke area tempat yang lebih tinggi di saat ombak menyapu daerah tersebut dengan sangat cepat dan selanjutnya Raja Tonga tupau IV langsung dievakuasi dari istana kerajaan karena ditakutkan gelombang tsunami menghantam area kerajaan tersebut.

Dikabarkan apabila tsunami ini datang usai letusan gunung berapi Hunga Tonga Hunga Ha’apai, yaitu yang mempunyai jarak 30 km Tenggara Pulau Fonuafo’ou Tonga atau sekitar 65 kilometer Utara Nuku’alofa. Dahsyatnya tsunami Tonga sampai terasa di beberapa negara dan Sampai berita ini diturunkan berita ini menjadi salah satu berita trending di berbagai dunia termasuk di Indonesia.

Penyebab Terjadinya Tsunami Tonga Yang Dahsyat

Diketahui sebelumnya apabila gunung berapi tersebut pertama kali meletus pada hari Jumat 14 Januari sampai meluncurkan segumpal Abu dengan jarak jauh 20 KM dan selanjutnya letusan kedua terjadi pada hari Sabtu 15 Januari dan akibat letusan gunung tersebut ternyata mengakibatkan gelombang tsunami langsung menerjang.

Melalui citra satelit memperlihatkan awan Abu besar dan gelombang kejut langsung menyebar dari letusan tersebut selanjutnya Abu jatuh dari langit di nuku’alofa pada hari Sabtu malam sampai mengakibatkan koneksi telepon terputus dan dari pengakuan badan meteorologi Tonga mereka menegaskan apabila akan muncul peringatan tsunami yang langsung diumumkan bagi masyarakat yang ada di Kepulauan tersebut.

BMKG Tonga langsung menggumumkan akan terjadi tsunami dengan spesifikasi gelombang 80 cm yang sudah terdeteksi sebelumnya.

Ternyata bukan hanya di Tonga saja akibat letusan gunung tersebut ternyata berdampak pada seluruh Pasifik dan selanjutnya peringatan tsunami pun dikeluarkan di berbagai wilayah di Selandia baru Selanjutnya negara Jepang dan Amerika Serikat.

Menurut pengakuan National Weather Service untuk peringatan tsunami mempunyai arti mereka yang berada didekat harus secepatnya masuk ke dataran atau mencari tempat yang lebih tinggi apalagi belakangan tsunami dilaporkan muncul di sepanjang pantai Jepang tepatnya pada hari ini minggu 16 Januari.

Untuk gelombang tsunami yang paling tertinggi yang teramati oleh BMKG yaitu 120 cm yang muncul di Pulau Amami Oshima di Protector kagoshima dan selanjutnya diikuti gelombang 110 cm di daerah Pelabuhan kuku yang ada di prefektur iwate.

Walaupun sampai sekarang ini belum ada laporan kerusakan atas tsunami di negeri matahari tersebut akan tetapi untuk peringatan tsunami terus berlaku untuk semua daerah pesisir dataran rendah samoa dengan penduduk dan pengunjung yang disarankan supaya bisa menjauhi daerah pantai supaya lebih aman.

Selanjutnya di Selandia Baru badan manajemen darurat mengeluarkan peringatan terkait aktivitas tsunami untuk pantai utara dan pantai timur negara tersebut misalnya saja di Hawai melaporkan gelombang tsunami dengan ketinggian 0,5 m di daerah Nawiliwili, Kauai dan selanjutnya 80 cm di hanalei.

Selanjutnya amerika Serikat melaporkan gelombang sekitar 79 cm diamati muncul di daerah monterey California dan selanjutnya muncul di pantai tersebut sehingga National weather service melaporkan gelombang tsunami dengan ketinggian 1,2 m dan banjir di tempat parkir pantai di Port San Luis. Banyak dari masyarakat di pelabuhan Santa Cruz yang ada di California malah berkerumun untuk menyaksikan naik dan turunnya kapal renggangan air di dermaga.

  • Bagikan