Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru

  • Bagikan
Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru
Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru

HARIAN.ID – Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru Belum lama ini, menteri perencanaan pembangunan nasional atau kepala Bappenas yaitu Suharso Monoarfa memberikan penjelasan dan informasi kepada awak media, apabila ibukota baru yang ada di Kalimantan Timur nantinya akan diberi nama Nusantara.

Nusantara adalah nama ibukota baru dan terletak di Kalimantan Timur dan selanjutnya Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bappenas di mana menurut soeharso ketika dirinya melakukan rapat panitia khusus rancangan undang-undang ibukota negara bersama pemerintah di Kompleks parlemen yang ada di Jakarta pada hari Senin 17 Januari maka keluarlah nama ibukota baru yaitu bernama Nusantara.

Menurut kepala Bappenas Suharso Monoarfa dirinya memperoleh informasi dan selanjutnya konfirmasi dari perintah langsung presiden Jokowi tepatnya pada hari Jumat dan selanjutnya pada hari Senin beliau mengatakan jika ibukota negara ini adalah Nusantara.

Selanjutnya menurut soeharso nama ibukota terbaru tersebut pada mulanya ingin dimasukkan ke dalam RUU IKN akan tetapi masih ditahan sebelum akhirnya diberikan konfirmasi oleh Presiden Jokowi dan selanjutnya nama Nusantara dipilih dikarenakan kata ini telah dikenal sejak lama dan sangat ikonik di dunia internasional.

“Saya baru memperoleh konfirmasi dan perintah langsung dari bapak Presiden Jokowi tepatnya pada hari Jumat kemarin. Untuk sekarang ini tepatnya hari Senin gimana Beliau mengatakan ibukota negara ini Nusantara. 1 alasan bernama Nusantara dikarenakan sudah dikenal sejak dulu dan sangat ikon di internasional selanjutnya mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua yaitu Republik Indonesia”, tegas soeharso.

Sebelumnya untuk draft rancangan undang-undang IKN memang belum mencantumkan tentang nama ibukota baru sehingga hanya disebut sebagai IKN.. Di dalam draf RUU tersebut.

Malahan diketahui untuk regulasi ibukota baru nantinya ditargetkan selesai pada bulan ini dan selanjutnya pemerintah mulai memetakan sejumlah kementerian dan lembaga yang akan pertama kali berkantor di wilayah yang masuk di Kabupaten Penajam Paser Utara yang ada di Kalimantan Timur tersebut.

Presiden Jokowi mengatakan untuk pembangunan IKN bukan hanya sekedar memindahkan perkantoran saja akan tetapi nantinya ibukota negara baru dibangun sebagai Kota Baru yang kompetitif di tingkat global dan akan menjadi ibukota baru dengan smart city.

Presiden Jokowi menegaskan tujuan utama yaitu membangun kota baru yang Smart City dan selanjutnya, bisa menjadi kota baru yang kompetitif di tingkat Global bisa membangun sebuah lokomotif baru untuk transformasi Indonesia menjadi sebuah Indonesia yang berbasis inovasi teknologi Green ekonomi dikarenakan di Kota Baru inilah akan dimulai.

Selanjutnya ibukota baru menurut Presiden Jokowi nantinya akan menyediakan pelayanan keamanan dan kesehatan dan pendidikan berkelas dunia sehingga dipastikan akan menjadi contoh bagi wilayah lain di Indonesia dan dipastikan Nusantara dibangun menjadi sebuah new smart Metropolis yang nantinya bisa menjadi magnet menjadi Global Talent magnet dan menjadi pusat inovasi.

  • Bagikan