Harga Minyak Goreng Hari Ini Resmi Dijual Rp14.000 Perliter

  • Bagikan
Harga Minyak Goreng Hari Ini
Harga Minyak Goreng Hari Ini

HARIAN.ID – Harga Minyak Goreng Hari Ini Resmi Dijual Rp14.000 Perliter Muhammad Lutfi selaku menteri perdagangan memberikan penegasan kepada masyarakat Indonesia Apabila pemerintah akan terus melakukan komitmen dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia dengan harga terjangkau salah satunya yang sekarang ini diberlakukan yaitu untuk harga minyak goreng di mana pemerintah memberlakukan anne-marie dijual 1 harga yaitu Rp14.000 per liter.

Harga minyak goreng Hari ini dipastikan di semua wilayah di Indonesia mempunyai harga yang sama yaitu itu dijual dengan harga Rp14.000 per liter gimana harga tersebut mempunyai tujuan supaya bisa memberikan kebutuhan pangan masyarakat dengan harga terjangkau dan juga mengatasi tingginya harga minyak goreng yang saat ini tengah melambung.

Menurut Muhammad Lutfi selaku menteri perdagangan salah satu cara mengatasi tingginya harga minyak goreng maka pemerintah menetapkan kebijakan 1 harga untuk minyak goreng yaitu 1 liter dijual dengan harga Rp14.000 dan resmi diberlakukan mulai hari Rabu kemarin 19 Januari 2022 sekitar jam 00.01 WIB.

Harga Minyak Goreng Hari Ini Resmi Dijual Rp14.000 Perliter

Dari penjelasan Muhammad Lutfi ketimbang menekan produsen minyak goreng untuk menurunkan harga sesuai dengan harga eceran tertinggi maka pemerintah mempunyai solusi untuk memilih memutuskan dalam menggelontorkan subsidi supaya harga minyak goreng dijual dengan harga yang sama yaitu 14 ribuan rupiah per liter.

Malahan menurut menteri perdagangan dengan kebijakan tersebut pemerintah Memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat dan dengan adanya harga minyak goreng 1 harga diharapkan masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng dengan harga terjangkau dan di sisi lain produsen tidak dirugikan dikarenakan selisih harga akan diganti oleh pemerintah.

Selanjutnya dengan adanya kebijakan minyak goreng 1 harga maka hal ini menjadi cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk menjamin ketersediaan minyak goreng dengan harga terjangkau dan selanjutnya dengan adanya kebijakan pemerintah tersebut, maka seluruh minyak goreng baik kemasan premium dan kemasan sederhana akan dijual dengan harga yang sama.

Selanjutnya dengan awal pelaksanaan penyediaan minyak goreng dengan 1 harga tersebut maka akan dilakukan melalui ritel modern yang resmi menjadi anggota asosiasi pengusaha ritel Indonesia atau aprindo dan selanjutnya akan dilakukan juga oleh pasar tradisional dan bagi mereka pemerintah memberikan kesempatan satu minggu untuk melakukan sosialisasi.

Menteri perdagangan berharap kepada masyarakat supaya tidak panik untuk memborong minyak goreng dikarenakan harga tidak begitu mahal apalagi stok minyak goreng dipastikan tidak akan habis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Di tempat lain badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit sudah menyiapkan dana sebanyak Rp 7,6 triliun yang nantinya akan dipakai untuk membiayai penyediaan minyak goreng kemasan untuk masyarakat Indonesia dengan besar 250 juta liter per bulan.

Selanjutnya kebijakan menteri Dalam Negeri sudah disosialisasikan kepada semua produsen minyak goreng dan juga ritel modern dimana prinsipnya produsen dan ritel modern siap mendukung kebijakan pemerintah untuk memberikan kestabilan harga minyak goreng dan dikabarkan sampai sekarang ini terdapat 34 produsen minyak goreng sudah menyampaikan komitmen mereka untuk berpartisipasi dalam penyediaan minyak goreng kemasan dengan 1 harga bagi seluruh masyarakat Indonesia.

  • Bagikan