Arteria Dahlan Disentil Senior PDI Perjuangan Akibat Kasus Sunda

  • Bagikan
Arteria Dahlan
Arteria Dahlan

HARIAN.ID – Arteria Dahlan Disentil Senior PDI Perjuangan Akibat Kasus Sunda Seperti diketahui apabila Arteria Dahlan walaupun dirinya sudah meminta maaf terkait kasus yang dianggap melecehkan masyarakat Sunda akan tetapi polymix tersebut ternyata sampai saat ini masih tetap berlangsung dan hal ini ternyata mendapatkan kritikan bukan hanya dari luar partai akan tetapi dari para petinggi politikus PDIP Perjuangan yang juga ikut menyentil arteria Dahlan.

Hasto kristiyanto selaku sekretaris jenderal PDIP Perjuangan belum lama ini melakukan sentilan dan peringatan kepada sosok kader PDIP Perjuangan yaitu arteria Dahlan dan juga kepada seluruh pengurus dan kader partai, supaya tidak sembarangan dalam melakukan komunikasi di ruang publik dan kasus yang dialami oleh arteria harus menjadi pembelajaran bagi semuanya.

Menurut Sekjen PDIP hasto kristiyanto polemik yang terjadi pada arteria disaat dirinya sebagai anggota DPR dan juga kader PDIP yang mempersoalkan adanya Kepala Kejaksaan tinggi atau Kejati yang berbahasa Sunda di dalam rapat untuk di tempat di mana menurutnya sangat tidak elok.

Arteria Dahlan Disentil Senior PDI Perjuangan Akibat Kasus Sunda

Menurut hasto dirinya sangat mengharapkan kepada seluruh kader PDIP Perjuangan supaya kasus yang dialami oleh arteria Dahlan bisa menjadi pembelajaran bagi anggota yang lain maupun kader partai PDIP untuk santun dalam berpolitik dan juga berhati-hati di saat berbicara.

“Untuk kader dan anggota PDIP Perjuangan kasus ini menjadi pembelajaran bagi semuanya agar dalam politik haruslah berhati-hati dalam berbicara”, tegas hasto

Selanjutnya menurut hasto partai mempunyai tugas untuk membangun rasa disiplin seluruh anggota termasuk disiplin dalam berbicara dan menurutnya sikap arteria sudah sangat jelas tidak menunjukkan kedisiplinan dalam berbicara sehingga ia pun mengikatkan kepada seluruh kader PDIP Perjuangan supaya tidak melakukan kekeliruan yang sama yang dilakukan oleh arteria.

“Kami malah selalu mendorong dan memberikan semangat untuk membangun kerukunan sebagai warga bangsa supaya terus memperbaiki dari berbagai kekurangan yang ada”, kata hasto

Hasto mengaku apabila DPP sudah menerima permintaan maaf dari arteria Dahlan dan ia pun melihat adanya kesungguhan dalam permohonan maaf tersebut dan disertai penyesalan di mana diketahui sebelumnya jika arteria langsung dipanggil oleh DPP dan mereka melihat yang bersangkutan sudah sangat menyesali dikarenakan berdampak sangat dahsyat.

Seperti diketahui sebelumnya apabila arteria Dahlan kader PDIP Perjuangan yang juga anggota DPR RI Komisi 3 ketika melakukan rapat dengan Jaksa Agung pada hari Senin 17 Januari 2022 dirinya meminta kepada jaksa agung sanitary Burhanudin supaya bisa memecat seorang kajati yang bicara memakai bahasa Sunda ketika rapat.

Politikus berkacamata ini mengatakan apabila dirinya menilai untuk seorang kajati perlu memakai bahasa Indonesia ketika rapat supaya tidak menimbulkan salah persepsi orang yang mendengarkannya, apalagi ini adalah Indonesia.

“Kita ini Indonesia loh pak, nanti orang takut kalau menggunakan bahasa Sunda ini orang takut ngomong apa sebagainya. Kami mohon yang seperti ini dilakukan tindakan tegas,” kata arteria

Akibat pernyataan tersebut ternyata arteria Dahlan mendapatkan banyak sekali kritikan terutama dari warga yang ada di Jawa Barat yang menjadi suku Sunda satunya respon negatif dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meminta supaya politikus dari partai PDIP tersebut meminta maaf atas ucapannya.

Menurut Kang Emil ucapan arteria Dahlan di pastikan menyakiti perasaan masyarakat Sunda yang ada di nusantara sehingga kalau tidak dilakukan permintaan maaf bisa terjadi sesuatu dan ketika arteria meminta maaf maka menjadi karakteristik orang Sunda yang pemaaf akan memaafkannya.

  • Bagikan