Dunia Metaverse Yang Wajib Anda Kenal dan Bagaimana Cara Kerjanya

  • Bagikan
Metaverse World
Metaverse World

Kata Metaverse belakangan ini marak terdengar dimana-mana. Tetapi, apakah anda sudah tahu apa sih Metaverse itu?

Dunia Metaverse adalah kata untuk dunia digital yang bisa kita masuki secara virtual. Pengertian ini sangat gamblang. Metaverse sendiri terdiri dari kata “meta” dan “verse” yang berarti “melampaui semesta”. Yang berarti juga, ada dunia atau alam yang secara fisik hanya ilusi namun nyata dan bisa kita akses.

Istilah Metaverse diperkenalkan pertama kali oleh Neal Stephenson dalam novelnya yang berjudul Snow Crash (1992) dan merujuknya pada Dunia Virtual 3D yang dihuni oleh Avatar dari orang-orang di dunia nyata. Berangkat dari ide itu, Mark Zuckerberg menyuarakan bahwa kelak anda akan dapat melakukan berbagai macam aktivitas secara online melalui beberapa perangkat yang hingga kini masih terus ditingkatkan penggunaannya. Perangkat tersebut diantaranya adalah Kacamata Augmented Reality, Headset Realitas Virtual, Smartphone, dll.

metaverse Saibon Publish Mountain Race 6348013
metaverse Saibon Publish Mountain Race 6348013

Dalam Ruang Virtual itu, anda dapat terhubung dengan orang lain dan melakukan aktivitas yang sama. Aktivitas yang dapat dilakukan di Metaverse pun beraneka ragam, mulai dari yang hanya sekedar hiburan hingga urusan bisnis; seperti menonton konser virtual, melakukan perjalanan virtual, membuat hingga menjual karya seni digital, bahkan mencoba pakaian digital secara virtual untuk kemudian dipilih dan dibeli.

Konsep yang brillian ini tentu perlu untuk segera direalisasikan, mengingat masa depan dipenuhi dengan orang-orang yang super sibuk, dimana waktu tidak akan cukup lagi untuk melakukan hal-hal inti dalam satu waktu. Perubahan zaman ikut berkontribusi pada tren online, dimana semua bisa dilakukan dengan efisien. Bisa terhubung dalam dunia digital dan melakukan banyak hal bersama orang-orang yang kita inginkan pasti akan terasa sangat menyenangkan, karena dapat menghemat banyak waktu, tenaga, bahkan uang. Karena beraktivitas virtual berarti kita dapat melakukan hal-hal yang kita inginkan tanpa harus berencana, menunggu dan berkendara. Semua itu bisa dilakukan hanya dari rumah! Dari tempat yang anda rasa nyaman dan aman.

 

Ada banyak perusahaan yang sedang mengembangkan Metaverse. Perusahaan besar seperti Nvidia dan platform game Roblox saat ini telah mengumpulkan investor dan mengurai visi dan misinya mengenai Metaverse. Zuckerberg sendiri telah memperlihatkan keseriusannya pada Metaverse dengan mengubah nama Corporate Facebook menjadi Meta. Ia juga sebelumnya telah meluncurkan Crypto Wallet bernama Metamask sebagai media pembayaran digital.

 

 

Berikut adalah beberapa bagian yang tak terpisahkan dari Metaverse, yaitu;

  1. Crypto Wallet

Crypto Wallet adalah dompet uang digital yang bisa dihubungkan dengan Metaverse dan NFT Marketplace sebagai media pembayaran digital. Wallet ini berbentuk Program Software yang digunakan untuk mengirim dan menerima token mata uang kripto.

  1. NFT

NFT adalah karya seni dalam dunia digital, yang bisa dikoleksi maupun disimpan sebagai aset digital. Dikatakan aset digital karena NFT mempunyai nilai. NFT sendiri adalah Non Fungible Token, yang artinya nilai NFT dapat berubah. Seperti barang koleksi yang nilainya berubah berdasarkan nilai sejarah, nilai waktu, bahkan nilai gengsinya. NFT adalah token yang unik, yang tidak identik sehingga tidak dapat digandakan dan aman. Pembelian NFT di Marketplace seperti Mintable dan Opensea menyertakan bukti kepemilikan atau sertfikasi. NFT bisa berupa foto, gambar, video, lagu, dan berbagai produk digital lainnya.

  1. Kacamata Augmented Reality

Perangkat Kacamata Augmented Reality (AR) adalah media perangkat yang menghubungkan manusia dengan karakter dalam dunia Metaverse. Dengan begitu, AR membantu pertumbuhan banyaknya pemakai Metaverse, yang berarti bisnis juga akan berkembang lebih cepat.

Facebook dalam hal ini lagi-lagi telah menunjukkan kemampuannya membuat produk teknologi yang berkaitan erat dengan pemakaian Metaverse. Setali tiga uang dengan Facebook ada juga Apple, Microsoft, dan Google.

 

Melihat dari betapa banyak raksasa teknologi dunia telah ikut andil dalam mengembangkan produk Metaverse, bisa kita simpulkan bahwa hal ini adalah sesuatu yang tidak bisa diabaikan. Metaverse dirancang dan dipersiapkan untuk kita semua dengan tujuan efisiensi waktu dan hiburan yang tidak hanya bisa kita rasakan secara 2D. Kita harus mengikuti perkembangan zaman, salah satunya yaitu dengan turut menggunakan Metaverse. Salah satu Metaverse yang saat ini sudah bisa diakses untuk berpartisipasi adalah Next Earth.

  • Bagikan